Sukses

BUMN Apresiasi Kolaborasi Gojek-KCI Wujudkan Integrasi Antar Moda

KCI sebagai anak usaha PT KAI yang merupakan perusahaan BUMN, mempunyai peranan untuk memberikan layanan untuk akomodasi mobilisasi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengapresiasi kolaborasi Gojek dengan PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI). Keduanya bekerja sama menghadirkan fitur GoTransit di aplikasi Gojek.

Asisten Deputi Bidang Jasa Logistik Kementerian BUMN, Desty Arlaini menyampaikan, BUMN merupakan agen kepanjangan tangan pemerintah. Dia menuturkan, BUMN mengemban dua peran dan kontribusi strategis. Pertama, yakni kontribusi dari sisi finansial. BUMN diharapkan memberikan kontribusi baik berupa pajak, dividen, maupun penerimaan negara bukan pajak lainnya.

"Kedua, yakni BUMN sebagai agen pembangunan negara. Di sinilah peran BUMN untuk meningkatkan pertumbuhan membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam hal pembangunan infrastruktur, memberikan layanan inklusi keuangan maupun yang lainnya. Termasuk juga UMKM dan sekarang juga yang dilakukan oleh KCI gan Gojek," ujarnya dalam konferensi pers, Rabu (22/6/2022).

Dalam hal ini, Desty mengatakan KCI sebagai anak usaha PT KAI yang merupakan perusahaan BUMN, mempunyai peranan untuk memberikan layanan untuk akomodasi mobilisasi masyarakat dari suatu wilayah ke wilayah lain, terutama Jabodetabek. Desty mengatakan, kolaborasi ini sekaligus mencerminkan core value BUMN, AKHLAK. Di mana huruf K terakhir adalah ‘kolaborasi’.

Sebagai agen pembangunan, Desty mengatakan tujuan akan lebih mudah dicapai jika dilakukan secara bersama-sama melalui kolaborasi. Baik antara BUMN dengan pemerintah, antara BUMN dengan BUMN maupun antara BUMN dengan swasta.

"Dan hari ini kami sangat mengapresiasi apa dilakukan oleh KCI dan Gojek. Di mana KCI dan Gojek merupakan dua layanan yang sangat dengan masyarakat, lalu mereka berkolaborasi. Ini pasti akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat,” imbuhnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kini Beli Tiket KRL Commuter Line Bisa Melalui Gojek

Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melalui Gojek bersama PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) bersinergi menghadirkan kemudahan bagi masyarakat untuk membeli tiket KRL Commuter Line di aplikasi Gojek lewat fitur GoTransit.

Inovasi ini kian memudahkan masyarakat yang melakukan perjalanan multimoda, sekaligus mendukung visi pemerintah untuk menggalakkan penggunaan transportasi publik.

GoTransit sendiri merupakan fitur di aplikasi Gojek yang memudahkan pengguna untuk merencanakan perjalanan dari titik keberangkatan awal hingga tujuan akhir secara lebih efisien dalam satu platform.

Fitur ini dirancang sebagai layanan penghubung awal dan akhir perjalanan (First Mile-Last Mile) guna melengkapi moda transportasi publik.

Direktur GoTo, sekaligus Head of Indonesia Sales & Ops Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo mengungkapkan, satu dari dua pengguna Gojek pernah menggunakan GoRide dan GoCar sebagai layanan penghubung untuk mereka menggunakan moda transportasi publik. Sehingga peluncuran resmi inovasi terintegrasi hari ini memungkinkan pengguna membeli tiket KRL Commuter Line langsung di aplikasi Gojek.

"Kemudahan ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan dan loyalitas pengguna, bahkan menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik khususnya KRL Commuter Line. Kami percaya tujuan tersebut dapat terwujud mengingat sejak inovasi ini diperkenalkan pada akhir Mei 2022 lalu, fitur GoTransit sudah diakses 20 kali lipat lebih banyak," kata Catherine dalam konferensi pers di Stasiun Juanda, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Catherine menambahkan, ke depannya Gojek dan PT KCI sebagai operator KRL Commuter Line juga akan menghadirkan inovasi lain untuk semakin memudahkan pengguna. Lewat kampanye #JalanTerus, Gojek berkomitmen untuk semakin mempermudah mobilitas masyarakat dalam menggunakan moda transportasi publik.

 

 

3 dari 5 halaman

Perluas Jangkauan

Perusahaan tengah menyiapkan inovasi teknologi agar masyarakat dapat membeli tiket secara bundling sehingga semakin praktis dan hemat.

"Dalam satu transaksi di dalamnya sudah termasuk tiket first mile-last mile yang menggunakan layanan Gojek, serta tiket perjalanan middle mile menggunakan layanan transportasi publik termasuk salah satunya KRL Commuter Line," imbuh Catherine.

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI), Roppiq Lutzfi Azhar mengungkapkan, kolaborasi antara PT KCI dan GoTo melalui Gojek akan memberi manfaat bagi pengguna harian Kereta Commuter Line yang jumlahnya mencapai 1,2 juta orang per hari.

"Kami percaya kolaborasi dengan Gojek yang juga memiliki skala pengguna yang besar, akan semakin memperluas jangkauan kami untuk mengajak masyarakat menggunakan transportasi publik," ujar Roppiq.

Dia menuturkan, tiket KRL Commuter Line yang kini dapat dibeli di aplikasi Gojek akan memiliki pengalaman naik KRL Commuter Line yang lebih lancar, cepat, dan minim kontak.

Sebelumnya, kehadiran Gojek juga telah memudahkan akses bagi pengguna Commuter Line untuk menuju ke stasiun ataupun melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir. "Adanya kolaborasi ini diharapkan mendukung capaian target PT KCI untuk bisa mengangkut 2 juta orang per hari di masa yang akan datang," tandasnya.

4 dari 5 halaman

Sederet Manfaat GoTransit

Sebelumnya, Gojek, aplikasi on demand yang tergabung dalam ekosistem PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan sinergi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) hadirkan fitur GoTransit. Fitur tersbeut memungkinkan pengguna Gojek untuk membeli tiket KRL Commuter Line via aplikasi.

"Kemudahan ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan dan loyalitas pengguna, bahkan menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik khususnya KRL Commuter Line,” ungkap Direktur GoTo sekaligus Head of Indonesia Sales & Ops Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo dalam konferensi pers di Stasiun Juanda, Jakarta, Selasa, 21 Juni 2022.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT KCI, Roppiq Lutzfi Azhar menyebut inovasi ini menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik di Indonesia.

Lantaran, GoTransit sendiri dirancang untuk memudahkan pengguna untuk merencanakan perjalanan dari titik keberangkatan awal hingga tujuan akhir secara lebih efisien dalam satu platform, yang dirancang sebagai layanan penghubung awal dan akhir perjalanan (First Mile-Last Mile) guna melengkapi moda transportasi publik.

“Inovasi ini menjadi solusi ekosistem transportasi urban terbaik di Indonesia. Kita menemukan satu kreativitas dengan Gojek salah satunya,” kata Roppiq.

5 dari 5 halaman

Sederet Manfaat Fitur GoTransit

Secara garis besar, fitur GoTransit menawarkan tiga pilar manfaat. Pertama, kenyamanan dan kemudahan dalam membeli tiket KRL Commuter Line. Di mana masyarakat kini dapat membeli tiket KRL Commuter Line dengan lebih mudah dan praktis.

Masyarakat dapat membeli tiket secara nontunai dengan memanfaatkan GoPay atau LinkAja tanpa perlu nominal deposit. Pengguna akan mendapatkan kode QR pada laman fitur GoTransit di aplikasi Gojek, untuk dapat melakukan tap-in pada waktu keluar dan masuk dari semua gerbang yang ada di stasiun Commuter Line.

"Ini adalah bentuk kemudahan bagi para pengguna jasa KRL, di mana sistem pembayaran yang terbaru ini salah satu pilihan dari yang sudah ada di ekosistem-nya KCI,” kata Roppiq.

Inovasi ini pun memungkinkan pengguna dapat membeli hingga 10 tiket KRL sekaligus sehingga bermanfaat ketika bepergian bersama rombongan. Pengguna juga dapat mengubah rute tujuan dengan mudah dan semua transaksi yang dilakukan dalam GoTransit tercatat lengkap pada bagian riwayat pemesanan.

Kedua, fitur ini menawarkan integrasi multi moda. Di mana pengguna dapat memesan layanan transportasi dari Gojek, baik GoRide, GoCar, maupun GoBluebird, menuju dan dari pemberhentian transportasi umum seperti stasiun KRL Commuter Line. Terakhir, yakni perjalanan yang lebih efisien.

GoTransit memungkinkan pengguna untuk memilih rute perjalanan terbaik sehingga dapat melakukan perencanaan perjalanan secara lebih efisien, membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan, memperkirakan estimasi waktu perjalanan, hingga memantau jadwal operasional transportasi publik.

"Kelebihannya tadi bagaimana pengguna jasa ini bisa jadwalkan waktu dari dari rumah sampai ke tempat tujuan dengan satu waktu yang sudah diatur dan satu pembayaran yang lebih mudah bagi para pengguna,” ujar Roppiq.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.
    PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.

    GoJek

  • kci