Cara Cek Pengumuman SBMPTN 2022 yang Keluar Besok 23 Juni 2022

Oleh Liputan6.com pada 22 Jun 2022, 14:55 WIB
Diperbarui 22 Jun 2022, 14:55 WIB
UTBK SBMPTN 2022 Dimulai
Perbesar
Peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 gelombang pertama di Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Jakarta. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau UTBK-SBMPTN akan diinformasikan esok hari tepatnya 23 Juni 2022. Lantas, bagaiamana cara cek pengumuman SBMPTN 2022?

Sebelumnya, UTBK-SBMPTN 2022 gelombang 2 sudah selesai dilaksanakan sejak 3 Juni 2022. Setelah menunggu dalam beberapa hari, peserta akan segera mengetahui hasil ujian SBMPTN karena esok hari tepatnya 23 Juni 2022 akan diumumkan.

“Halo, Calon Mahasiswa Indonesia! BESOK! Seluruh peserta SBMPTN akan menerima hasil dari perjuangannya beberapa waktu kebelakang. Segenap tim LTMPT memberikan apresiasi kepada seluruh peserta UTBK yang telah berjuang melaksanakan tes dengan jujur,” demikian informasi dikutip dari akun Instagram @ltmptofficial, Rabu (22/6/2022).

Peserta bisa cek pengumuman SBMPTN pada 23 Juni 2022 mulai pukul 15.00 WIB. Selain bisa cek di portal utama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT, peserta juga bisa melihat pengumuman melalui Laman Pengumuman Mirror.

Lantas, bagaimana cara cek pengumuman SBMPNT 2022?. Untuk mengetahuinya, berikut ini cara cek hasil UTBK-SBMPTN 2022.

1. Akses laman resmi LTMPT melalui link https://pengumuman-sbmptn-ltmpt.ac.id atau pengumuman mirror universitas masing-masing

2. Kemudian masukkan nomor peserta

3. Dilanjutkan masukkan tanggal lahir peserta

4. Lalu klik Lihat Hasil

5. Kemudian akan muncul keterangan lulus atau tidaknya peserta seperti yang tertera pada layar

Sementara itu, jika peserta lulus UTBK 2022, silakan mengunduh dan cetak sertifikat UTBK. Sebagai informasi, masa unduh sertifikat tersebut berlangsung sejak 25 Juni sampai 31 Juli 2022.

 

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Unduh Sertifikat UTBK-SBMPTN

UTBK SBMPTN 2022 Dimulai
Perbesar
Petugas mengawasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 gelombang pertama di Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Jakarta, Selasa (17/5/2022). UTBK SBMPTN 2022 digelar mulai hari ini hingga 23 Mei 2022. (merdeka.com/Arie Basuki)

Setelah berhasil dinyatakan lulus, peserta selanjutnya perlu mengunduh sertifikat UTBK-SBMPTN 2022. Adapun proses ini dijadwalkan berlangsung sejak 25 Juni sampai 31 Juli 2022.

Lantas, bagaimana cara unduh sertifikat UTBK-SBMPTN 2022?

1. Akses laman resmi LTMPT melalui link https://portal.ltmpt.ac.id/

2. Login menggunakan email serta password yang terdaftar

3. Ketik nomor pendaftaran dan tanggal lahir

4. Lalu klik Lihat Hasil

5. Setelah berhasil masuk, akan tersedia pilihan untuk mencetak sertifikat UTBK

6. Klik Unduh untuk mengunduh sertifikat UTBK

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 


PLN Jamin Tak Mati Lampu Saat Tes

Peserta (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 di Pusat UTBK Universitas Jember
Perbesar
Peserta (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 di Pusat UTBK Universitas Jember

PT PLN (Persero) memastikan tidak ada pemadaman listrik saat pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2022 yang berlangsung pada 23 Mei, 28 Mei—3 Juni.

Untuk di wilayah Bali, PLN telah menerapkan standar prosedur operasional (SOP) dan mengerahkan personel untuk mencegah serta mengantisipasi jika pemadaman terjadi.

“Kami telah menyusun SOP untuk mendukung kegiatan ini, dan menerjunkan 101 personel siaga serta prasarana pendukung antara lain 5 unit UPS (perangkat energi cadangan, Red.), 2 unit genset, dan 8 unit gardu bergerak,” kata Senior Manager Distribusi PLN UID Bali I Made Suamba dikutip dari Antara, Senin, (23/5/2022)

Suamba menjelaskan telah melakukan pengecekan di sejumlah sektor pasokan listrik, antara lain, sistem operasi, pembangkit, transmisi, distribusi, dan pengamanan di lokasi tempat ujian.

Ia menambahkan PLN juga mengecek kondisi peralatan dan mempersiapkan pasokan energi cadangan di tiap lokasi ujian.

“Sejak 9 Mei, PLN menggiatkan serangkaian persiapan yakni dengan perencanaan dan mitigasi risiko pasokan listrik untuk menunjang kegiatan ini,” kata Suamba.

Ia menyebut pasokan listrik dari pembangkit di Bali masih dalam kondisi yang aman sebesar 1.322 Megawatt (MW), dan beban puncaknya mencapai 819,4 MW.

Dengan demikian, ada cadangan daya 502,7 MW atau sekitar 38 persen.

Tidak hanya itu, PLN juga tidak melaksanakan pemeliharaan terencana pada jaringan-jaringan yang memasok listrik ke tempat ujian.

“Pelaksanaan pemeliharaan terencana harian dikerjakan melalui Tim Pekerjaan dalam Keadaan Bertegangan sehingga pemeliharaan dapat dilakukan secara on line, yaitu dengan metode sentuh langsung atau berjarak,” kata Suamba.

Ia pun mengimbau kepada pelanggan PLN yang mengalami kendala listrik atau membutuhkan layanan selama UTBK SBMPTN 2022 berlangsung agar langsung menghubungi perusahaan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh lewat gawai.

 

 

 

Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya