Sukses

Dari Hobi Nonton Youtube, Pria 32 Tahun Bangun Perusahaan Mainan Bernilai Jutaan Dolar

Jackson Aw menjadi kolektor mainan sejak berusia 17 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Merintis bisnis tentu tidak mudah. Terutama bagi seorang pria berusia 32 tahun ini yang bernama Jackson Aw. Namun berkat satu hal, dia berhasil menjadikan usahanya menjadi bisnis mainan internasional yang kini bernilai jutaan dolar.

“Saya bukan pemeran terbaik. Saya buruk sekali,” kata Jackson Aw seperti melansir CNBC, Kamis (23/6/2022).

Pendiri sekaligus CEO di perusahaan mainan yang berlokasi di Singapura Mighty Jaxx itu mengungapkan bahwa mengakui kekurangannya sendiri telah membantunya mengubah perusahaan rintisannya itu menjadi bisnis mainan internasional bernilai jutaan dolar.

“Ini adalah kesadaran bahwa saya harus memilih orang yang jauh lebih pintar dari saya. Saya berkolaborasi dengan mereka dan saya bekerja dengan mereka,” tuturnya.

Dia mengatakan, “jika seniman ini mendedikasikan karier mereka untuk membangun kerajinan itu, maka mereka lebih baik dari saya.”

Awal Mula Merintis

Mighty Jaxx yang berdiri pada 2012 telah bermitra dengan beberapa merek global dan seniman visual terbesar. Hingga akhirnya mampu memproduksi koleksi trendi yang menggabungkan budaya dan desain pop.

Sejak itu, ia telah menjual “jutaan” koleksi mainan kepada orang-orang di lebih dari 80 negara. Semua itu bermula ketika dia mulai menonton banyak video cara pembuatan sesuatu di YouTube yang menurutnya menarik.

“Video-video yang memberi tahu Anda bagaimana nugget ayam dibuat, seperti bagaimana hot dog dibuat … proses yang masuk ke dalamnya. Sembari menonton (mereka), saya melihat-lihat rak koleksi yang saya miliki,” katanya.

Lalu dia berpikir, “Bisakah saya membuat sesuatu secara fisik dengan tangan saya sendiri dan membuatnya?”

Kemudian dia pun menjadi kolektor mainan sejak berusia 17 tahun. Bahkan sampai memutuskan untuk memesan penerbangan ke Shenzhen, Cina demi mengunjungi pabrik untuk mempelajari proses produksi mainan.

Keingintahuannya itu dengan cepat berubah menjadi hal yang menakjubkan baginya. Saat ia belajar tentang teknik, seperti memahat tangan dan mencetak.

“Saya pikir hanya akan ada beberapa mesin yang akan mengeluarkan (mainan). Dan itu sejujurnya sangat naif,” katanya.

“Saya kaget ketika melihat ratusan orang yang hanya membuat dan melukis di satu item itu, tentang apa persepsi kami akan produk pasar massal,” sambungnya.

Terinspirasi oleh apa yang dilihatnya di China, Jackson kemudian kembali ke rumah setelah satu bulan membuat mainan desainernya sendiri dengan seniman grafiti Singapura, Clogtwo.

Bersama-sama antara keduanya lalu menciptakan koleksi pertama Mighty Jaxx, “Hell Lotus”. Dengan bantuan pinjaman senilai USD 20.000, ia mampu menghasilkan 200 buah mainan yang diluncurkan di Konvensi Komik Singapura pada tahun 2012.

Lalu Aw menjual inventaris dalam enam bulan dan tidak ada jalan untuk kembali. “Seolah-olah kami tidak pernah merasakan ketakutan itu lagi. Jadi kami mengambil uang itu, dan kami menggulungnya,” ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Jeda Panjang

Selama bertahun-tahun, Mighty Jaxx terus bermitra dengan seniman visual dari seluruh dunia untuk menciptakan koleksi edisi terbatas yang unik sambil tetap menjaga “arus kas positif”, kata Aw.

“Kami tidak pernah mengambil uang eksternal sampai lama kemudian,” tambahnya.

Gelombang benar-benar berbalik untuk perusahaan pada tahun 2015, ketika Aw mencetak kemitraan lisensi pertamanya dengan DC Comics Warner Brothers.

Dia ingat telah mengirim email kepada Julian Montoya — yang merupakan wakil presiden mainan global Warner Brothers pada saat itu — dengan keinginan, berharap untuk “mendesain ulang” kekayaan intelektual kreatif Warner Brothers seperti karakter DC Comics.

“Sekretarisnya menjawab, kami punya waktu 30 menit di Jumat ini, Anda bisa datang dan mengobrol dengan kami.”

Kemudian ia terbang ke Burbank, California, di mana dia menunjukkan kepada Montoya desain potensial dan prototipe 3D mainan DC. “Pada akhirnya dia hanya berkata, ’Baiklah. Kami akan melepaskan diri’,” kata Aw.

“Saya keluar dari kamar, saya berpikir, ‘Nah, itu tidak mungkin nyata’. Keesokan harinya, mereka mengirim kontrak dan itu untuk kesepakatan global,” sambungnya.

Kesepakatan itu, yang Aw katakan adalah “lompatan besar keyakinan” di pihak Montoya, empat kali lipat garis teratas untuk Mighty Jaxx.

Menurut Aw, perusahaannya bisa menghasilkan USD 1,7 juta pada tahun 2015, empat kali lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Dan saat itulah, saya sadar, sial, sesuatu terjadi,” katanya.

 

3 dari 3 halaman

Dari DC ke Netflix

Sejak itu, Aw telah menggandakan kolaborasi dengan merek terkenal untuk menjangkau fandom di seluruh dunia, dari Adidas, Hasbro dan Nickelodeon, hingga Formula 1, Sesame Street, dan Netflix .

Kolaborasi tersebut memungkinkan Aw memproduksi barang koleksi dalam skala yang lebih luas dan dengan harga yang lebih rendah sehingga lebih mudah diakses oleh penggemar.

Koleksi DC, misalnya, masing-masing dijual seharga USD 10. Itu terjangkau dibandingkan dengan mainan Mighty Jaxx lainnya yang diproduksi dalam jumlah yang jauh lebih kecil yang harganya bisa mencapai USD 1.200.

Pada tahun 2020, Aw juga mulai memproduksi blind box yang berisi figurin atau mainan yang tidak diketahui pembeli hingga dibongkar. Dia kemudian bermitra dengan desainer Amerika Jason Freeny yang dikenal karena seni anatominya.

“Kami menerapkannya pada banyak mitra lisensi kami dan mereka semua menyukainya karena ini adalah tampilan alternatif untuk banyak hal … Dan sekarang ini telah menjadi garis pokok bagi kami,” ujarnya.

Menurut Mighty Jaxx, pendapatan perusahaan telah berhasil tumbuh pada tingkat majemuk 71 persen dari 2019 hingga 2021.

Hingga saat ini, Mighty Jaxx telah mengumpulkan sekitar USD 40 juta, menilai perusahaan lebih dari USD 200 juta. Beberapa investornya termasuk konglomerat China Tencent, KB Investment dan East Ventures.

Di samping itu, bahkan Aw juga berhasil masuk ke daftar Forbes 30 Under 30 Asia pada tahun 2018. Saat itu dia menginjak usia 28 tahun.

Aw masih haus berkarier sehingga akan tetap fokus pada masa depan Mighty Jaxx yang mungkin lebih banyak berkolaborasi dan mendukung ke metaverse .

“Ini asli… Saya merasa itu tidak cukup,” katanya. “Saya memainkan banyak game simulasi bisnis dan saya juga tidak pernah senang dengan itu. Saya memulai kembali permainan 100 kali untuk terus mereplikasi skenario sampai saya mendapatkan model yang tepat, tetapi saya obsesif seperti itu.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.