Sukses

Kementerian Perdagangan Ajak Pengusaha di Jawa Tengah Manfaatkan IK-CEPA

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan sosialisasi hasil perundingan Indonesia–Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) kepada Pemerintah daerah

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan sosialisasi hasil perundingan Indonesia–Korea Comprehensive Economic Partnership  Agreement (IK-CEPA) kepada Pemerintah daerah, pelaku usaha, hingga masyarakat, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (21/6/2022).

Dalam laporannya, Sekretaris Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag Ari Satria, menyampaikan, sosialisasi ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut pertemuan Menteri Perdagangan dengan Komisi VI DPR RI.

“Dalam beberapa pertemuan terakhir pak Wamen (Kemendag) tahu bahwa komisi VI sangat mendorong kegiatan sosialisasi di berbagai daerah terkait hasil perundingan perdagangan Internasional,” kata Ari dalam acara sosialisasi Hasil Perundingan IK-CEPA.

Dari hasil komunikasi Kemendag dengan Pemerintah Provinsi, khususnya Pemprov Jawa Tengah ingin mendengar hasil perundingan IK-CEPA.

Oleh karena itu, Kemendag mengundang para pelaku usaha baik secara fisik maupun virtual dalam acara sosialisasi ini baik dalam kalangan asosiasi pengusaha, akademisi, KADIN, Pemda.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, Korea Selatan merupakan salah satu mitra terpenting di Indonesia khususnya di Kawasan Asia Timur, dan telah menjadi mitra perdagangan Indonesia sejak lama.

“Karena IK-CEPA ini dilaunching 2011 saya masih menjadi atase perdagangan di Korsel, dan sempat berlangsung beberapa putaran dan akhirnya ditandatangani tanggal 18 Desember 2020,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hubungan Harmonis

Indonesia dan Korea Selatan memang memiliki hubungan yang sangat harmonis dari sisi politik dan ekonomi. Maka Kemendag terus mengusahakan agar hubungan tersebut semakin dekat dari sektor lainnya, terutama sektor perdagangan.

Tujuannya, agar Indonesia bisa memanfaatkan IK-CEPA ini sebagai titik awal kerjasama perdagangan kedua negara supaya lebih baik di masa mendatang.

Selain itu, Korea Selatan selalu menjadi 10 besar negara mitra perdagangan Indonesia,  baik impor maupun ekspor. Alasan dilakukannya IK-CEPA, karena Pemerintah ingin perdagangan ini tidak hanya dilakukan di sektor perdagangan saja, melainkan juga di sektor lain yaitu, ekonomi seperti investasi, tenaga kerja, dan lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Terus Sosialisasi

Kedepannya, Kementerian Perdagangan akan terus melakukan sosialisasi perundingan perdagangan internasional yang dilakukan di berbagai Provinsi Indonesia.

Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman dan peran aktif stakeholder Pemerintah daerah, pelaku usaha, maupun masyarakat mengenai hasil perundingan yang dimiliki Indonesia.

Serta mempersiapkan semua pihak menghadapi implementasi dari semua perundingan perdagangan ini, termasuk mengidentifikasi peluang dan tantangan yang sedang maupun dihadapi dalam kerjasama Indonesia dengan berbagai mitra dagang.

“Kami melakukan sosialisasi ingin mendapatkan masukan dari kalangan dunia usaha, dan pihak lainnya sehingga bisa mensinergikan kebijakan perdagangan antara pusat dan daerah, khususnya untuk mempercepat pembangunan melalui peningkatan ekspor non migas,” pungkasnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.