Sukses

Pelita Air Tambah Rute Penerbangan Jakarta-Yogyakarta Mulai Hari Ini 20 Juni 2022

Pelita Air Service resmi menambah rute baru Jakarta-Yogyakarta-Jakarta. Penerbangan perdana dilakukan Senin, 20 Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta Pelita Air Service resmi menambah rute baru Jakarta-Yogyakarta-Jakarta. Penerbangan perdana dilakukan Senin, 20 Juni 2022.

Adanya penambahan ini, berarti Pelita Air Service melayani dua penerbangan reguler terjadwal. Sebelumnya, Pelita Air terbang perdana untuk rute Jakarta-Bali.

Seremoni penerbangan perdana rute ini dilakukan di Bandara Internasional Yogyakarta – Kulon Progo. Setemoni dilakukan penyambutan penumpang penerbangan perdana Jakarta-Yogyakarta dan dihadiri sejumlah petinggi.

Diantaranya, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Komisaris Utama dan Direksi PT Pertamina (Persero), Direktur Utama, Komisaris Utama, Dewan Komisaris, dan Dewan Direksi PT Pelita Air Service selaku induk perusahaan Pelita Air Service, dan stakeholder aviasi lainnya.

Direktur Utama Pelita Air Service Dendy Kurniawan mengatakan, Pelita Air Service secara bertahap terus menambah pembukaan rute baru untuk memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap layanan penerbangan berjadwal.

"Saya dan jajaran Pelita Air Service sangat bergembira hari ini, karena ini adalah rute kedua kami. 28 April kami sudah launching dengan rute Jakarta-Denpasar, hari ini selain menambah rute baru Jakarta-Yogyakarta, kami juga menambah frekuensi untuk ke Denpasar menjadi dua kali sehari. Ke depannya insya Allah kami akan segera menambah frekuensi Jakarta-Yogyakarta-Jakarta" kata Dendy dalam keterangan resmi, Senin (20/6/2022).

Dendy juga menyampaikan, pembukaan rute ini sebagai dukungan terhadap iklim pariwisata. Utamanya di eilayah Yogyakarta.

“Pembukaan rute penerbangan Jakarta Yogyakarta-Jakarta merupakan wujud dukungan Pelita Air terhadap kebangkitan pariwisata Yogyakarta sebagai salah satu destinasi super prioritas pascapandemi, selain mendukung kebutuhan layanan udara bagi para pelajar yang kuliah di Yogyakarta dan pelaku perjalanan bisnis," ujar Dendy.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X menyambut baik dengan dibukanya rute penerbangan Pelita Air ke DI Yogyakarta.

"Saya mewakili Pemerintah daerah dan warga masyarakat DIY, dengan hadirnya layanan Pelita Air kini masyarakat memiliki alternatif pilihan penerbangan dan mendapatkan kesempatan untuk terbang lebih nyaman dengan harga yang terjangkau", tutupnya.

Ia meyakini transportasi udara dapat menjadi salah satu solusi pembangunan ekosistem transportasi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Terbang

Pelita Air akan melayani penerbangan Jakarta-Yogyakarta-Jakarta dengan armada Airbus A320-200. Pesawat ini berkapasitas 180 kursi kelas ekojomi.

Pelita Air mengoperasikan layanan penerbangan reguler rute Jakarta–Yogyakarta–Jakarta setiap hari. Dengan jadwal keberangkatan pukul 06.40 WIB dan tiba pukul 07.55 WIB dalam frekuensi 1 kali per hari penerbangan.

Pada kegiatan seremoni penerbangan perdana rute Jakarta-Yogyakarta Jakarta, Pelita Air berkolaborasi dengan beberapa pihak. Diantaranya PT Taman Wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) [TWC], Dagadu, dan Nivea.

Pelita Air melancarkan kampanye "Enlighten Your Journey to Sunny Yogya" untuk mengajak masyarakat kembali melakukan perjalanan wisata ke Yogyakarta yang memiliki beragam kekayaan budaya dan destinasi sejarah. Misalnya Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang juga ditetapkan UNESCO menjadi warisan dunia (world heritage) serta beragam daya tarik lainnya, baik dari sisi budaya, pariwisata alam, hingga kuliner.

Selain itu, untuk menyemarakkan penerbangan perdana ini, Pelita Air, TWC, Dagadu, dan Nivea memberikan berbagai kejutan hadiah khusus bagi para penumpang beruntung. Diantaranya t-shirt Dagadu edisi khusus Pelita Air, voucher tiket buy 1 get 1 pertunjukkan Dramatari Rorojongrang atau Ramayana Ballet dari TWC, produk Nivea Sunscreen, tumbler dan kartu uang elektronik edisi khusus Pelita Air.

 

3 dari 4 halaman

Paket Wisata

Kolaborasi ini juga merepresentasikan konsep pariwisata 3A yaitu atraksi, amenitas, dan aksesibiltas, dalam pengembangan pariwisata. Pelita Air sebagai sarana transportasi udara (aksesibilitas), TWC dan Nivea sebagai penyedia atraksi dan amenitas berkepentingan untuk turut mengembangkan pariwisata.

Kolaborasi ini ke depannya akan ditindaklanjuti dengan pembuatan produk paket wisata bersama yang mengombinasikan masing-masing layanan, yaitu paket tiket pesawat Pelita Air dengan tiket akses lokasi wisata dan event yang diselenggarakanoleh TWC.

Selain itu, nantinya pemegang boarding pass Pelita Air akan mendapatkan berbagai macam keuntungan. Dengan hanya menunjukkan boarding pass Pelita Air ke berbagai mitra merchant, akan mendapatkan potongan harga sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

4 dari 4 halaman

Tambah Penerbangan ke Bali

Selain pembukaan rute Jakata-Yogyakarta-Jakarta, pada 20 Juni ini Pelita Air juga menambah frekuensi terbang rute Jakarta-Bali-Jakarta menjadi 2 kali sehari dari sebelumnya yang hanya 1 kali sehari.

Adapun jadwal penerbangan Pelita Air rute Jakarta-Bali-Jakarta dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yaitu:

1. Jakarta-Bali (IP100): pukul 10.45 WIB - 14.35 WITA

2. Jakarta-Bali (IP104): pukul 16.10 WIB - 19.00 WITA

3. Bali-Jakarta (IP101): pukul 14.20 WITA - 15.10 WIB

4. Bali-Jakarta (IP105): pukul 19.45 WITA - 20.35 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.