Sukses

Erick Thohir Berterimakasih pada Kreditur yang Dukung Restrukturisasi Garuda Indonesia

Erick Thohir sangat bersyukur karena hasil dari proses PKPU Garuda Indonesia sangat baik. Mayoritas kreditur yang terlibat dalam proses PKPU menerima proposal yang diajukan oleh Garuda Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) erick Thohir mengatakan, PT Garuda Indonesia Tbk, BUMN di sektor aviasi yang menjadi salah satu kebanggaan bangsa telah menyelesaikan pemungutan suara atau voting dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Erick Thohir sangat bersyukur karena hasil dari proses PKPU Garuda Indonesia sangat baik. Mayoritas kreditur yang terlibat dalam proses PKPU menerima proposal yang diajukan oleh Garuda Indonesia.

"Proyeksi positif yang kami terima hari ini tidak terlepas dari hasil kerja keras jajaran manajemen, karyawan serta tim konsultan pendamping di Garuda yang lebih dari 7 bulan menjalin komunikasi intensif dengan para kreditur," jelas dia saat memberikan keterangan kepada wartawan, ditulis Sabtu (18/6/2022).

Erick Thohir pun mengucapkan terima kasih kepada kreditur yang telah mendukung proses restrukturisasi Garuda Indonesia hingga saat ini. Ia pun mengharapkan dukungan tersebut akan terus mengalir ke depannya sehingga perusahaan bisa membangun bisnis yang berdaya saing.

Erick mengatakan, Garuda Indonesia berkomitmen menjalankan misi menjadi platform penggerak ekonomi bangsa dan melalui peran esensialnya sebagai penyedia akses konektivitas bagi aktivitas ekonomi, pariwisata hingga sosial dan budaya bagi masyarakat Indonesia.

"Perkembangan positif ini datang di momentum yang tepat, saat dunia telah mulai bangkit dan beradaptasi dengan pandemi, ekonomi hidup kembali dan orang-orang mulai bepergian. Dengan terus bekerja sama dan saling mendukung, ke depannya kita dapat menantikan Garuda terbang lebih tinggi," kata Erick menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melihat Rencana Bisnis Garuda Indonesia Setelah PKPU

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dapat bernafas lega setelah kreditur menyetujui proposal perdamaian dalam voting yang bagian dari proses penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU). Perseroan pun menyiapkan sejumlah rencana bisnis ke depan dengan fokus menghasilkan keuntungan.

"Alhamdulilah diterima lebih dari 96 persen yang hadir ini tunjukkan kepercayaan tinggi dari kreditur terhadap rencana ke depan dan proposal perdamaian Garuda Indonesia," ujar Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Irfan Setiaputra, usai voting PKPU di Gedung Garuda Indonesia Kebon Sirih, ditulis Sabtu (18/6/2022).

Irfan menyampaikan, rencana bisnis Garuda Indonesia yang disetujui kreditur seiring rencana berbasis profitable. Pihaknya memastikan untuk menghasilkan keuntungan.

"Bukan terbang kemana-mana, bukan pesawat beragam, perusahaan yang pantas dipertahankan konsisten hasilkan keuntungan," kata dia.

Untuk dapat meraih keuntungan tersebut, Garuda Indonesia akan fokus ke domestik dan terbang di rute-rute yang menguntungkan. Namun, rute internasional tetap terbuka.

"Rute internasional, umrah, haji, dan fokus ke kargo. Internasional tetap terbangkan kalau menguntungkan," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Menambah Pesawat

Selain itu, Garuda Indonesia akan segera menambah pesawat untuk melayani publik. Apalagi setelah dalam sidang pengumuman hasil voting pada 20 Juni 2022 diteguhkan. Irfan memperkirakan ada tambahan 70 pesawat yang akan digunakan tetapi hal itu membutuhkan waktu.

"Kira-kira sekitar mendekati 70 total pesawat. Membutuhkan membuat pesawat itu serviceable dan melayani kebutuhan masyarakat. Tampaknya antusiasme makin meningkat," ujar dia.

Selain itu, perseroan juga akan melakukan rights issue sekitar USD 330 juta. "Penerbitan saham baru akan dilakukan RUPS mendatang. Membutuhkan secara kooperatif seluruh pemegang saham yang saat ini memiliki Garuda. Pada saat yang sama kita memenuhi syarat penting pencapaian PMN tercapainya homogolasi," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Garuda Indonesia Tbk Prasetio menuturkan, rights issue pertama dilakukan dengan kinerja perseroan lebih bagus.

"Rights issue pertama terhadap pemerintah dulu, baru kita lihat," kata dia.Adapun untuk kinerja positif ke depan, Prasetio mengharapkan dapat terjadi 2-3 tahun ke depan. "Kinerja membaik 2-3 tahun," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.