Mau Bayar Tagihan Listrik Lebih Hemat dan Mudah? Begini Caranya!

Oleh Muhammad Fachri Darmawan pada 24 Jun 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 15:00 WIB
Listrik.
Perbesar
Ilustrasi bayar tagihan listrik. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pengeluaran rumah tangga terbesar yang jadi beban setiap bulannya adalah biaya tagihan listrik. Yup, ketika kamu tidak mengendalikan penggunaan listrik, tagihan kamu pasti bakal melonjak drastis. Apalagi, jika sebagian besar aktivitas yang kamu lakukan itu hanya di rumah saja, kemungkinan besar, tanpa harus ada perhitungan yang matang, pasti tagihan listrik bakal mengalami peningkatan.

Nah, jika kamu bisa melakukan penghematan dan menekan tagihan listrik setiap bulannya, artinya ada lebih banyak uang yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Nggak sulit kok buat menekan pengeluaran listrik, jika kamu tahu ya caranya. Mau tahu caranya? Simak poin-poin di bawah ini ya!


Hemat Tagihan Listrik

Maksimalkan Penggunaan Lampu LED

Kalau sekarang kamu masih menggunakan bola lampu pijar di rumah, maka cepat-cepat ganti menggunakan lampu LED ya. Hal ini perlu kamu lakukan, soalnya lampu LED ini merupakan pilihan terbaik untuk menerangi setiap sudut di dalam rumah yang ramah lingkungan, berbiaya rendah, dan yang pasti efisiensi energinya sangat tinggi lho.

Kurangi Konsumsi AC

Ini adalah salah satu cara menghemat tagihan listrik setiap bulannya. AC banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, karena terkadang cuaca yang panas membuat suasana rumah jadi nggak nyaman dan jauh dari kata sejuk.

Tapi, terkadang kita lupa, kalau AC merupakan salah satu faktor yang membuat biaya listrik bulanan malah jadi membengkak. Buat alternatif penghematan tagihan listrik, kamu bisa pakai kipas angin ya saat cuaca di luar rumah sangat panas.

Matikan Listrik Saat Tidak Terpakai

Kalau kamu lagi keluar rumah, usahakan ya, benda yang berhubungan dengan listrik itu dimatikan atau tidak dihubungkan dengan sumber listrik. Selain untuk menghindari korsleting listrik, itu juga bisa menghemat biaya tagihan listrik bulanan kamu lho. 

Beberapa peralatan elektronik yang biasanya dibiarkan tersambung pada sumber listrik dan nggak dipakai adalah TV dan komputer ya kan? Atau bahkan DVD player? Kamu harus tahu ya, bahwa peralatan elektronik yang masih tersambung pada sumber listrik akan tetap memakai daya dan bisa membebani biaya listrik, meski kamu lagi nggak memakainya lho!


Mudah Bayar Tagihan Listrik

Kalau dulu bayar tagihan listrik hanya bisa dilakukan di kantor PLN. Antre berdesakkan jadi makanan sehari-hari demi bayar tagihan bulanan. Tapi sekarang, sebagian besar masyarakat bisa membayar tagihan tersebut hanya lewat satu aplikasi! Yup, Tokopedia merupakan marketplace yang menawarkan pembayaran tagihan listrik dengan mudah dan yang pasti bisa juga menguntungkan kamu lho!

Di Tokopedia, berbagai kemudahan akan kamu dapatkan, mulai dari cek tagihan listrik pascabayar, cek PLN online, hingga melunasi tagihan listrik bisa dilakukan secara online, di mana saja dan kapan saja tanpa perlu mengunjungi loket pembayaran listrik. Tokopedia pun menyediakan layanan pembayaran listrik pascabayar PLN yang beroperasi 24 jam lho!

Kamu juga bisa mendapatkan Promo Senin Bayar Kebutuhan yang mampu memberikan cashback hingga 50% untuk pembayaran tagihan kamu seperti pembayaran listrik PLN, BPJS, Internet dan TV Kabel, PDAM, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa mengikuti cashback kilat hingga 50% setiap pukul 09.00, 12.00, 15.00, dan 18.00 untuk pembayaran tagihan yang lebih menguntungkan!

Dengan Tokopedia, kamu nggak perlu antre, pasti cepat, ada bonus cashback, dan gratis biaya admin saat promo tertentu selalu menanti jika kamu bayar tagihan listrik pascabayar PLN di Tokopedia. Terdapat berbagai alternatif metode pembayaran yang bisa kamu pilih juga. 

#MulaiAjaDulu bayar tagihan lebih mudah dan menguntungkan di Tokopedia! Dapatkan banyak promo bayar tagihan menarik untuk pembayaran yang lebih mudah dan hemat ya!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya