Mau Investasi, Tapi Gaji Ngepas UMR? Coba Reksa Dana Aja!

Oleh Muhammad Fachri Darmawan pada 24 Jun 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 14:00 WIB
Investasi.
Perbesar
Ilustrasi gaji ngepas. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Punya penghasilan yang ngepas UMR terkadang jadi penghambat kamu buat mulai nabung atau investasi kan? Nggak jarang hal ini terjadi di kalangan pekerja yang penghasilannya masih berada di sekitar batas upah minimum atau ya beda tipis dari batas itu.

Semisal nih, UMR di Jakarta kan Rp 4,6 juta. Dengan kebutuhan hidup yang tinggi di ibukota, nggak sedikit dari kamu pasti yang ngeluh, bahwa itu nggak cukup! Ibaratnya, mikir nabung atau investasi aja nggak ada, buat penuhi kebutuhan hidup atau makan besok aja udah syukur kan?

Eits, tapi harus diingat, investasi nggak melulu harus dengan modal yang besar lho. Dengan penghasilan yang ngepas, kamu bisa menambah penghasilan bulanan, dengan investasi! Yang terpenting, gimana komitmen kamu buat nyisihin uang secara rutin sebagai bagian dari manage keuangan.

Nah, buat kamu yang mau investasi dengan minim resiko dan modal yang nggak cukup besar, investasi reksa dana jadi salah satu solusi jitunya! Reksa dana itu produk keuangan yang dikelola manajer investasi dan bentuknya investasi kolektif, yang terdiri dari deposito dan obligasi yang punya jatuh tempo kurang dari setahun.


Cari Aman? Reksa Dana Jadi Pilihan!

Buat kamu tipe orang yang cari aman, investasi reksa dana ini bisa jadi pilihan! Karena reksa dana ini minim risiko fluktuasi di pasar keuangan. Tapi, return yang akan kamu dapat di jenis investasi ini bisa ngalahin bunga tabungan lho dan nggak kena pajak juga atas hasil investasinya. Intinya, aman deh buat penghasilan bulanan ngepas dan buat kamu yang mau mulai investasi!

Investasi di reksa dana juga modalnya minim banget lho, hanya mulai dari Rp 10.000, kamu udah bisa investasi. Dari modal yang minim itu, kamu bisa raih keuntungan sampai 8,5% per tahun! Menarik kan?

Tapi, kamu harus pilih reksa dana terbaik ya, nggak boleh asal pilih. Kamu harus pilih reksa dana yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK biar lebih aman. Selain itu, kamu juga harus memilih rangkaian produk yang sudah dipilih oleh Manajemen Investasi (MI) berpengalaman. Dan buat memudahkan itu semua, kamu harus pilih proses yang cepat dan terjangkau ya buat memulai investasi reksa dana.

Tahu mengenai investasi reksa dana sudah, memilih reksa dana terbaik pun sudah, tinggal kamu pilih reksa dana online yang makin memudahkan kamu melakukan investasi ya! Baik pemula atau ahli, gaji yang ngepas atau lebih, kalian bisa lho investasi reksa dana lewat Tokopedia yang selalu ada selalu bisa!


Selalu Ada Selalu Bisa!

Di Tokopedia, kamu bisa memilih kategori investasi reksa dana yang paling cocok buat kamu lho. Mulai dari reksa dana pasar uang yang memiliki risiko rendah dan cocok buat kamu yang lagi belajar investasi dan gaji ngepas UMR. Ada juga reksa dana dengan pendapatan tetap, kalau ini cocok buat kamu yang ingin cari adrenalin lebih, karena resikonya lebih besar dibanding pasar uang dan buat kamu yang sudah ahli, cocok pilih kategori ini. 

Akan hadir juga lho reksa dana saham di Tokopedia, buat kamu yang emang ngincer risiko tinggi dan yang sudah dinobatkan jadi investor handal, pilih kategori ini ya! Last but not least, ada kategori syariah. Buat kamu yang menghindari riba, reksa dana jenis ini akan dilakukan proses “pembersihan” pendapatan non-halal lho! Jadi aman dan tenang deh kamu pilih kategori ini.

Di Tokopedia juga, kamu bisa memaksimalkan investasi kamu dengan fitur penunjang lho. Kamu bisa dengan mudah merancang dana impian buat beli rumah, bayar kuliah, atau yang lainnya. Terus kamu juga bisa gunakan fitur nabung rutin biar kamu nggak boros dengan keuntungan yang kamu dapatkan setiap bulannya. Gimana? Mudah dan menguntungkan bukan? Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Karena semakin kamu cepat memulai, semakin cepat juga lihat hasilnya ya!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya