Sukses

Deretan Atlet Miliarder Berpenghasilan Melebihi Rp 14,7 Triliun, Siapa Saja?

Karena itu, hingga saat ini, sudah ada setidaknya enam atlet yang berhasil mengumpulkan uang sebanyak itu dan didapuk jadi miliarder.

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya seorang penyanyi atau pengusaha, beberapa atlet yang berlaga di lapangan atau stadion juga ada yang memiliki kekayaan berlimpah sehingga didaulat jadi miliarder. Hartanya terkumpul bahkan bukan dari hasil pertandingan, tetapi juga kontrak kerja sama dengan beberapa brand ternama.

Seperti kontrak terbaru dan bahkan terbesar yang bernilai USD 200 juta hil Mickelson dengan Golf LIV.

“Atlet adalah aset strategis liga tempat mereka bermain,” kata David Carter, pendiri mendirikan perusahaan konsultan Sports Business Group dan profesor bisnis olahraga di USC. “Sebelumnya, mereka hanya karyawan,” lanjutnya seperti melansir Forbes, Kamis (16/6/2022).

Jika dikreditkan untuk pembayaran LIV Golf, Mickelson akan bergabung dengan salah satu klub paling eksklusif di semua olahraga. Di dalamnya terdapat atlet yang telah menghasilkan lebih dari USD 1 miliar dalam kariernya.

Karena itu, hingga saat ini, sudah ada setidaknya enam atlet yang berhasil mengumpulkan uang sebanyak itu.

Pemilik miliaran dolar itu telah melampaui olahraga yang mereka dominasi masing-masing dan menjadi ikon global sehinffa mengarah ke peluang yang lebih menguntungkan di luar bidang permainannya.

Misalnya, penghasil pendapatan tertinggi yaitu Tiger Woods, menghasilkan kurang dari 10 persenbdari USD 1,72 miliar kariernya dari kemenangan golf. Sebagian besar berasal dari kesepakatan dukungan besar-besaran yang telah ia pertahankan sepanjang kariernya selama 27 tahun.

Woods juga miliarder seperti halnya LeBron James. Dia telah menghasilkan USD 1,16 miliar dalam pendapatan seumur hidup dan menghasilkan banyak uang dari investasi cerdas. Akan tetapi, mereka bukan satu-satunya yang masuk dalam deretan atlet berpenghasilan miliaran dolar.

"Tak satu pun dari orang-orang ini akan menjadi miliarder jika mereka tidak memiliki jejak global," kata Carter.

“Apa yang baru di generasi terakhir adalah kedekatan hubungan media dengan teknologi, fakta bahwa sebagian besar bisnis yang melibatkan orang-orang ini memiliki peluang global yang melekat padanya.”

Lantas, siapa saja atlet yang berhasil mengantongi harta tertinggi di antara lainnya? Berikut ini rinciannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tiger Woods USD 1,72 miliar

Olahraga: Golf

Woods yang berusia 46 tahun, pada puncaknya, termasuk pendukung atlet paling produktif dalam sejarah. Dia meraup lebih dari USD 100 juta dari kursus per tahun dan memimpin daftar tahunan atlet dengan bayaran tertinggi di dunia versi Forbes selama satu dekade berturut-turut.

 

 

3 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo USD 1,24 miliar

Olahraga: Sepak bola

Pemimpin pencetak gol sepanjang masa di dunia ini memiliki lebih dari 690 juta pengikut di seluruh platform media sosial.

Hal itu yang membuat dia mendapatkan penghasilan setinggi langit dari sponsor seperti Nike, Herbalife, dan sampo Clear.

Di samping itu, dia juga merupakan investor di restoran Tatel dan aplikasi komunitas sepak bola ZujuGP yang akan datang. Bahkan dia masih memimpin upah premium di lapangan untuk klub sepak bola Manchester United.

 

 

4 dari 7 halaman

LeBron James USD 1,16 miliar

Olahraga: Bola basket

Selain kontrak seumur hidupnya dengan Nike dan kontrak USD 41,5 juta dengan Los Angeles Lakers, legenda hoops berusia 37 tahun itu menjual saham minoritas yang signifikan di perusahaan produksinya, SpringHill, pada bulan Oktober dengan nilai sekitar USD 725 juta.

Selain itu, dia juga mengambil saham ekuitas di beberapa perusahaan yang dia dukung, termasuk perusahaan kebugaran di rumah Tonal, yang membantu meraup kekayaan bersih USD 1 miliar.

 

 

5 dari 7 halaman

Lionel Messi USD 1,15 miliar

Olahraga: Sepak bola

Penyerang Argentina itu adalah atlet dengan bayaran tertinggi di dunia selama 12 bulan terakhir meskipun menerima pemotongan gaji yang signifikan ketika ia pindah ke Paris Saint-Germain dari Barcelona pada Agustus.

Dia menambahkan kesepakatan USD 20 juta dengan aplikasi keterlibatan penggemar Socios pada bulan Maret untuk menjalin kesepakatan jangka panjang dengan Adidas, Budweiser, PepsiCo dan Hard Rock International.

 

 

6 dari 7 halaman

Roger Federer USD 1,09 miliar

Olahraga: Tenis

Meski tidak bermain di turnamen sejak Wimbledon Juli lalu, maestro Swiss berusia 40 tahun ini menghasilkan lebih banyak uang di luar lapangan.

Dikabarkan senilai USD 90 juta. Dia adalah pitchman top untuk Rolex dan Uniqlo dan memiliki investasi yang cukup besar dalam merek sepatu yang sedang berkembang On.

 

 

7 dari 7 halaman

Floyd Mayweather USD 1,08 Miliar

Olahraga: Tinju

Pada tahun 2018, Mayweather memiliki penghasilan terbesar dalam sejarah olahraga ketika ia mencetak USD 275 juta dari pertarungannya dengan Conor McGregor.

Keputusannya untuk menjalankan perusahaan promosinya sendiri untuk pertarungan membuatnya menerima potongan bayar per tayang, sponsor, merchandise, dan penawaran TV internasional untuk masing-masing dari empat pertarungan paling menguntungkan dalam sejarah tinju.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.