Sukses

Profil Bianca Adinegoro Istri Muhammad Lutfi Mantan Menteri Perdagangan

Mengenal sosok Bianca Adinegoro, istri Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang merupakan seorang model.

Liputan6.com, Jakarta - Bianca Adinegoro, istri Muhammad Lutfi menjadi sorotan usai sang suami ikut terdampak reshuffle kabinet. Posisi Lutfi sebagai Menteri Perdagangan  digantikan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu siang (15/6/2022).

Dengan sosoknya yang cantik dan anggun, sosok Bianca Adinegoro menarik perhatian publik di Tanah Air.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/6/2022) Bianca Adinegoro cukup terkenal di dunia perfilman Indonesia di era 1990-an. 

Ia pun menjadi salah satu penggerak kebangkitan film Indonesia lantaran tampil dalam Kuldesak.

Wajah Bianca Adinegoro menghiasi poster film Kuldesak, berdampingan dengan almarhum Ryan Hidayat, Aksan Sjuman, dan Oppie Andaresta. Dalam Kuldesak, ia memerankan Lina.

Sebagai informasi, Kuldesak adalah proyek film yang digarap Mira Lesmana, Rizal Mantovani, Nan T. Achnas dan Riri Riza. 

Film ini menjadi cikal bakal bangkitnya perfilman Indonesia dan lahirnya sineas generasi baru. Setahun setelahnya, film bergenre horror Jelangkung dan film anak-anak Petualangan Sherina menggemparkan bioskop. 

Tak hanya di industri perfilman, 1990-an juga menjadi era dimana wajah Bianca Adinegoro kerap menghiasi kover majalah remaja yang mayoritas kini tak beredar lagi.

Sejumlah majalah yang pernah mengabadikan Bianca Adinegoro sebagai sampul depan di antaranya Jakarta-Jakarta, Vista TV, Hai, Nona, dan Mode. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Potret Bianca Adinegoro jadi Model Video Klip Dewa 19, Cukup Siti Nurbaya

Tak hanya tampil di film dan majalah, Bianca Adinegoro juga pernah menjadi model video klip Dewa 19, "Cukup Siti Nurbaya."

Video klip itu menampilkan Bianca yang bepergian dari rumah dan merasakan kerasnya jalanan Ibu Kota.

Disajikan dalam format warna dan hitam putih, Cukup Siti Nurbaya pun menjadi salah satu video klip terbaik pada tahunnya.

Selain Dewa 19, Bianca Adinegoro juga dipercaya menjadi model video klip lagu "Usah Kau Lara Sendiri" milik Katon Bagaskara dan Ruth Sahanaya.

Lagu ini dirilis untuk mematahkan stigma ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) yang beredar di masyarakat.

Memerankan ODHA, Bianca Adinegoro mengekspresikan kesakitan, tekanan batin, dan kesepian dengan apik. Jadilah ia model video klip terbaik tahun itu versi Video Musik Indonesia.

3 dari 5 halaman

Jadi Bintang Iklan

Selain memantik gempita di sampul depan banyak majalah, Bianca, yang juga merupakan putri jurnalis senior Adinegoro tampil di sejumlah iklan produk ternama dari sampo hingga kaus.

Akun Instagram @happymemories85 beberapa waktu lalu mengunggah foto masa muda Bianca Adinegoro saat tampil di iklan kaus. Dengan rambut berombak yang tergerai, ia memesona khalayak.

4 dari 5 halaman

Istri Seorang Duta Besar RI

Bianca Adinegoro absen dari layar kaca dan layar lebar setelah menikah dengan Muhammad Lutfi yang kemudian menjabat Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia.

Sebelum dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi pada September 2020 menjadi Duta Besar Indonesia untuk AS.

5 dari 5 halaman

Zulkifli Hasan Jadi Mendag dalam Reshuffle Kabinet Gantikan Muhammad Lutfi

Presiden Jokowi resmi melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24/M Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Selain Zulkifli, Jokowi juga melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN. Sebelumnya, jabatan Menteri ATR/BPN diisi oleh Sofyan Djalil.

Zulkifli menjelaskan, pada Selasa 14 Juni 2022 malam diminta untuk datang ke Istana Presiden untuk bertemu dengan Jokowi. Dia pun bergegas sekitar pukul 7 malam.

"Saya baru dikasih tahu semalam jam 7 diundang ke Istana," ungkap Zulkifli usai Serah Terima Jabatan Menteri Perdagangan di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Pertemuannya dengan Presiden berlangsung satu jam. Dalam pertemuan tersebut Jokowi langsung meminta dirinya menjadi Menteri Perdagangan. Dalam pertemuan tersebut Jokowi menilai pengalaman dan sepak terjang dirinya dirasa sudah cukup mumpuni untuk menjadi menteri.

"Tolong Pak Zul dengan background Bapak yang suka ke bawah, mengerti mikro, ritel dan detail soal pangan, minyak goreng dan lain-lain," kata Zul menirukan ucapan Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.