Sukses

Jadi Menteri Perdagangan Baru, Zulkifli Hasan Punya Kekayaan Rp 32,8 Miliar

Presiden Jokowi resmi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan menggantikan M Luthfi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi resmi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan menggantikan M Luthfi.

Terlepas dari reshuffle kabinet ini, Zulkifli Hasan juga pernah menduduki posisi Menteri Kehutanan pada periode 2009 - 2014. Saat itu Ia ditunjuk oleh Presiden Indonesia Keenam Susilo Bambang Yudhoyono.

Lantas berapa kekayaan pria yang akrab dipanggil Zulhas sebagai Menteri Perdagangan baru? Mengutip Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diakses Liputan6.com, Zulhas tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp 32.810.882.791.

Harta itu dilaporkan Zulhas pada 27 Maret 2022. Dia melaporkan hartanya sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Dalam laman tersebut tercatat Zulkifli Hasan memiliki sembilan bidang tanah dan bangunan. Delapan di antaranya berada di Jakarta Timur sementara satu di Bogor, Jawa Barat. Nilainya mencapai Rp 12.985.500.000.

Harta bergerak yang dilaporkan Zulhas yakni dua mobil Toyota Alphard dengan nilai Rp 1,1 miliar. Harta bergerak lainnya yang dia laporkan senilai Rp 1,5 miliar.

Surat berharga yang dilaporkan Zulhas sebesar Rp 4.990.000.000. Kas atau setara kas lainnya sebanyak Rp 12.235.382.791.

Zulhas tak tercatat memiliki utang. Jadi total harta kekayaan dia pada tahun ini sebesar Rp 32.810.882.791.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diisukan Jadi Mendag, Ketum PAN Zulkifli Hasan Tiba di Istana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju, Rabu (15/6/2022). Total ada dua menteri dan tiga wakil menteri yang akan dilantik Jokowi di Istana Negara Jakarta, pukul 14.00 WIB.

Salah satu tokoh yang akan masuk ke kabinet Indonesia Maju yakni, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. Dia dikabarkan akan mengisi posisi Menteri Perdagangan atau Mendag, menggantikan M.Lutfi.

Berdasarkan pantauan Liputan6, Zulhas tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pukul 11.53 WIB. Dia mengenakan jas hitam, kemaja putih, dan peci bewarna hitam.

Zulhas enggan berbicara saat dicecar pertanyaan oleh awak media. Dia langsung masuk ke dalam Istana dan melambaikan saat turun dari dalam mobil.

"Setelahnya ya," ucap Zulhas.

Selain Zulhas, Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor juga telah tiba di Istana. Dia mengaku ditunjuk menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

"Wamenaker," kata Afriansyah.

3 dari 3 halaman

Dua Menteri Baru

Sebelumnya, sumber Liputan6.com di lingkungan pemerinrahan menyebut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan bakal mengisi posisi Menteri Perdagangan (Mendag). Jika benar, Zulhas akan menggantikan posisi M. Luthfi.

Selain itu, mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga akan masuk ke kabinet dengan jabatan Menteri Agararia dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional. Dia menggantikan Sofyan Djalil.

"Mendag Pak Zul sebagai (Zulkifli Hasan). Pak Hadi sebagai Menteri ATR," ucap sumber tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.