Sukses

Pelantikan Menteri Baru Usai Makan Siang dengan Presiden Jokowi

Beberapa menteri pada siang ini diundang makan siang bersama Presiden Joko Widodo dan kemungkinan akan dilanjutkan dengan pelantikan menteri baru.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa terlambat menghadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nota kesepahaman itu dalam rangka penguatan sinergi sektor keuangan.

Suharso pun meminta maaf karena terlambat menghadiri acara. Semula acara MoU ini sebenarnya dijadwalkan siang tetapi dimajukan menjadi pukul 09.00 WIB. Hal ini karena beberapa menteri pada siang ini diundang makan siang bersama Presiden Joko Widodo dan kemungkinan akan dilanjutkan dengan pelantikan menteri baru.

"Acara tadinya saya minta dimajukan karena akan ada pelantikan 13.30 WIB tapi ada perubahan lagi. Karena ternyata nanti akan ada lunch bersama presiden pukul 12.00 WIB," ujarnya, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Suharso melanjutkan, nota Kesepahaman ini bertujuan untuk mewujudkan kebijakan sektor keuangan yang bersinergi dengan kebijakan perencanaan pembangunan nasional termasuk prioritas dan rencana pembangunan yang terkait.

Sinergi nantinya diharapkan mampu mendukung pemulihan dan transformasi ekonomi nasional, terutama untuk memaksimalkan peranan intermediasi sektor jasa keuangan dalam rangka mendukung pengembangan sektor riil dan mendorong pencapaian sasaran pertumbuhan ekonomi.

"Baik tingkat nasional maupun tingkat provinsi, sesuai Rencana Kerja Pemerintah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional," jelasnya.

Dalam acara penandatanganan nota kesepahaman antara OJK dan Bappenas ini kemudian, akan diikuti paper work yang lain untuk ditindaklanjuti. "Saya berterimakasih kepada OJK dan Bappenas sehingga MOU akan disusul dengan keberlanjutan kesepahaman ini yang telah dilakukan terimakasih sampai ditandatangi hari ini," jelas Suharso.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Dikabarkan Reshuffle Kabinet Hari Ini, Zulkifli Hasan Jadi Menteri Perdagangan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju pada Rabu, (15/6/2022). Pelantikan para menteri baru akan dilakukan pukul 14.00 WIB di Istana Kepresidenan Jakarta.

Hal ini dibenarkan oleh sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan. Dia mengatakan, ada sejumlah tokoh yang akan mengisi posisi di kabinet.

"Hanya dua menteri (direshuffle). Pelantikan jam 14.00," kata sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan, Rabu pagi.

Sumber yang sama menyebut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan mengisi posisi Menteri Perdagangan (Mendag). Jika benar, Zulhas akan menggantikan posisi M. Luthfi.

Selain itu, mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga akan masuk ke kabinet dengan jabatan Menteri Agararia dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional. Dia menggantikan Sofyan Djalil.

"Mendag Pak Zul (Zulkifli Hasan). Pak Hadi sebagai Menteri ATR," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Lantik 3 Wamen

Jokowi juga dikabarkan melantik tiga wakil menteri. Namun, belum diketahui siapa saja tokoh yang akan dilantik menjadi wakil menteri.

"Wakil menteri (yang dilantik) tiga," ujar sumber tersebut. 

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle

  • Suharso Monoarfa kini menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.

    Suharso Monoarfa