Sukses

Reshuffle Kabinet Hari Ini, Kemendag Respons Kabar Zulkifli Hasan jadi Menteri Perdagangan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju pada Rabu, (15/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan melakukan reshuffle kabinet atau perombakan kabinet Indonesia Maju pada Rabu, (15/6/2022). Pelantikan para menteri baru akan dilakukan pukul 14.00 WIB di Istana Kepresidenan Jakarta.

Kabar reshuffle kabinet hari ini dibenarkan oleh sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan. Dia mengatakan, ada sejumlah tokoh yang akan mengisi posisi di kabinet.

"Hanya dua menteri (di-reshuffle). Pelantikan jam 14.00," kata sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan, Rabu pagi.

Sumber yang sama menyebut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan mengisi posisi Menteri Perdagangan (Mendag). Jika benar, Zulhas akan menggantikan posisi M. Luthfi.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Suhanto, mengaku belum mendapatkan informasi resmi terkait kabar yang berdar penggantian Mendag Lutfi. Pihaknya akan menunggu informasi lebih lanjut dari Presiden.

“Secara resmi kami belum dapat informasi, sama dengan yang lain dapat info dari kabar yang beredar. Kami tunggu pengumuman resmi dari Presiden,” kata Suhanto kepada Liputan6.com, Rabu (15/6/2022).

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi memanggil Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022). Pertemuan hanya berlangsung selama 40 menit, dari pukul 17.00 WIB hingga 17.40 WIB.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Luthfi tak berkomentar apapun saat tiba di Istana Kepresidenan Jakarta dan dicecar pertanyaan oleh awak media. Namun, Luthfi sempat tersenyum.

Dia kembali menolak berkomentar usai dipanggil Jokowi. Luthfi hanya menjawab singkat dan menutup pintu mobilnya dengan cukup keras.

Selain Luthfi, Jokowi juga memanggil Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan M.Luthfi, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Jokowi dikabarkan turut memanggil Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Reshuffle Kabinet, Kejagung Pastikan Evaluasi Kebutuhan Penyidikan Kasus

Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) memastikan terus melakukan evaluasi kebutuhan pemeriksaan dalam setiap penyidikan kasus yang tengah bergulir.

Evaluasi itu termasuk terhadap para menteri yang dikabarkan nantinya tidak lagi menjabat lantaran terkena reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Sekarang begini, nanti ada dilakukan apa nggak, yang jelas saya katakan nanti kalau memang dibutuhkan kan diperiksa, kalau ndak (tidak) ya ndak," ucap Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Supardi kepada Liputan6 di Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (14/6/2022) malam WIB.

Menurut Supardi, pejabat sekelas menteri atau mantan menteri akan diperiksa sesuai dengan pertimbangan kebutuhan penyidikan suatu kasus. Termasuk sosok Muhammad Lutfi, yang menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dengan sejumlah kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Perdagangan (Kemendag), seperti perkara mafia minyak goreng hingga impor baja.

"Nanti kita, segala kemungkinan masih ada," katanya.

Supardi sendiri enggan membahas terkait kemungkinan lebih mudahnya penyidik melakukan pemeriksaan terhadap sosok menteri, apabila sudah tidak lagi menjabat dalam posisi tersebut.

"Aku no comment," Supardi menandaskan.

Jokowi memanggil Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022), di tengah isu reshuffle yang hangat. Pertemuan hanya berlangsung selama 40 menit, dari pukul 17.00 WIB hingga 17.40 WIB.

Berdasarkan pantauan Liputan6, Lutfi tak berkomentar apapun saat tiba di Istana Kepresidenan Jakarta dan dicecar pertanyaan oleh awak media. Namun, Lutfi sempat tersenyum.

3 dari 3 halaman

Tolak Berkomentar

Dia kembali menolak berkomentar usai dipanggil Jokowi. Lutfi hanya menjawab singkat dan menutup pintu mobilnya dengan cukup keras.

"Apaan," ucap Lutfi kepada wartawan saat ditanya soal pertemuan dengan Jokowi.

Selain Lutfi, Jokowi juga memanggil Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Jokowi dikabarkan turut memanggil Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada Rabu, 15 Juni 2022. Hadi Tjahjanto mengaku dipanggil mendadak oleh Jokowi.

"Baru saja, makanya saya ngebut," kata Hadi sebelum bertemu Jokowi di Istana, Selasa.

"Enggak ada ini baru olahraga langsung lari saya," sambungnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.