Top 3: Kegeraman Jokowi soal Belanja Barang Impor

Oleh Arief Rahman Hakim pada 15 Jun 2022, 06:30 WIB
Diperbarui 15 Jun 2022, 06:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah mendapatkan telepon dari perdana menteri satu negara. Kepala negara tersebut meminta Indonesia kembali mengekspor minyak goreng ke negaranya.
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pembukaan Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022 di Istana, Selasa (14/6/2022). Seorang perdana menteri menelepon Jokowi untuk meminta dikirimkan minyak goreng.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mengungkapkan kekeselannya karena ada kementerian dan lembaga juga pemerintah daerah yang masih belanja produk impor. Padahal, uang yang dibelanjakan tersebut berasal dari uang dan pajak rakyat.

Dengan tidak membeli produk lokal, kata dia, berarti nilai tambah dari produk tersebut masuk ke negara lain. Padahal secara jelas ia mendorong adanya nilai tambah ke tanah air.

Artikel mengenai kegeraman Jokowi soal barang impor ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu 15 Juni 2022:

1. Jokowi: Bodoh Sekali Kita Pajak Rakyat Dipakai Belanja Produk Impor!

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) nampak geram masih banyak kementerian dan lembaga belanja produk impor. Padahal, kata dia banyak produk lokal yang masih bisa dimanfaatkan.

Ia mengaku sedih uang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) malah dipakai untuk belanja produk impor. Padahal, mengumpulkannya diakui sulit.

"Ini uang rakyat, uang yang dikumpulkan dari pajak baik PPN, PPh Badan, PPh perorangan, PPh karyawan, bea ekspor, dari PNBP dikumpulkan dengan cara yang tidak mudah kemudian belanjanya belanja produk impor. bodoh sekali kita. maaf. kita ini pintar-pintar, tapi kalau caranya seperti ini bodoh sekali kita. saya harus ngomong apa adanya," katanya dalam pembukaan Rakornaswasin BPKP, Selasa (14/6/2022).

Baca artikel selengkapnya di sini


2. Eril Anak Ridwan Kamil Dimakamkan, Erick Thohir Unggah Pesan Haru

6 Potret Lokasi Pemakaman Eril Putra Sulung Ridwan Kamil, Ramai Pelayat Berdatangan
Perbesar
6 Potret Lokasi Pemakaman Eril Putra Sulung Ridwan Kamil, Ramai Pelayat Berdatangan (Sumber: Kapanlagi.com)

Pemakaman almarhum Emmeril Kahn Mumtadz putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah berlangsung pada Senin (14/6/2022).  Berbagai doa dan harapan datang untuk Eril, anak Ridwan Kamil ini. 

Salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir, yang beberapa kali terlihat aktif menyampaikan doa dan ucapan bela sungkawa kepada Ridwan Kamil dan keluarga sang Gubernur, atas berpulangnya armahum Eril.

Dalam sebuah unggahan di Instagram, Erick Thohir membagikan potret dirinya mengunjungi Ridwan Kamil, di sela-sela momen menjelang pemakaman.

Baca artikel selengkapnya di sini


3. Shopee Dikabarkan Bakal PHK Karyawan Besar-besaran di Asia Tenggara

Produk penjual paling banyak dicari.
Perbesar
Keuntungan didapatkan oleh para penjual ketika kampanye Shopee Bog Ramadan Sale 2022 berlangsung.

Platform e-commerce ternama di Asia Tenggara, Shopee dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah staf karena berusaha merasionalisasi bisnis e-commerce.  Kabar tersebut pertama kali datang dari media ekonomi yang berbasis di Singapura, DealStreetAsia.

Dilansir Nikkei Asia, Selasa (14/6/2022) keterangan sebuah sumber menyebutkan bahwa pemutusan hubungan kerja (PHK) akan berdampak pada karyawan  di beberapa negara termasuk Indonesia, Thailand dan Vietnam.

Perusahaan e-commerce itu juga dikatakan telah mengirim email kepada karyawan yang terkena PHK, sumber tersebut menambahkan.

Baca artikel selengkapnya di sini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya