Sukses

Ketahui Bocoran Isi Tes Digital Mindset & Behaviour dalam Rekrutmen Telkom

Ketahui berbagai informasi tentang tes digital mindset behaviour yang menjadi salah satu tahap dalam rekrutmen Telkom.

Liputan6.com, Jakarta - Telkom Indonesia menjadi salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ikut membuka lowongan dalam program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Dalam tahap ketiga Rekrutmen Bersama BUMN 2022, perusahaan plat merah ini juga menggelar TKB (Tes Kemampuan Bidang).

Telkom, melalui unggahannya di akun Instagram @livingintelkom pada Senin (14/6) mengatakan bahwa TKB tahap 1 Telkom digelar pada 13-14 Juni 2022 secara online.

Online tes ini terdiri dari tes wawasan kebangsaan, bahasa Inggris, tes bidang, dan digital mindset behaviour.

Berlanjut pada 16-23 Juni 2022, Telkom menggelar TKB Tahap 2 atau Assessment Day yang terdiri dari psikotes, panel interview, dan digital technical skill test.

Untuk Digital Talent Readiness, terdapat dua hal yang akan dinilai, yaitu digital mindset & behaviour yang akan dilakukan oleh seluruh kandidat dan Digital technical skill test yang hanya diwajibkan untuk kandidat yang memilih Digital connectivity, Digital Service, dan Digital Platform.

Telkom menjelaskan, tes digital mindset & behaviour bertujuan untuk mengukur kesiapan dari segi mindset (pola pikir) dan behaviour (sikap), untuk bekerja di perusahaan telekomunikasi digital.

Adapun aspek yang diukur adalah: fostering teamwork, agility, data-drivenness, communication, customer centric, digital literacy, critical thinking, dan open-minded.

Sementara tes digital technical skill bertujuan untuk memastikan seseorang memiliki kemampuan teknis digital yang dibutuhkan untuk mendukung pengembang produk.

Aspek yang diukur dalam tes digital technical skill meliputi kemampuan kognitif dan penyelesaian kasus sesuai domain pekerjaan.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Life at Telkom Indonesia (@livingintelkom)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Digital Talent Readiness dalam TKB Telkom

Adapun digital talent readiness, yang merupakan bagian dari langkah perusahaan untuk mengetahui kemampuan kandidat mengenai dunia atau cara kerja digital.

Dalam hal ini, materi digital talent readiness kemungkinan ingin mengetahui kecapakan dan kesiapan kandidat mengenai dunia digital. Hal ini tentu disesuaikan dengan posisi yang dilamar seorang kandidat.

Lewat tahapan ini, perusahaan tentu ingin mengetahui apakah kandidat tersebut sesuai dengan kebutuhan. Terlebih, Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi harus terus berkembang seiring perkembangan dunia teknologi dan digital.

3 dari 4 halaman

11 Lowongan Telkom di Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Telkom membuka 11 bidang pekerjaan untuk 250 posisi. Sebagai informasi, bidang-bidang yang dibuka dalam seleksi rekrutmen Telkom kali ini adalah

  • Digital Connectivity
  • Digital Platform and IT
  • Digital Service
  • Sales
  • Customer Engagement
  • Business Strategy and Development
  • Legal and Compliance
  • Internal Audit
  • Finance
  • Human Capital
  • General Affairs and Support

Nantinya, kandidat yang berhasil lolos akan menjadi karyawan tetap di perusahaan.

Selain itu, mereka juga akan menjadi bagian dari program on-boarding karyawan baru di Telkom, yakni Great People Trainee Program (GPTP) angkatan ke-15

Sebagai informasi, hasil pengumuman Rekrutmen Bersama BUMN 2022 untuk TKD dan Core Values BUMN telah keluar sejak Kamis, (9/6/2022). Informasi tersebut bisa diakses di link https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

4 dari 4 halaman

Sederet Fakta Rencana Telkom Bangun Data Center di Ibu Kota Negara Nusantara

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom mengungkapkan pihaknya berencana terus mengembangkan bisnis data center perusahaan.

Ibu Kota Negara baru di Kalimantan, Nusantara menjadi salah satu lokasi yang diminati Telkom untuk pembangunan data center.

Sebelum IKN baru di Kalimantan, Telkom sudah memiliki data center di Cikarang, Jawa Barat.

"Telkom mempertimbangkan bikin data center di Batam, IKN, juga Sulawesi kemudian di Manado," kata Direktur Utama atau CEO Telkom Group, Ririek Adriansyah di Sleman, Yogyakarta saat FGD dengan media, dikutip Selasa (14/6/2022). 

Berikut adalah sederet fakta tentang rencana Telkom membangun data center di Ibu Kota Negara baru Nusantara :

 

Masih dalam tahap kajian

Ririek Adriansyah mengatakan, rencana pembangunan data center di IKN masih tahap kajian, termasuk perihal nilai investasi maupun kapasitas yang akan dibangun.

Telkom pun terus berkomunikasi intensif dengan Badan Otorita Ibu Kota Nusantara dalam mematangkan rencana ini.

 

Data center Telkom untuk mendukung teknologi informasi di IKN Nusantara

Menurut Ririek, jika pembangunan data center akan mendukung keberadaan IKN dari sisi teknologi informasi. Di mana, IKN dibangun berkonsep smart city.

"Kalau berapanya (investasi dan kapasitas data center) kita belum sampai ke sana. Lokasinya juga belum tahu, tapi kita terus menjalin komunikasi dengan Badan Otoritas IKN," lanjutnya.

 

Batam dan Manado Juga Jadi Pilihan Lokasi Data Center Telkom

Selain di IKN, dua lokasi lain yang jadi pilihan pembangunan data center Telkom adalah Manado dan Batam.

Pemilihan kedua wilayah itu dengan mempertimbangkan beberapa hal. Batam disebut berdekatan dengan negara tetangga Singapura, menjadi lokasi potensial.

Kemudian Manado, terkait dengan posisinya di wilayah paling utara Indonesia yang bisa menjadi pintu ke negara lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.