Inilah 20 Wanita Terkuat di Indonesia versi Fortune

Oleh Arief Rahman Hakim pada 13 Jun 2022, 10:16 WIB
Diperbarui 13 Jun 2022, 10:16 WIB
Most Powerful Women 2022 atau daftar perempuan 'terkuat' versi Fortune Indonesia.
Perbesar
Most Powerful Women 2022 atau daftar perempuan 'terkuat' versi Fortune Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Untuk pertama kalinya, Fortune Indonesia merilis tajuk utama Most Powerful Women. Di tengah isu bias gender, para perempuan pilihan Fortune Indonesia ini mampu menjadi sosok yang kuat, bahkan berperan penting untuk melawan isu tersebut melalui pencapaian dan prestasinya.

Seperti diketahui, perhatian dunia bisnis terus mengarah kepada sebuah isu lama yang tak kunjung terselesaikan yaitu kesetaraan gender. Walau terlihat sederhana tapi lain bagi yangmenjalaninya.

Tak dipungkiri bahwa kesempatan, fasilitas, jenjang karier antarakaum laki-laki dan perempuan di dunia kerja kerap berbeda.

Ketika Fortune Indonesia mengamati satu per satu siapa saja CEO perempuan di dalam daftar Fortune Indonesia 100 tahun lalu, hasilnya cukup mencengangkan, hanya ada 5 perusahaan di Indonesia kala itu yang dipimpin oleh seorang perempuan.

"Dan, ternyata fenomena ini juga terjadi pada daftar Fortune 500 tahun lalu, hanya ada 4 persen, meski telah menjadi 5 persen pada list Fortune 500 tahun ini," dikutip dari keterangan tertulis Fortune Indonesia, Senin (13/6/2022).

Walau banyak riset yang menyebutkan pentingnya kontribusi perempuan dalam dunia bisnis seperti tambahan USD 13 triliun terhadap PDB dunia hingga 2030 menurut McKinsey Global Institute Report atau fakta bahwa 53,76 persen UMKM di Indonesia dimiliki kaum perempuan, harus diakui belum semua perusahaan di negeri ini menjalaninya dengan seksama.

Masih ada, bahkan banyak, perseroan di Indonesia yang enggan memasukkan kaum perempuan dalam jajaran eksekutif, apa pun alasannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sejumlah Indikator

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Dok. DJP)
Perbesar
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Dok. DJP)

Ada beberapa indikator dalam menentukan daftar perempuan 'terkuat' versi Fortune Indonesia ini, sepertibesarnya pengaruh, perubahan, dan dampak yang dihasilkan olehnya bersama perusahaan, arah serta tujuan kepemimpinan yang jelas, performa dari bisnis atau lembaganya, perjalanan karier yang cemerlang, dan lainnya.

Hasilnya? Banyak keputusan penting dalam perekonomian Indonesia—termasukpemerintahan dan politik—yang sebenarnya dikendalikan oleh kaum perempuan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati misalnya. Perempuan kelahiran Bandar Lampung yang dijuluki bendahara negara ini berperan penting dalam menentukan semua anggaran untuk kementerian dan lembaga yang ada di Indonesia.

Berbagai kebijakannya pun berperan besar dalam perekonomian negeri ini, termasuk urusan pajak. Selain itu, ada pula nama Megawati Soekarnoputri, yang merupakan pemimpin partai politik terbesar di Indonesia.

Ada pula nama Alexandra Askandar, Handayani, atau Vera Eve Lim yang merupakan direksi dari tiga bank terbesar di Indonesia (Bank Mandiri, BRI, BCA) hingga Nurhayati Subakat serta Kartini Muljadi, pebisnis yang berhasil mendirikan perusahaan yang mampu meraksasa dan menjadi pemimpin disektornya masing-masing.

 

 

 

 


Bawa Perubahan

Urutan ke-16 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia, Nicke Widyawati Dirut Pertamina yang Membanggakan Indonesia
Perbesar
Fortune menobatkan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati sebagai Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia (Most Powerful Women International) 2020. (Foto:Dok.Pertamina)

Permasalahan gender bukan hanya terjadi di Indonesia namun juga dunia. Dan, ke- 20 perempuan yang masuk dalam Fortune Indonesia Most Powerful Women2022 ini telah menjadi kekuatan untuk membawa perubahan besar yangdidambakan dunia bisnis dan seluruh masyarakat yang ada di dalamnya:kesetaraan dan kesempatan yang sama bagi siapa saja.

“Mereka secara langsung dan tak langsung menjadi perwakilan untuk mewujudkan cita-cita itu karena berada di dalam ring kepemimpinan, yang bisamenentukan arah perubahan,” kata Winston Utomo, CEO & Founder IDN Media.

Hendra Soeprajitno, Pemimpin Redaksi Fortune Indonesia menambahkan bahwa20 perempuan yang masuk dalam Fortune Indonesia Most Powerful Women 2022ini disusun bukan berdasarkan pemeringkatan.

“Semuanya memiliki kekuatan,prestasi, dan manifestasi di bidangnya masing-masing. Mereka memberikan dampak positif ke masyarakat dengan caranya masing-masing,” katanya.

 

 

 


Daftar Lengkap

PDIP Luncurkan Atribut Milenial
Perbesar
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memberi sambutan saat peluncuran Atribut Milenial di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (20/9). Peluncuran Atribut Milenial untuk kampanye Pemilu 2019 ini diperagakan langsung oleh para kader. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Berikut daftar Fortune Indonesia Most Powerful Women 2022:

1. Megawati Soekarnoputri, Presiden RI Ke-5 & Ketua Umum PDI-P

2. Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri RI

3. Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan R

I4. Tri Rismaharini, Menteri Sosial RI

5. Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur

6. Mari Elka Pangestu, Managing Director World Bank

7. Alissa Wahid Aktivis, Psikolog, Dan Ketua Tanfidziyah PBNU

8. Najwa Shihab, Jurnalis & Founder Narasi

9. Nurhayati Subakat, Pendiri Paragon Technology and Innovation

10. Shinta Widjaja Kamdani, CEO Sintesa Group

11. Kartini Muljadi, Pendiri Tempo Scan Pacific

12. Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina

13. Ira Noviarti, Presiden Direktur Unilever Indonesia

14. Febriany Eddy, CEO & Presiden Direktur Vale Indonesia

15. Dian Andyasuri, Presiden Direktur & Country Chair Shell Indonesia

16. Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia

17. Phillia Wibowo, Managing Partner Mckinsey & Company, Indonesia

18. Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri

19. Handayani, Direktur Bisnis Konsumer Bank Rakyat Indonesia

20. Vera Eve Lim, Direktur Keuangan Bank Central Asia

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya