Sukses

Harga Pangan Dunia Melonjak, Beras Juga Bakal Lebih Mahal

Sejumlah pengamat memprediksi harga pangan di sebagian besar negara Asia, salah satunya nasi, bisa naik.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya di Indonesia, harga bahan pangan di sejumlah negara di dunia telah menunjukkan kenaikan dalam beberapa bulan terakhir.

Pengamat industri melihat, harga pangan di sebagian besar negara Asia, salah satunya nasi, bisa ikut naik.

Sejumlah faktor, termasuk kenaikan biaya pupuk dan energi tahun lalu serta perang Rusia-Ukraina mendorong naiknya harga banyak makanan, mulai dari gandum dan biji-bijian lainnya hingga daging dan minyak goreng.

Di tambah lagi, beberapa waktu lalu terjadi larangan ekspor makanan atau gangguan serius termasuk dari India (gandum), Ukraina (gandum, oat dan gula, antara lain) dan Indonesia (minyak sawit).

Dilansir dari CNBC International, Senin (13/6/2022) indeks Harga Pangan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) sudah menunjukkan harga beras internasional merangkak naik untuk bulan kelima berturut-turut, dan mencapai level tertinggi dalam 12 bulan, menurut data terbaru pada bulan Mei 2022.

Yang pasti, para ahli menyebut, produksi beras masih melimpah.

Indeks harga pangan PBB juga menunjukkan harga pangan sekarang 75 persen di atas tingkat pra-pandemi, kata Frederique Carrier, direktur pelaksana dan kepala strategi investasi untuk RBC Wealth Management.

"Kekurangan tenaga kerja terkait pandemi dan invasi Rusia di Ukraina telah memperburuk situasi dengan membatasi pasokan makanan dan mendorong harga energi lebih jauh lagi," tulisnya dalam laporan bulan Juni 2022.

Kepala ekonom di bank Jepang Nomura, Sonal Varma juga mengatakan, kenaikan harga gandum dan biaya pertanian yang umumnya lebih tinggi, akan membuat harga beras layak untuk dipantau.

"Kita perlu memantau harga beras ke depan, karena kenaikan harga gandum dapat menyebabkan beberapa substitusi terhadap beras, meningkatkan permintaan dan menurunkan stok yang ada"  kata Sonal Varma.

Langkah-langkah proteksionis “sebenarnya memperburuk tekanan harga di tingkat global karena berbagai alasan," ungkapnya kepada 'Street Signs Asia' CNBC.

Sonal Varma menambahkan, biaya pakan dan pupuk untuk pertanian juga sudah meningkat, dan harga energi menambah biaya pengiriman.

"Jadi ada risiko bahwa kita melihat lebih banyak proteksionisme dari negara-negara," sebutnya.

Namun demikian, dia menyatakan bahwa risiko terhadap ketersediaan beras masih rendah karena persediaan beras global cukup dan panen di India diperkirakan akan berlangsung baik pada musim panas ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Thailand dan Vietnam Bakal Naikan Harga Ekspor Beras

Perang Rusia-Ukraina telah menaikkan harga gandum, dengan kedua negara yang merupakan pengekspor utama bahan makanan tersebut.

Harga gandum telah melonjak lebih dari 50 persen sejak setahun lalu.

Pada Senin pekan lalu saja, harga gandum melonjak 4 persen setelah militer Rusia menghancurkan salah satu terminal ekspor gandum terbesar di Ukraina, menurut laporan kantor berita Reuters, mengutip pihak berwenang Ukraina.

Sementara di Asia Tenggara, Thailand dan Vietnam sedang dalam pembicaraan mengenai kesepakatan untuk meningkatkan harga ekspor beras mereka, menurut informasi dari seorang pejabat pemerintah Thailand pada akhir Mei 2022.

Empat eksportir mengatakan kepada kantor berita itu bahwa pedagang beras telah membeli lebih banyak beras India dalam dua pekan terakhir, menurut laporan per 6 Juni.

"Saat ini, saya akan jauh lebih khawatir dengan India yang memberlakukan larangan ekspor beras dalam beberapa pekan mendatang – karena mereka memikirkan setelah gandum dan gula," kata David Laborde, peneliti senior di International Food Policy Research Institute kepada CNBC.

3 dari 3 halaman

Kenaikan Harga Lebih Baik daripada Larangan Ekspor ?

India dan China adalah dua produsen beras terbesar dunia, menyumbang lebih dari setengah dari total global, menurut Forum Ekonomi Dunia.

Vietnam adalah yang terbesar kelima, sementara Thailand di posisi keenam.

India memberlakukan larangan ekspor gandum pada Mei 2022, dengan alasan kebutuhan "untuk mengelola keamanan pangan negara secara keseluruhan."

Tak lama setelah larangan itu, India juga memberlakukan pembatasan ekspr gula.

Tetapi David Laborde mengatakan bahwa kenaikan harga akan jauh lebih baik daripada larangan ekspor apa pun.

"Kita harus benar-benar membedakan antara kenaikan harga yang mengkompensasi biaya yang lebih tinggi dan akan menguntungkan petani (dan membantu mereka berproduksi), daripada larangan ekspor yang mendorong harga di pasar dunia tetapi mendorong harga turun di pasar domestik," katanya.

Sedangkan menurut Nafees Meah, perwakilan regional untuk Asia Selatan di International Rice Research Institute, menambahkan bahwa biaya energi, yang telah meningkat secara global, merupakan bagian besar dari biaya produksi beras.

"Jadi ada argumen untuk mengatakan … jika pasar menunjukkan kenaikan harga, mengapa petani tidak diuntungkan dari kenaikan harga?" ujar Nafees kepada CNBC Squawk Box Asia.

Namun kenaikan harga beras akan berdampak buruk bagi banyak orang di Asia, yang merupakan konsumen bahan utama makanan tersebut.

"Jadi di kawasan Asia Tenggara Pasifik, negara-negara seperti Timor Leste, Laos, Kamboja dan tentu saja, negara-negara seperti Indonesia, yang populasinya sangat besar, dan banyak di antaranya rawan pangan akan sangat terpengaruh jika harga terus berlanjut. untuk bangkit dan bertahan di level yang sangat tinggi ini," kata Nafees.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.