Sukses

Erick Thohir Ikut Serahkan Jenazah Eril, Doakan Keluarga Ridwan Kamil

Menteri BUMN, Erick Thohir turut menghadiri proses penyerahan enazah almarhum Emmeril Kahn Mumtadz dari pemerintah ke pihak keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN, Erick Thohir turut menghadiri proses penyerahan enazah almarhum Emmeril Kahn Mumtadz dari pemerintah ke pihak keluarga.

Erick Thohir mendoakan agar keluarga besar Ridwan Kamil diberikan kesabaran dan keikhlasan yang seluas-luasnya.

Proses penyerahan dari pemerintah ke pihak keluarga ini selain dihadiri Erick juga tampak Menteri koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi, Menteri Sekretaris Kabinet Pratikno dan Menteri UMKM, Teten Masduki.

"Atas nama pribadi, sekali lagi saya menyampaikan rasa duka mendalam kepada keluarga besar Kang Emil, sekaligus mendoakan agar diberikan Allah kesabaran dan keikhlasan seluas-luasnya dalam menerima ujian ini. Pemerintah telah memberikan dukungan dan bantuan dalam proses kepulangan jenazah sehingga bisa kembali ke tengah-tengah keluarga hingga proses pemakaman besok, Insya Allah berjalan lancar," ujar Erick Thohir di ruang kargo Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Minggu (12/6/2022).

Selain menyerahkan kepada keluarga Gubernur Jawa Barat, Erick juga ikut mensholatkan jenazah bersama para menteri dan jamaah yang hadir.

Prosesi serah terima jenazah Eril ini merupakan prosedur standar bila ada WNI yang meninggal di luar negeri dan dipulangkan ke tanah air. Proses ini juga dibantu Kementerian Luar Negeri dan KBRI di Swiss.

Menurut rencana, jenazah yang akan didampingi Gubernur Jawa Barat dan sang istri serta saudara Eril dan sanak kerabat akan diberangkatkan ke Bandung pada pukul 17.00 Wib melalui jalur darat. Jenazah akan disemayamkan di gedung Pakuan Bandung, untuk disholatkan jenazah oleh keluarga dan warga yang ikut bersimpati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Tiba di Gedung Pakuan Bandung

Jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril tiba di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat. Jenazah Eril tiba pukul 20.00 WIB, Minggu (12/6/2022).

Begitu tiba, jenazah disambut oleh dua nenek Eril dari kedua orangtuanya Ridwan Kamil dan Atalia Praratya yang telah menunggu, Minggu (12/6/2022).

Eril akan disemayamkan di ruang utama Gedung Pakuan Bandung.

Sebelumnya, rombongan pertama tiba di Gedung Pakuan Bandung pukul 19.15 WIB.

Jenazah Eril dibawa ke Bandung via darat setelah dipulangkan dari Swiss. Ridwan Kamil, istri dan putrinya mendampingi Eril di mobil jenazah. 

Eril dipulangkan ke Tanah Air melalui Cargo Jenazah atau human remains transit lounge di Terminal Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Sebelumnya, adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, pun meminta maaf kepada masyarakat. Sebab, kata dia, pelaksanaan penjemputan hingga pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz, akan mengganggu kegiatan masyarakat.

"Mohon maaf apabila nanti pada pelaksanaannya ada kegiatan warga yang terdampak, baik sisi traffic maupun dari sisi situasi di lokasi," ujar Elpi, di Cargo Jenazah Soetta, Minggu (12/6/2022).

3 dari 3 halaman

Didampingi Orangtua dan Adik di Mobil Jenazah

Jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, langsung dibawa ke Bandung, Jawa Barat usai administrasi serah terima di Cargo Jenazah atau human remains transit lounge di Terminal Bandara Internasional Soekarno Hatta selesai. Jenazah Eril dibawa pulang ke Bandung menggunakan mobil jenazah atau via darat.

Jenazah Eril diangkut menggunakan mobil jenazah berwarna silver yang dihiasi rangkaian bunga berwarna putih, Minggu (12/6/2022) sore.

Kedua orangtuanya, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, beserta sang adik Camillia Azzahra, turut mendampingi jenazah Eril di mobil jenazah, dalam perjalanan menuju Bandung.

Pantauan Liputan6.com, Ridwan Kamil dan Atalia menyapa jurnalis di Cargo Jenazah untuk mengucapkan terima kasih kepada masyarakat. Keduanya lalu membungkuk.

Mereka lalu menuju ke mobil jenazah usai mengucapkan rasa syukurnya.

Baik Ridwan Kamil, Atalia, maupun Azzahra kompak mengenakan busana serba hitam pada prosesi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.