Sukses

Erick Thohir Ingin Jadikan Jawa Barat Pusat Kreatif dan Festival

Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri Telkomsel Fest 2022 yang diadakan di Lapangan Brigif Manunggal Kujang II, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri Telkomsel Fest 2022 yang diadakan di Lapangan Brigif Manunggal Kujang II, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/6/2022).

Di sana, Erick Thohir menyatakan rasa salutnya atas kemeriahan industri kreatif dan panggung festival yang tumbuh di Jawa Barat.

Bahkan daerah yang kerap menjadi tren setter perkembangan seni musik dan hiburan ini akan terus didorong untuk menjadi pusat kreatif dan festival di Indonesia.

Di depan para penonton yang berjumlah 30 ribu dan mayoritas milenial tersebut, Erick ikut bernyanyi bersama para penghibur seperti Denny Caknan, Gangga, Noah, Bunga Citra Lestari, Fiersa Besari, Prince Husein dan lain-lain.

"Saya apresiasi Telkomsel yang gelar festival musik ini untuk para pelanggan. Dan kita saksikan, bagaimana 30 ribu penonton milenial nyanyi bareng. Saya rasa Jawa Barat pantas jadi pusat kreatif dan festival di tanah air. Warganya menikmati sajian musik tanpa batas. Bahkan Denny Caknan yang nyanyi dengan bahasa Jawa, tapi semua penonton yang mayoritas Sunda ikut nyanyi. Inilah Indonesia," ujar Erick Thohir, Minggu (12/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Erick juga menyerukan solidaritas kepada kaum muda yang menjadi harapan bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Generasi penerus yang akan menjadi pemimpin masa depan diharapkan punya semangat merebut semua peluang sehingga Indonesia akan sukses dan mandiri.

"Momen nyanyi bareng ini harus dimanfaatkan agar kebersamaan yang muncul makin memperkuat solidaritas antar kaum muda. Ayo, terus jaga kebersamaan dan saya akan terus dorong kegiatan seperti ini agar industri kreatif kita maju," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beri Hadiah Deny Caknan Sepeda Listrik

Dalam festival itu, Erick secara khusus memberi kejutan kepada penyanyi Denny Caknan berupa hadiah sepeda listrik. Video lagu “SATRU 2” milik Denny berhasil tembus 23 juta views di Youtube sejak diluncurkan empat bulan silam.

"Saya sudah janji ke Denny Caknan, dan ternyata memang penggemarnya luar biasa. Ini membuktikan bahwa pasar dalam negeri kita sangat besar dan peluang itu harus dimanfaatkan serta direbut generasi muda yang bergerak di industri hiburan. Kita harus jadikan Indonesia sebagai pop culture country," ujarnya menambahkan.

Telkomsel Fest 2022 yang bermula di kota Bandung hingga besok, Minggu (12/6), selanjutnya akan digelar secara serentak di kota Palembang (Palembang Square Mall), Surabaya (Tunjungan Plaza), dan Makassar (Trans Studio Makassar) pada 17 hingga 19 Juni 2022.

3 dari 4 halaman

Erick Thohir: Transformasi BUMN Sukses Tidak Tergantung Sama Saya

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan keberhasilan transformasi BUMN bukan akibat perannya seorang. Ia menyebut itu ada peran sebuah tim secara keseluruhan.

Berbagai jenis transformasi digalakkan oleh Erick sejak ia menjabat. Mulai dari digitalisasi berbagai model bisnis, hingga menggabungkan sejumlah BUMN.

"Kalau BUMN hanya tergantung dengan seorang Erick Thohir tidak mungkin kita membenahi BUMN," katanya mengutip unggahan di Instagram @erickthohir, Minggu (12/6/2022).

"Yang jumlahnya 108 (perusahaan) sekarang dikecilkan menjadi 41 (perusahaan)," tambahnya.

Ini jadi perhatiannya dalam memimpin Kementerian BUMN. Menggabungkan sejumlah perusahaan pelat merah yang memiliki orientasi dan jenis usaha yang sama.

Lebih jauh, ia berharap, melalui transformasi yang ia lakukan, BUMN bisa cakap menghadapi perubahan.

"Transformasi BUMN harus terjadi di semua lini, untuk menghadapi perubahan dunia saat ini. Transformasi bisnis model, pembentukan tim dan SOP, serta menetapkan KPI, inilah fokus BUMN saat ini," terang Erick.

Melalui peleburan perusahaan yang dilakukan Erick, ada sejumlah hasil yang dipetik. Yakni, adanya peningkatan pendapatan.

"Yang tadinya labanya hanya Rp 13 trilun, sekarang labanya Rp 126 triliun," kata dia.

"Artinya apa? Kesuksesan itu karena sebuah tim, leadership yang bersma-sama," tegasnya.

4 dari 4 halaman

Harapannya

Diketahui, Erick memyampaikannya dalam acara rangkaian dari peringataj HUT ke-50 Tahun Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Ia pun berharap Hipmi bisa menjalankan transformasi kedepannya.

"Saya berharap di ulang tahun ke 50 ini, spirit transformasi juga terus dijalankan @bpphipmi, agar dapat menjadi penggerak utama pembangunan menuju Indonesia emas 2045," terangnya.

Erick Thohir jadi salah satu pejabat negara yang sebelumnya bergabung di organisasi Hipmi menjadi ketua bidang. Ada Menteri Imvestasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangam Muhammad Lutfi, hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang sama-sama pernah bergabung di Hipmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.