Bertemu Ridwan Kamil di Swiss, Menaker Sampaikan Dukacita hingga Tahlil Bersama untuk Eril

Oleh Tira Santia pada 11 Jun 2022, 18:39 WIB
Diperbarui 11 Jun 2022, 18:39 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab dipanggil Eril.
Perbesar
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab dipanggil Eril.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab dipanggil Eril.

Ungkapan dukacita disampaikan secara langsung oleh Menaker kepada Gubernur Ridwan Kamil saat keduanya bertemu di Kantor KBRI di Kota Bern, Swiss pada Jumat (10/6/2022). Menaker bertemu Ridwan Kamil di sela-sela dirinya melakukan kunjungan kerja di Kota Bern, Swiss.

"Saya sangat berduka atas meninggalnya ananda Eril, putra Kang Ridwan Kamil. Semoga Eril mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah, dan Kang Ridwan Kamil beserta keluarga diberi ketabahan," kata Menaker.

Saat di Kantor KBRI, Menaker bersama Ridwan Kamil, rombongan dari Kementerian Ketenagakerjaan, dan para pegawai KBRI melakukan salat gaib untuk Eril. Salat gaib dipimpin oleh Ridwan Kamil.

Seusai melaksanakan salat gaib, Menaker dan Ridwan Kamil bersama-sama mengunjungi Sungai Aare, sebuah lokasi yang menjadi tempat hilangnya Eril.

Tiba di sungai Aare, Menaker dan Ridwan Kamil berjalan ke sisi sungai, kemudian berhenti di sebuah pohon yang dijadikan sebagai penanda untuk mengenang Eril.

Setelah itu, mereka mengitari sungai dan jembatan sambil berbincang-bincang tentang kronologi hilangnya Eril di sungai yang memiliki sebutan Sungai Hijau Tosca itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Eril Akan Dimakamkan di Cimaung, Kampung Halaman Atalia

Unggahan Ridwan Kamil soal permakaman Eril. (Foto: Dok. Instagram @ridwankamil)
Perbesar
Unggahan Ridwan Kamil soal permakaman Eril. (Foto: Dok. Instagram @ridwankamil)

Sebelumnya, Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan dimakamkan di pemakaman milik keluarga yang berada di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Ridwan Kamil sudah menyiapkan rumah terakhir bagi Eril di kampung halaman ibundanya atau Atalia Praratya.

Dalam akun media sosial Instagramnya, Ridwan Kamil mengatakan bahwa Eril akan dibawa ke Tanah Air menuju tempat peristirahatan terakhir sang putra.

“Dear Eril/ Saatnya kamu pulang ke negeri untaian doa. Ke negeri para Wali yang salah satunya adalah leluhurmu,” tulis Ridwan Kamil dalam unggahan di akun @ridwankamil, Sabtu (11/6/2022).

Pria yang akrab disapa Emil itu pun lantas mengungkapkan ada sebuah tempat istimewa yang telah ia siapkan untuk memakamkan Eril.

“Dear Eril. Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah. Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai,” tuturnya.

Emil mengungkapkan, almarhum Eril rencananya akan dimakamkan di di kampung halaman ibundanya, Atalia Praratya. Bahkan, rencananya Ridwan Kamil akan membuat Islamic Centre di lokasi tersebut

“Dear Eril. Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, masjid ini dinamai seperti namamu, Masjid Al Mumtadz tang artinya “terbaik”,” ujar Emil.

““Terbaik” adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu,” kata Emil menambahkan.

Dalam unggahannya di Instagramnya, Emil menampilkan video singkat terkait ilustrasi masjid. Eks Wali Kota Bandung itu pun mengungkapkan akan bertolak ke Indonesia dalam waktu dekat.

“Eril, today is Saturday. It is a good day to go home,” kata Emil.

Eril dinyatakan hilang di Sungai Aare, Swiss pada Kamis (26/5/2022). Selama hampir dua minggu pencarian, jasadnya akhirnya ditemukan pada Rabu (8/6/2022).

Jenazah Eril rencananya kembali ke Indonesia pada akhir pekan ini. Kemudian, jenazah Eril akan dimakamkan pada Senin (13/6/2022).

 


Kemlu: Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Diberangkatkan dari Bern Sabtu 11 Juni Sore

5 Potret Desain Makam Eril, Dibuat Langsung oleh Ridwan Kamil
Perbesar
Desain makam Eril (Sumber: Instagram/ridwankamil)

Jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah ditemukan setelah upaya pencarian dilakukan selama 14 hari. Selanjutnya, pihak Kementerian Luar Negeri melalui KBRI Bern melakukan koordinasi terkait pemulangan ke Tanah Air. 

Proses pencarian hingga pemulangan ke Tanah Air terus dipantau oleh Kementerian Luar Negeri RI. 

"Ibu Menlu terus melakukan komunikasi dengan Dubes RI di Bern dan tim serta mengkoordinasikan tim yang ada di Jakarta," ujar Joedha Nugraha, Direktur Perlindungan WNI dalam press briefing, Sabtu (11/6/2022). 

"Dari waktu ke waktu Ibu Menlu juga terus melakukan komunikasi dengan Bapak Gubernur Ridwan Kamil," tambahnya. 

Sejak jasad Eril ditemukan pada 8 Juni lalu, langkah-langkah repatriasi yang dilakukan oleh KBRI Bern adalah pengurusan keputusan pengadilan kantor Bern untuk izin serah terima jenazah, kemudian melakukan death certificate dengan otoritas setempat, melakukan penerbitan surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh KBRI Bern kemudian melakukan pemulasaran jenazah sesuai syariat Islam hingga pemetian jenazah sesuai dengan standar penerbangan. 

Rencananya, jenazah Eril akan diterbangkan dalam satu pesawat dengan sang ayah, Gubernur Ridwan Kamil beserta keluarganya. 

"Saat ini informasi yang kami dapat dari KBRI Bern, Bapak Ridwan Kamil didampingi pejabat KBRI Bern telah berada di Bandara Zurich dan direncanakan akan take-off pada pukul 10.10 menit waktu setempat atau pukul 15.10 menit WIB," tambah Joedha. 

Ridwan Kamil dan jenazah Eril (Emmeril Kahn Mumtadz) direncanakan akan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (12/6) pukul 14.45 WIB. 

Selanjutnya, jenazah langsung akan dibawa ke Bandung melalui jalur darat.


Diperintah Langsung oleh Presiden Jokowi

Emmeril Kahn Mumtadz
Perbesar
Warga mendatangi Gedung Pakuan, Kota Bandung, tempat berlangsungnya takziah untuk Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Sabtu (4/5/2022). (Foto: Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Luar Negeri dan Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad agar membantu kepulangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang meninggal dunia di Sungai Aare, Bern, Swiss.

“Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri dan kepada duta besar untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia dan kita harapkan Insyaallah bisa segera terlaksana pemulangan jenazahnya,” kata Presiden di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Jumat, dikutip Antara.

Presiden sebelumnya sudah berkomunikasi dengan Ridwan Kamil dan menyampaikan dukacita yang mendalam atas wafatnya Eril.

“Dua hari yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita yang mendalam, Alhamdulillah sudah ditemukan,” ujar Presiden Jokowi.

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad sebelumnya mengumumkan Jasad Emmeril Kahn Mumtadz telah ditemukan pada Rabu (8/6) waktu setempat, berdasarkan keterangan dari Kepolisian Kanton Bern. 

Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya