Citilink Buka Rute Internasional ke Penang dan Dili Pakai Pesawat Airbus A320

Oleh Arief Rahman Hakim pada 10 Jun 2022, 20:20 WIB
Diperbarui 10 Jun 2022, 20:21 WIB
Pesawat Citilink Indonesia. (Dok Citilink)
Perbesar
Pesawat Citilink Indonesia. (Dok Citilink)

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai penerbangan Citilink Indonesia membuka dua rute penerbangan internasional. Yakni, rute Medan-Penang pp. dan rute Denpasar-Dili pp. Citilink membuka rute baru Medan-Penang Malaysia per 10 Juni 2022. Sementara, rute Denpasar-Dili merupakan pengaktifan kembali operasional.

Pembukaan kedua rute internasional pulang-pergi ini diharapkan mamou mendukung pemulihan sektor pariwisata dan bisnis nasional.

Direktur Utama Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai mengatakan bahwa saat ini baik Indonesia dan Malaysia sama-sama telah memasuki periode transisi pandemi menuju ke endemi. Serta kedua negara telah memberlakukan kebijakan bebas karantina bagi wisatawan mancanegara.

"Terlebih Medan merupakan pintu gerbang Indonesia bagian Barat dan menjadi salah satu kota dengan perekonomian terbesar di Indonesia yang memiliki potensi ekonomi perdagangan dan jasa yang besar," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (10/6/2022).

Sementara Penang dikenal sebagai kota yang memiliki potensi wisata budaya dan sejarah yang menarik dan juga wisata medis yang banyak diminati oleh wisatawan mancanegara.

Citilink juga telah mengoperasikan kembali penerbangan internasional rute Denpasar – Dili pp. dengan harapan untuk dapat memberikan kemudahan bagi para pelaku perjalanan bisnis maupun pariwisata.

“Kami berharap ini dapat menjadi awal yang baik untuk pembukaan kembali rute internasional Citilink serta dapat berkontribusi dalam pemulihan sektor ekonomi maupun pariwisata antar negara,” tutup Dewa.

Informasi, penerbangan rute Medan – Penang pp. akan beroperasi setiap hari. Sedangkan rute Denpasar – Dili pp. akan beroperasi setiap hari Senin dan Jumat. Keduanya akan terbang menggunakan pesawat Airbus A320.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jadwal Terbang

Pesawat Citilink Indonesia. (Dok Citilink)
Perbesar
Pesawat Citilink Indonesia. (Dok Citilink)

Terkait rincian jadwal terbang, rute Medan-Penang akan dilayani nomor penerbangan QG 514 dengan estimasi keberangkatan pukul 16.40 waktu setempat dan estimasi tiba pukul 18.40 waktu setempat.

Sementara, rute Penang-Medan akan dilayani nomor penerbangan QG 515 dengan estimasi keberangkatan pukul 19.50 waktu setempat dan estimasi tiba pukul 19.55 waktu setempat.

Kemudian, rute Denpasar-Dili akan dilayani nomor penerbangan QG 500 dengan estimasi berangkat pukul 9.25 waktu setempat dan estimasi tiba pukul 12.20 waktu setempat.

Sementara, rute Dili-Denpasar akan dilayani nomor penerbangan QG 501 dengan estimasi berangkat pukul 13.20 waktu setempat dan estimasi tiba 14.10 waktu setempat.

"Citilink senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh lini operasional penerbangannya, baik dari pre-, in-, hingga post-flight dengan mengacu pada ketentuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah untuk dapat memastikan seluruh penerbangan berjalan secara optimal dengan tetap memprioritaskan kesehatan, keamanan dan kenyamanan bagi seluruh pelanggan," tutupnya.

 


Tambah Tiga Penerbangan dari Bandara Kualanamu

Citilink menambah tiga penerbangan domestik dari Bandara Kualanamu Medan. Diantaranya Medan - Banda Aceh, Medan - Gunungsitoli, dan Medan - Sibolga. (Dok Citilink)
Perbesar
Citilink menambah tiga penerbangan domestik dari Bandara Kualanamu Medan. Diantaranya Medan - Banda Aceh, Medan - Gunungsitoli, dan Medan - Sibolga. (Dok Citilink)

Sebelumnya, Citilink menambah tiga penerbangan domestik dari Bandara Kualanamu Medan. Tiga rute baru tersebut adalah Medan - Banda Aceh, Medan - Gunungsitoli, dan Medan - Sibolga.

Citilink meyalani penerbangan pulang-pergi untuk ketiga rute tersebut. Rute Medan - Banda Aceh dan Medan - Gunungsitoli beroperasi perdana pada 20 Mei 2022. Sementara, untik rute Medan - Sibolga akan dimulai pada 23 Mei 2022 mendatang.

"Penerbangan ini merupakan bagian dari rencana perusahaan untuk mengembangkan Medan sebagai hub Citilink untuk memperkuat konektivitas penerbangan di Barat Indonesia," kata Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai dalam keterangan resmi, Jumat (20/5/2022).

Terlebih wilayah Medan memiliki letak geografis yang strategis berdekatan dengan pusat perekonomian Asia seperti Kuala Lumpur dan Singapura. Serta merupakan pintu gerbang wilayah Barat Indonesia sehingga diharapkan akan semakin menarik minat masyarakat untuk menerbangi rute ini.

Dewa menjelaskan dengan adanya rute ini akan meningkatkan aksesibilitas transportasi intra Sumatera khususnya transportasi udara. Sehingga perjalanan dapat dilakukan dengan waktu tempuh yang lebih singkat dan efisien.

Penerbangan rute Medan -- Banda Aceh pp. dan Medan -- Gunungsitoli pp. akan beroperasi setiap hari, sedangkan rute Medan -- Sibolga pp. akan beroperasi setiap hari Senin dan Rabu dengan menggunakan pesawat ATR 72-600.

Dewa menyebut Citilink senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh lini operasional penerbangannya. Baik dari pre-, in-, hingga post-flight dengan mengacu pada ketentuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Langkah ini untuk memastikan seluruh penerbangan berjalan secara optimal dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keamanan serta layanan terbaik bagi seluruh pelanggan.

 


Jadwal Terbang

Pesawat Citilink Indonesia. (Dok Citilink)
Perbesar
Pesawat Citilink Indonesia. (Dok Citilink)

Rinciannya, rute Medan (Kualanamu) -- Gunungsitoli dengan nomor penerbangan QG 1910 diestimasikan berangkat pukul 07.00 WIB dan tiba 08:15 WIB.

Sementara, Gunungsitoli -- Medan (Kualanamu) dengan nomor penerbangan QG 1911 diestimasikan berangkat pukul 08.40 WIB dan tiba pukul 09:55 WIB.

Medan (Kualanamu) -- Sibolga dengan nomor penerbangan QG 1922 diestimasikan berangkat pukul 10.20 WIB dan tiba pukul 11:25 WIB.

Rute Sibolga -- Medan (Kualanamu) dengan nomor penerbangan QG 1923 diestimasikan berangkat pukul 11.50 WIB dan tiba pukul 13:05 WIB.

Medan (Kualanamu) -- Gunungsitoli dengan nomor penerbangan QG 1912 diestimasikan berangkat pukul 10:20 WIB dan tiba pukul 11:35 WIB.

Gunungsitoli -- Medan (Kualanamu) dengan nomor penerbangan QG 1913 diestimasikan berangkat pukul 12:00 WIB dan tiba 13:15 WIB.

Medan (Kualanamu) -- Banda Aceh dengan nomor penerbangan QG 1946 diestimasikan berangkat pukul 13:40 WIB dan tiba pukul 15:15 WIB.

Banda Aceh -- Medan (Kualanamu) dengan nomor penerbangan QG 1947 diestimasikan berangkat pukul 15:40 WIB dan tiba 17:15 WIB.

Infografis Harga Tiket Pesawat Bakal Turun?
Perbesar
Infografis Harga Tiket Pesawat Bakal Turun? (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya