Sukses

Ketua Umum HIPMI: Perjalanan Erick Thohir Bisa Jadi Motivasi Bagi Pengusaha Muda

Menteri BUMN Erick Thohir pernah menempati posisi ketua bidang di organisasi pengusaha muda atau Hipmi. Selain itu juga ada nama-nama beberapa menteri lain.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani H Maming menyebut Erick Thohir bisa jadi contoh bagi kader HIPMI. Misalnya dalam perjalanan karir dari seorang pengusaha hingga menduduki posisi menteri.

Diketahui, Erick Thohir pernah menempati posisi ketua bidang di organisasi pengusaha muda yang telah berusia 50 tahun itu. Selain Erick, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi juga pernah menjabat di HIPMI. Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga lahir dari HIPMI.

"Bagi yang belum pernah menjadi ketua umum jangan kecil hati jadi menteri, Bang Erick ini dari ketua bidang asal bagus main goyangnya bisa juga jadi menteri," katanya dalam Peringatan HUT ke-50 Tahun HIPMI, Jumat (10/6/2022).

Berkaca pada sejumlah tokoh yang muncul dari HIPMI, Mardani ingin tren itu bisa dilanjutkan. Ia meminta kader-kader HIPMI selanjutnya bisa lahir menjadi pemimpin masa depan.

"HIPMI akan jadi barometer 2024, siapapun yang jadi pemimpin di masa depan, saya yakin tak lepas dari kader-kader HIPMI," katanya tegas.

Ia menyebut, organisasi ini tak hanya mewadahi tokoh pengusaha saja. Tapi juga membangun insan-insan yang bakal menjadi pemimpin.

"HIMPI adalah kader yang dipersiapkan bukan entrepreneur tapi kader HIPMI jadi pemimpin masa depan. Saya sudah sampaikan ada 4 menteri, Bang Bahlil Menteri Investasi, yang melahirkan produk (kebijakan) siapapun investasi ke daerah, mewajibkan 10 persen ke pengusaha daerah," paparnya.

Ia meyakini, jika kebijakan serupa bisa berjalan di kementerian lain yang dipimpin kader HIPMI, akan berdampak ke pengusaha daerah juga.

"Tak mungkin pengusaha daerah bisa bersaing dengan perusahaan asing dengan dana dan teknologi yang lebih siap, maka diperlukan intervensi pemerintah," katanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kendala Pengusaha Muda

Lebih lanjut, Mardani menyampaikan ada sejumlah masalah bagi lahirnya pengusaha muda baru. Diantaranya terkait memperoleh pembiayaan.

"Masalah peebankan, baru lulus kuliah, S1, S2, pergi ke perbankan untuk pinjam Rp 1 miliar, tapi ditanya apakah punya aset Rp 1 miliar, gimana kita anak muda bisa menjadi pengusaha," katanya.

"Anak muda modalnya bukan aset, tapi usaha dan pendidikan, saya mau ada regulasi yang diatur dimana anak muda S1 cukup berikan ijazah sebagai jaminan ke perbankan dan dia bisa memulai menjadi pengusaha muda," paparnya.

 

3 dari 3 halaman

Ketum HIPMI ke Jokowi

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani H Maming mengatakan, organisasinya akan menjadi barometer di 2024.

Dia meyakini siapa pun pemimpin Indonesia di masa mendatang, tidak akan lepas dari kader-kader HIPMI.

Hal ini disampaikannya dalam Perayaan 50 tahun HIPMI di JCC Senayan Jakarta, Jumat (10/6/2022). Acara ini turut dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

"Tapi kalau bisa Pak Jokowi jangan cepat-cepat meninggalkan kita," kata Maming saat menyampaikan sambutan sebagaimana disiarkan secara virtual, Jumat.

Dia mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi merupakan keluarga HIPMI. Untuk itu, dia menekankan HIPMI akan mendukung dan mengikuti apa pun kebijakan Jokowi di 2024.

"Saya harus memberi keyakinan kepada Bapak Presiden Joko Widodo, beliau adalah keluarga HIPMI, beliau adalah Presiden HIPMI pertama. Apa pun kebijakan beliau di 2024, kita keluarga Hipmi siap mendukung dan mengikuti apa petunjuk beliau," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.