Sukses

Ini Dia 10 Kota Termahal di Dunia pada 2022

Penentuan kota termahal di dunia ini berdasarkan beberapa faktor, termasuk harga rata-rata kebutuhan rumah tangga.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu perusahaan mobilitas global ECA International telah merilis daftar kota termahal di dunia 2022. Kira-kira, kota mana yang paling mahal di tahun ini?

Tidak disangka, Hong Kong ternyata masih berada di urutan teratas dari daftar termahal di dunia.

Perusahaan tersebut telah menghitung berdasarkan beberapa faktor, termasuk harga rata-rata kebutuhan rumah tangga, seperti susu dan minyak goreng, sewa, utilitas, angkutan umum dan kekuatan mata uang lokal.

Jadi bisa dikatakan bahwa 2022 menjadi tahun ketiga bagi Hong Kong secara berturut-turut menjadi kota termahal di dunia dalam indeks ECA. Indeks tersebut secara khusus berfokus pada pekerja asing dan ekspatriat dalam peringkat mereka.

Kota di Asia Mendominasi

Melansir CNN, Jumat (10/6/2022), di tahun ini, Asia menjadi benua paling mahal karena lima kotanya masuk dalam daftar. Kelima kota yang masuk 10 besar tersebut antara lain Hong Kong, Tokyo, Shanghai, Guangzhou, dan Seoul.

Adapun beberapa regulator termasuk Timur Tengah di Asia. Dalam hal itu, Tel Aviv yang berada di posisi keenam juga diperhitungkan terhadap total Asia.

Di samping itu, Asia juga mengklaim kehormatan karena telah menjadi rumah bagi kota dengan pertumbuhan tercepat dari daftar keseluruhan. Salah satunya Kolombo, kota metropolitan utama Sri Lanka, yang melonjak 23 peringkat dari 162 menjadi 149.

Lee Quane, direktur regional ECA untuk Asia menjelaskan alasan meningkatnya kehadiran China daratan pada indeks tersebut.

"Mayoritas kota-kota Cina daratan di peringkat kami memiliki tingkat inflasi yang lebih tinggi daripada yang biasa kita lihat, tetapi mereka biasanya masih lebih rendah daripada di tempat lain di Asia," kata Quane dalam sebuah pernyataan. "Oleh karena itu, alasan utama kenaikan peringkat mereka adalah berlanjutnya kekuatan yuan China terhadap mata uang utama lainnya."

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Kota Termahal di Dunia 2022

 

Lantas, kota mana saja yang peringkatnya menurun dari tahun-tahun sebelumnya?

Sebagai informasi, Paris yang telah menduduki puncak daftar ECA di masa lalu bahkan terhempas dari 30 besar. Madrid, Roma dan Brussels semuanya juga tidak masuk dalam daftar.

"Hampir setiap kota besar di zona euro mengalami penurunan peringkat tahun ini karena kinerja euro lebih buruk dalam 12 bulan terakhir daripada dolar AS dan pound Inggris," jelas Quane.

Faktor eksternal, seperti politik dan konflik internasional juga berperan. Invasi Rusia ke Ukraina dan sanksi yang menyertainya ditempatkan oleh banyak negara membuat Moskow berada di tempat ke-62 dan St Petersburg di urutan ke-147.

Sementara untuk kota termahal di Eropa adalah Jenewa, Swiss, yang berada di urutan ketiga setelah Hong Kong dan Kota New York. Swiss menggunakan franc Swiss, bukan euro.

Adanya pandemi virus corona, tentu saja, berperan dalam rantai pasokan global dan faktor ekonomi lainnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Peringkat Lainnya

ECA International bukan satu-satunya perusahaan yang memberi peringkat kota-kota di dunia berdasarkan ekonomi.

Economist Intelligence Unit (EIU) yang berbasis di London pun merilis indeks Biaya Hidup Sedunia setiap bulan Desember. Pada tahun 2021, Tel Aviv menjadi tempat tinggal paling mahal, dengan Paris dan Singapura berada di urutan kedua.

Hong Kong berada di posisi kelima, di belakang Zurich. Pada tahun 2020, Hong Kong, Zurich, dan Paris semuanya menjadi nomor satu.

Di samping itu, harga barang sehari-hari, seperti bahan makanan dan bahan bakar juga digunakan sebagai indikator untuk menentukan peringkat. Namun, EIU mengaitkan angkanya dengan dolar AS sehingga ekonomi yang melakukan hal yang sama, seperti Hong Kong, kemungkinan besar akan mendapat peringkat tinggi.

Either way, terlepas dari urutan kota terdaftar pada indeks yang berbeda, jelas bahwa kota-kota Asia, Eropa dan Amerika Utara jauh lebih mahal untuk ditinggali daripada kota lain di Afrika dan Amerika Selatan.

Lantas, mana saja kota termahal di dunia 2022? Berikut rinciannya.

1. Hongkong

2. New York

3. Jenewa

4. London

5. Tokyo

6. Tel Aviv

7. Zürich

8. Shanghai

9. Guangzhou

10. Seoul

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.