Malaysia Buka Kesempatan Kerja bagi SDM Perhotelan RI

Oleh Liputan6.com pada 09 Jun 2022, 18:10 WIB
Diperbarui 09 Jun 2022, 23:21 WIB
Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Bisa Langsung Datang ke Hotel, Asal...
Perbesar
Ilustrasi kamar isolasi mandiri pasien Covid-19 tanpa gejala di hotel. (dok. Biro Komunikasi Kemenparekraf/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan Penyedia Jasa Vokasi Perhotelan dan Kuliner, PT IDEA Indonesia Tbk berkolaborasi dengan World Skill Academy (WSA) Malaysia dalam membuka lapangan pekerja di luar negeri. Perjanjian keduanya mencakup tiga poin utama.

Pertama, IDEA Indonesia bekerjasama dengan WSA Malaysia dalam penempatan lulusan untuk mendapat pengalaman kerja internasional di hotel dan restoran ternama di Malaysia, Australia dan Eropa.

Kedua, IDEA Indonesia bekerja sama dengan WSA Malaysia untuk mendapat peserta didik dari luar negeri yang ingin mendapat pengalaman kerja di hotel-hotel bintang 5 ternama di Indonesia. Ketiga, IDEA Indonesia akan menerapkan kurikulum internasional American Hospitality Academy untuk meningkatkan kualitas lulusan program IDEA.  

Direktur Utama IDEA Indonesia, Eko Desriyanto mengatakan, kerja sama ini akan membuka akses lebih luas bagi peserta Program Persiapan Penempatan Kerja IDEA Indonesia untuk mendapat penempatan dan pengalaman kerja internasional, khususnya di Malaysia, Australia dan Eropa dengan resmi, aman, dan efisien.

"Kerja sama ini akan meningkatkan kualitas program Persiapan Penempatan Kerja IDEA Indonesia dengan mengadopsi kurikulum American Hospitality Academy (AHA) dalam proses pelatihan. Transfer of competency dari WSA Malaysia kepada mentor dan peserta program IDEA Indonesia diharapkan terwujud dengan kerjasama ini," papar Eko di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Seperti diketahui, negara-negara Asia Tenggara, khususnya Malaysia sedang memerlukan banyak sekali tenaga hospitality professional (interns) untuk mengisi kekurangan SDM perhotelan karena rebound pariwisata pasca-pandemi Covid-19. Hal ini merupakan peluang besar bagi hotelier Indonesia untuk mengembangkan karier di luar negeri, baik di hotel maupun kapal pesiar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kurang Percaya Diri

Ilustrasi hotel
Perbesar
Ilustrasi hotel (dok.unsplash/ reisetopia)

Namun karena tidak memiliki sertifikasi dan pengalaman internasional, hotelier Indonesia kurang percaya diri untuk bersaing di luar negeri.

"Sementara itu persaingan bursa kerja di dalam negeri terus meningkat. Dengan memiliki pengalaman dan kualifikasi internasional akan menjadi added value untuk memenangkan persaingan di bursa kerja, baik di dalam maupun luar negeri. Maka kerja sama antara IDEA Indonesia dan WSA Malaysia ini menjadi langkah yang sangat strategis untuk menangkap peluang berkarier di luar negeri bagi hotelier Indonesia" tutur Eko.

Dengan demikian kerja sama antara IDEA Indonesia dan WSA Malaysia ini akan memberi keuntungan bagi kedua belah pihak, yaitu terbukanya jalur penempatan kerja dua arah. Keuntungan lainnya bagi IDEA Indonesia adalah potensi mendapatkan peserta didik dari luar negeri untuk belajar dan bekerja di Indonesia.

"Kerja sama ini akan meningkatan kualitas dan kuantitas insan hospitality dengan kualifikasi, sertifikasi dan pengalaman internasional," kata Eko.

Eko Desriyanto menyambut antusias dan optimis kerja sama ini memberi kemajuan bagi industri hospitality khususnya di Indonesia dan Malaysia. Kerja sama ini menjadi langkah strategis dan penting dari rencana internasionalisasi Program Persiapan Penempatan Kerja IDEA Indonesia.

"Dalam jangka panjang kerjasama ini berpeluang memudahkan ribuan lulusan IDEA Indonesia mendapat pengalaman kerja di luar negeri, baik di Asia, Australia, hingga Eropa," ujarnya.

 


Penempatan di Luar Negeri

Setelah penandatanganan kerjasama ini IDEA Indonesia akan segera menerapkan kurikulum international dari American Hospitality Academy dalam program hospitality dan culinary di IDEA Indonesia. IDEA juga menargetkan 70 persen lulusan Program Persiapan Kerja IDEA Indonesia mendapatkan penempatan kerja di luar negeri.

Lembaga pendidikan vokasi WSA Malaysia merupakan lembaga pelatihan kerja yang memiliki reputasi baik di Malaysia. Terbukti, lembaga ini sudah belasan tahun mendapat kepercayaan dari American Hospitality Academy sebagai perwakilan resmi di Asia Tenggara, dan lulusannya dapat bekerja di berbagai negara di seluruh dunia.

"Kerja sama dengan WSA Malaysia tidak sekadar menambah portofolio kerja sama internasional IDEA Indonesia, tapi juga akan menambah kepercayaan industri hospitality dunia terhadap hotelier Indonesia," tutur Eko.

Reporter: Idris Rusadi Putra

Sumber: Merdeka.com

Infografis Tarif Kamar Hotel Karantina Mandiri
Perbesar
Infografis Tarif Kamar Hotel Karantina Mandiri (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya