Sukses

Anak Muda yang Bermimpi Ubah Dunia, Begini Pesan Presiden Joe Biden buat Kalian

Biden mengatakan bahwa angkatan 2022 bisa mengubah dunia karena kemampuan yang terbukti untuk menavigasi ketidakpastian.

Liputan6.com, Jakarta Meski masa selama dua tahun terakhir terasa sulit bagi hampir semua orang. Presiden Amerika Serikat Joe Biden melihat ada hikmah yang bisa dipetik khususnya bagi lulusan perguruan tinggi baru-baru ini.

Berkesempatan saat menyampaikan pidato di upacara pembukaan Akademi Angkatan Laut di Annapolis pada hari Jumat, Presiden AS ini mengatakan bahwa angkatan 2022 bisa mengubah dunia karena kemampuan yang terbukti untuk menavigasi ketidakpastian.

“Anda menghadapi tantangan tambahan untuk mempertahankan rasa misi dan komunitas dan tujuan ketika pandemi global memaksa … secara harfiah segalanya berubah,” tuturnya seperti dilansir CNBC, Selasa (7/6/2022).

Khususnya kemampuan beradaptasi yang mempersiapkan lulusan baru untuk membuat keputusan yang masuk akal dan terinformasi di “dunia yang tidak pasti,” tambahnya.

Dia pun mencatat bahwa pilihan yang dibuat para pemimpin akan segera menjadi “lebih penting daripada sebelumnya”.

“Anda lulus pada titik belok, tidak hanya dalam sejarah Amerika, tetapi juga dalam sejarah dunia,” kata Biden. “Hal-hal berubah begitu cepat sehingga 10 tahun ke depan akan menjadi dekade yang menentukan abad ini karena mereka akan membentuk seperti apa dunia kita dan nilai-nilai yang akan memandunya — tidak hanya dalam waktu dekat, tetapi untuk generasi ke generasi. Dating,” ujarnya.

Selain kemampuan beradaptasi, Biden menggarisbawahi rasa hormat dan inklusivitas sebagai sifat kepemimpinan yang penting bagi kaum muda untuk bersandar. Dengan alasan bahwa mereka sangat berharga saat ini karena dunia sedang menyelaraskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Di Masa Lalu

Kata Biden, Di masa lalu, negara-negara bersekutu dengan negara lain berdasarkan geografi dan konflik. Akan tetapi sekarang, itu tergantung pada nilai-nilai, terutama yang memprioritaskan orang daripada kekuasaan.

“Kita hidup melalui perjuangan global antara otokrasi dan demokrasi,” kata Biden. “Itulah yang membuat Anda lulus ke ... dunia yang lebih dari sebelumnya membutuhkan kepemimpinan Amerika yang kuat, kepala sekolah, dan terlibat. Di mana Amerika memimpin tidak hanya dengan contoh kekuatannya, tetapi kekuatan teladannya,” sambungnya.

Presiden mengakui bahwa angkatan 2022 juga menghadapi tantangan yang lebih berat daripada kebanyakan angkatan yang lulus sebelumnya — termasuk gejolak ekonomi, konflik internasional, dan jumlah korban pandemi yang belum terhitung.

Namun, keterampilan kepemimpinan yang telah mereka pelajari, bahkan tanpa disadari, dapat memberi mereka kapasitas yang lebih baik. Pada akhirnya itulah yang dijadikan sebagai bekal untuk mengubah dunia menjadi lebih baik di tahun-tahun mendatang.

“Tidak ada generasi lulusan yang dapat memilih dunia apa yang akan mereka … akan mereka masuki,” kata Biden. “Itu sudah dibentuk untukmu, tetapi kamu harus mengubahnya.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

3 dari 4 halaman

Temui Joe Biden, BTS Pidato dalam Konferensi Pers di Gedung Putih

Boy band Korea Selatan BTS bertemu dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih pada Selasa (31 Mei) untuk membahas kejahatan rasial yang menargetkan orang Asia.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Rabu (1/6/2022), bintang K-pop membuat pernyataan singkat kepada wartawan sebelum pertemuan, menyerukan penghentian kejahatan yang menargetkan orang Asia-Amerika.

"Kami hancur oleh gelombang kejahatan kebencian baru-baru ini, termasuk kejahatan kebencian Asia-Amerika," kata salah satu anggota, Park Ji-min, lebih dikenal sebagai Jimin, melalui seorang penerjemah. 

"Untuk menghentikan ini dan mendukung tujuan ini, kami ingin mengambil kesempatan ini untuk menyuarakan diri kami sekali lagi."

Anggota lain, Suga, menyerukan toleransi, dengan mengatakan, "Tidak salah menjadi berbeda. Saya pikir kesetaraan dimulai ketika kita terbuka dan merangkul semua perbedaan kita."

Pertemuan itu terjadi ketika bulan Asia-Amerika dan Penduduk Asli Hawaii/Kepulauan Pasifik di bulan Mei hampir berakhir menyusul peningkatan tajam dalam kejahatan rasial terhadap komunitas pada tahun lalu.

Serangan terhadap orang-orang keturunan Asia telah meningkat karena beberapa politisi dan pakar mendorong orang Amerika untuk menyalahkan China atas COVID-19.

Anggota kelompok tidak menerima pertanyaan dari wartawan sebelum melakukan pertemuan dengan Biden dan, menurut Gedung Putih, merekam "konten digital".

 

 

4 dari 4 halaman

Disambut Army

Di luar halaman mansion di sisi lain pagar hitam yang tinggi, para penggemar yang menyebut diri mereka "Army" berkumpul dengan harapan bisa melihat sekilas.

Penampilan singkat di hadapan para jurnalis itu sendiri dilaporkan mengumpulkan lebih dari 300.000 pemirsa di saluran YouTube Gedung Putih, lebih dari 10 kali jumlah penonton yang muncul pada acara di ruang pengarahan.

Itu tentu saja sesuatu yang baru bagi penasihat kebijakan ekonomi Brian Deese, yang telah dijadwalkan untuk memberi penjelasan singkat kepada wartawan tentang perjuangan Biden melawan inflasi AS tepat setelah kelompok itu pergi.

"Saya harus pulang dan memberi tahu anak-anak saya bahwa BTS terbuka untuk saya," katanya sambil tertawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.