Sukses

Mobil Aston Martin DB5 Milik Aktor ‘James Bond’ Sean Connery Dijual, Laku Rp 26 Miliar

Aston Martin memproduksi kurang dari 1.100 model DB5, menjadikan model tersebut sebagai kendaraan yang langka dan dicari.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu mobil pribadi milik mantan aktor James Bond Sean Conery Aston Martin DB5 berencana akan dijual. Menurut Broad Arrow Auctions Detroit, harga diperkirakan laku antara USD 1,4 hingga 1,8 juta.

Sean Conery yang meninggal pada tahun 2020 sempat berperan sebagai mata-mata super Inggris James Bond dalam tujuh film antara tahun 1962 dan 1983. Aston Martin DB5, mobil sport mewah yang dibuat oleh pembuat mobil Inggris antara tahun 1963 dan 1965, adalah model mobil yang paling terkait dengan karakter Bond tersebut. Itu muncul dalam delapan film Bond, dimulai dengan Connery pada tahun 1964 “Goldfinger”.

Aston Martin memproduksi kurang dari 1.100 model DB5, menjadikan model tersebut sebagai kendaraan yang langka dan dicari. Fakta bahwa mobil khusus ini dimiliki oleh mendiang aktor Skotlandia itu membuatnya semakin langka dan berharga.

Connery tidak mengendarai Aston Martin DB5 khusus ini dalam film Bond mana pun - kendaraan yang digunakan untuk syuting film biasanya sarat dengan alat peraga, tetapi dia membeli mobil versinya sendiri dan senang mengendarainya, menurut putranya.

“Ayah sering berbicara tentang DB5 sendiri, tanpa alasan lain selain dia menyukai mobil itu, dan saya pikir jika dipikir-pikir itu memang mewakili sesuatu dalam hidupnya yang unik dan mengabadikan momen pada waktunya,” kata Jason Connery dalam sebuah pernyataan dilansir dari CNBC, Selasa (7/6/2022).

Mobil yang digambarkan Broad Arrow sebagai “kondisi yang sangat rapi”, dicat dengan warna Snow Shadow Grey agar sesuai dengan yang dikendarai oleh Bond di layar lebar.

“Dibalut bodywork ‘saloon’ aluminium oleh rumah desain Milan, Carrozzeria Touring, sasis Aston Martin no. DB5/1681/R gemerlap dalam Snow Shadow Grey di atas kulit Connolly merah,” kata rumah lelang tersebut.

Menurut Broad Arrow, pemenang tender juga akan menerima sesi mengemudi di dalam mobil dengan teman lama Connery, pembalap F1 World Championship Sir Jackie Stewart.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Lain

Sementara itu, mobil James Bond sebenarnya telah cukup menguntungkan jika lelang selama dekade terakhir. Pada tahun 2019, Aston Martin DB5 1965 yang digunakan dalam pembuatan film film Bond 1965 “Thunderball” - dilengkapi dengan senapan mesin caliber, 30 Browning di spatbornya - dijual seharga USD 6,4 juta, menurut Sotheby’s.

Pada tahun 2013, Miliarder Tesla CEO Elon Musk bahkan membayar hampir USD 1 juta untuk mobil sport Lotus Esprit 1976 yang digunakan dalam pembuatan film James Bond 1977 “The Spy Who Loved Me”. Secara khusus, Musk mengatakan bahwa desain unik mobil mempengaruhi estetika Cybertruck Tesla.

Terkait pelelangan ini, keluarga Connery menambahkan bahwa “sebagian besar” dari hasil penjualan akan disumbangkan ke Sean Connery Philanthropy Fund dari mendiang aktor.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.