Sukses

Episode Hotel Beri Pengalaman Budaya Baduy dan Cina Peranakan ke Tamu

Angkat kebudayaan asli Baduy dan Cina Peranakan Tangerang, Episode Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, resmi beroperasi sepenuhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Angkat kebudayaan asli Baduy dan Cina Peranakan Tangerang, Episode Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, resmi beroperasi sepenuhnya. Tingkat okupansi kamar pun terus meningkat pasca-pandemi Covid-19.

"Saat soft opening Januari lalu, kami hanya mengoperasikan 50 persen dari jumlah kamar yang tersedia 320 kamar di Episode Hotel. Mulai hari ini, kami fungsikan seluruhnya," ujar Venny Fransisca Hermawan, selaku CEO JHL Group and JHL Collection, Minggu (5/6/2022).

Menurut Venny, hotel berbintang empat ini bukan sekedar mengambil budaya Baduy dan Peranakan khas Tangerang sebagai tema hotel. Melainkan sebanyak 320 kamarnya dibuat bernuansa Baduy dan Cina Peranakan.

Mulai dari kain tenun yang didatangkan langsung dari pengrajin asal Baduy, Lebak, Provinsi Banten. Hingga perpaduan warna interior kamar yang dibuat perpaduan antara kedua budaya tersebut.

Sementara, menurut Megawati selaku Direktur Episode Hotel Gading Serpong, kedua budaya tersebut bukan sekedar jadi tema, melainkan jadi identitas hotel.

"Dari awal hotel berdiri, komitmen kami menggali kearifan lokal dan mengangkat budaya dimana Episode berdiri. Karena ini di Tangerang Banten, maka budaya Baduy dan Peranakan ini yang menjadi identitas budaya Banten," ungkap Megawati.

Sehingga, manajemen pun sempat ke Baduy untuk memborong kerajinan tangan penduduk lokal seperti kain tenun motif khas Baduy yang dijadikan interior setiap kamar. Begitu juga dengan seragam karyawan yang juga mengangkat tema kebudayaan yang sama.

"Kedepannya, kami berencana membawa alat tenun asli Baduy, kemudian beberapa waktu bisa mengadakan showcase dari pengrajin tenun langsung dari sana. Untuk kuliner pun, kami memiliki minuman khas Baduy yang diracik dari sari Nila," tutur Megawati.

Sehingga, tiap tamu yang hadir terutama pendatang dari luar wilayah Banten, bisa ikut merasakan kehangatan kearifan lokal. Begitu juga sebaliknya, diharapkan dengan mengangkat budaya Baduy dan Cina Peranakan, mampu mengangkat ekonomi UMKM setempat.

Sementara, dalam grand opening sendiri, pengelola hotel pun menghadirkan peragaan busana yang menggunakan kain asal Baduy karya Adrie Basuki. Juga pameran poto yang memperlihatkan budaya Baduy serta Cina Peranakan karya Pewarta Foto Indonesia (PFI) Tangerang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Pesan Tiket Hotel Biar Murah

Di akhir pekan, tidak sedikit orang merencanakan perjalanan untuk liburan. Terlebih ketika libur panjang, banyak orang menginginkan pergi ke tempat yang jauh dari rumah sehingga harus memesan tiket hotel untuk menginap.

Bahkan sekitar 50 persen milenial dan Gen Z berencana melakukan perjalanan internasional pada tahun 2022, menurut perkiraan Travel Value Index tahun 2022 Expedia.

Namun sayangnya, terjadinya inflasi baru-baru ini mungkin menyebabkan perjalanan terhambat. Salah satunya bisa menyebabkan harga hotel mahal.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir. Jika Anda ingin memaksimalkan anggaran perjalanan, aturan utama perjalanan biasanya adalah merencanakan perjalanan dari jauh-jauh hari.

Misalnya, tiket penerbangan. Biasanya semakin awal memesan, semakin banyak uang yang akan Anda hemat.

Namun, hal itu berbeda dengan pemesanan hotel atau Airbnb yang mungkin tidak jelas seberapa jauh Anda harus memesan kamar untuk mendapatkan kesepakatan terbaik.

Akan tetapi, satu tips yang bisa Anda lakukan yaitu bila Anda fleksibel, mau menunggu atau santai dengan perencanaan perjalanan, Anda bisa menghemat penginapan dengan memesan di menit terakhir.

Melansir CNBC, Sabtu (21/5/2022), jumlah waktu yang ideal untuk memesan kamar hotel adalah 15 hari sebelum perjalanan Anda, menurut studi NerdWallet tahun 2021 .

 

3 dari 3 halaman

Ada Risiko

Melihat lebih dari 2.500 tarif kamar hotel antara 2019 dan 2021, NerdWallet menemukan tarif sekitar 13 persen lebih murah ketika dipesan 15 hari sebelumnya dibandingkan empat bulan sebelumnya.

Rata-rata, wisatawan bisa menghemat sekitar USD 30 per malam dengan memesan di menit terakhir. Penghematan bahkan lebih tinggi untuk hotel mewah, sekitar 22 persen lebih murah bila dipesan 15 hari.

Namun, jika Anda ingin bepergian ke tujuan yang cukup populer atau selama musim perjalanan yang sibuk, Anda berisiko tidak mendapatkan hotel pilihan Anda. Anda mungkin akan mendapatkan hotel yang jauh dari tujuan Anda.

Tetapi dengan harga perjalanan yang meroket, memesan hotel pada waktu yang tepat dapat menghemat uang saku Anda selama sisa perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.