Status Pencarian Eril Anak Ridwan Kamil Jadi Orang Tenggelam, MUI Jawa Barat Beri Saran Ini

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 03 Jun 2022, 12:40 WIB
Diperbarui 03 Jun 2022, 12:40 WIB
Surat dari MUI Jawa Barat terkait Eril anak Ridwan Kamil yang hilang di Swiss. (Foto: Dok. Twitter @malarea)
Perbesar
Surat dari MUI Jawa Barat terkait Eril anak Ridwan Kamil yang hilang di Swiss. (Foto: Dok. Twitter @malarea)

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz, anak Ridwan Kamil, sang Gubernur Jawa Barat, masuk ke babak baru. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss mengabarkan bahwa otoritas setempat mengubah status pencarian Emmeril Kahn Mumtadz dari mencari orang yang hilang (missing person) menjadi status mencari orang yang tenggelam (drowned person).

Diketahui bahwa pencarian anak Ridwan Kamil yang kerap disapa Eril tersebut telah memasuki satu pekan sejak hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis lalu (26/5/2022).

Surat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat pada 2 Juni 2022, yang ditandatangani Ketua Umum Prof. Dr. KH. Rachmat Syafei, Lc, MA., membahas perubahan status pencarian Eril dari orang hilang menjadi orang tenggelam. 

Karena perubahan status itu, MUI Jawa Barat mengimbau umat Muslim Indonesia melakukan salat gaib pada Jumat (3/6/2022). Surat MUI Jawa Barat ini diunggah akun Twitter @malarea.

Dalam surat itu, dalam pernyataan sebelumnya disebutkan juga bahwa pihak Ridwan Kamil beserta isteri sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa putra mereka, Emmeril Kahn Mumtadz sudah meninggal dunia karena tenggelam.

MUI Jawa Barat dalam surat tersebut melanjutkan, karena jenazah tidak/ belum ditemukan, maka salat jenazah dilakukan dengan cara salat gaib.

“Kepada seluruh masyarakat Muslim untuk melakukan salat gaib atas almarhum Emmeril Kahn Mumtadz pada hari Jumat, 3 Juni 2022 di setiap masjid/ musala, bisa dilakukan sebelum salat Jumat. Bisa juga dilakukan bada salat Jumat," imbau MUI Jawa Barat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pencarian Eril Anak Ridwan Kamil Berlanjut Melalui Patroli Darat Hingga Drone

Menyusul Hilangnya Eril, Presiden Jokowi Telepon Ridwan Kamil Sampaikan Empati
Perbesar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memantau pencarian anak sulungnya di Sungai Aare Kota Bern, Swiss. (Sumber Foto: Kemenlu RI)

Kedutaan Besar RI di Bern pada Kamis (2/6) mengatakan bahwa pencarian Eril dilanjutkan dengan mengerahkan patroli darat, patroli perahu, dan penerbangan drone.

Penyelam tidak dapat dikerahkan karena pertimbangan derasnya arus Sungai Aare hari ini, kata KBRI Bern dalam siaran persnya, dikutip Jumat (3/6/2022). 

Fokus pencarian Eril adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde, serta patroli di area antara Schwellenmaetelli hingga Wohlensee.

KBRI Bern juga mengungkapkan, upaya pencarian intensif akan terus dilanjutkan Jumat hari ini (3/6/2022) dengan tambahan dukungan anjing pelacak.

Hingga Rabu petang (1/6), orang tua Eril kembali menyempatkan untuk menyusuri tepian sungai Aare untuk memeriksa tempat-tempat yang potensial dalam proses pencarian hingga ke beberapa rute perjalanan baik darat maupun perairan yang dapat ditempuh secara aman, jelas KBRI Bern.

Kemudian pada Kamis sore (2/6), Ridwan Kamil dan keluarga kembali ke Indonesia untuk menjalankan tugas sebagai Gubernur Jawa Barat.

Dengan demikian, pemantauan upaya pencarian, koordinasi dengan KBRI Bern, dan komunikasi dengan otoritas Swiss akan terus dilanjutkan oleh Paman Eril, yakni Elpi Nazmuzaman beserta wakil keluarga yang telah tiba di Bern pada hari Rabu kemarin (1/6).

Sebagai informasi, KBRI Bern mendapatkan kabar hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada Kamis lalu (26/5) pkl. 11.24.

Menurut penjelasan Kepolisian kala itu, Eril mengalami situasi darurat pada saat berenang. 


Pesan Menyentuh Istri Ridwan Kamil Atalia Buat Sang Putra Eril Saat Harus Kembali ke Indonesia

Atalia Praratya dan Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)
Perbesar
Atalia Praratya dan Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)

Pesan haru diungkapkan istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya, kepada sang putra Emmeril Kahn Mumtadz, yang masih dalam proses pencarian setelah sepekan menghilang di Sungai Aare di Kota Bern, Swiss. 

Terlihat dalam unggahannya di platform Instagram, Atalia membagikan potret dirinya tengah duduk di pinggir Sungai Aare bersama sang suami dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra (Zara). 

Dalam unggahan itu, Atalia menyampaikan harapan dan doanya untuk sang buah hati.

"Ril… mamah pulang dulu ke Indonesia, ya. Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah SWT, dimana pun kamu berada…," tulis Atalia dalam unggahan foto di laman Instagram-nya, dikutip Kamis (2/6/2022). 

Unggahan Atalia pun menunjukkan bentuk keikhlasan dalam menyikapi hilangnya putra yang kerap disapa Eril tersebut.

"Insya Allah kamu tidak akan kedinginan, kelaparan atau kekurangan apapun. Bahkan kamu akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia dan kebahagiaan yang tak pernah putus," tuturnya. 

"Di sini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat," lanjut Atalia. 

"Seperti yang pak walikota sampaikan, 'The city of Bern will forever be deeply connected to us'.... Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas," tambah Atalia.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by atalia praratya (@ataliapr)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya