Sukses

Taspen dan BP Tapera Kerja Sama, PNS Bisa Cicil Rumah sampai Pensiun

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) (Persero) berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi program dan layanan.

Liputan6.com, Jakarta PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) (Persero) berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi program dan layanan. Komitmen ini diwujudkan melalui kerjasama TASPEN dengan PT Gemilang HartadinataAbadi dan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP TAPERA).

Kerja sama ini diharapkan dapat membantu menyediakan rumah bagi dua juta Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia dan memudahkan para ASN dalam mendapatkan tabungan sejahtera kepemilikan emas dengan imbal hasil yang menguntungkan di masa depan. Penandatanganan Kerjasama dilakukan Direktur Utama PT TASPEN (Persero) A.N.S. Kosasih, Direktur Utama PT Gemilang Hartadinata Abadi Cuncun Muliawan dan Komisioner BP TAPERA Adi Setianto di Auditorium Kantor Pusat TASPEN, Jakarta Pusat pada Selasa (31/05) lalu.

Direktur Utama TASPEN, A.N.S. Kosasih mengatakan, salah satu impian para ASN yang bekerja di instansi di seluruh Indonesia adalah menjadi ASN yang lebih makmur dan sejahtera. Lalu bagaimana Kami memberikan manfaat untuk ASN yang aktif? pertama, pihaknya hadir bersama anak perusahaan, antara lain, asuransi jiwa TASPEN Life, Bank Mandiri TASPEN dan lainnya.

"Yang kedua, kami tengah memulai sinergi program dan layanan dengan beberapa perusahaan, antara lain menghadirkan program perumahan untuk ASN bersama BP TAPERA dan program investasiemas bersama PT Gemilang Hartadinata Abadi. Ke depan, kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan untuk para peserta melalui beragam program inovatif yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini dan memastikan kesejahteraan ASN aktif maupun pensiunan," katanya, Kamis (2/6/2022).

Mengenai kerjasama TASPEN dan BP TAPERA, diharapkan dapat membantu meningkatkan kemudahan para ASN aktif dalam mengambil kredit rumah dengan masa cicilan yang relatif panjang, bahkan hingga masa pensiun. Hal ini didasarkan atas kondisi setiap ASN dapat memiliki tabungan perumahan, tetapi tidak semua ASN eligible untuk mendapatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

“ASN kita cukup makmur, mereka tidak bisa membeli FLPP tapi harga rumah di atas itu juga terlalu mahal bagi mengambil kredit untuk membeli rumah dengan cicilan per bulan yang harus ASN bayarkan untuk membeli rumah pertama menjadi sangat kecil. Kreditnya itu commercially viable untuk bank maupun ASN, dan dapat diperpanjang hingga masa pensiun. Jika memulai kredit pada umur 25 maka mereka mereka. Oleh karena itu, TASPEN bekerja sama dengan BP TAPERA agar ASN dapat bisa mencicil sampai umur 65,” kata Kosasih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proyek Percontohan

Proyek percontohan dari program kerjasama TASPEN dan BP TAPERA ini akan dilakukan di wilayah Solo, yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerahnya. Dalam program ini, Pemda Solo secara responsif akan menyiapkan lahan seluas 5-10 hektare.

Melalui proyek ini, TASPEN akan memastikan penggunaan kualitas bahan bangunan terbaik bagi rumah yang dibeli seluruh ASN, antara lain, rumah tersebut akan bersifat layak huni, tahan lama, berfasilitas pendukung lengkap, infrastruktur serta moda transportasi memadai guna memudahkan mobilitas para ASN dalam mengabdi kepada negara.

“Dengan kondisi permintaan rumah yang jelas, pembayaran yang mudah, penyediaan lahan oleh pemda dan pembangunan oleh pengembang (developer), program ini diharapkan dapat berjalansecara optimal dan mempermudah ASN dalam memiliki rumah, serta dapat dilakukan pada daerahlainnya dengan skala yang lebih besar,” Kata Kosasih.

 

3 dari 3 halaman

Tabungan Emas

Sementara itu, kerjasama TASPEN dengan PT Gemilang Hartadinata Abadi berhasil menghadirkan program “TASPEN EMAS”. TASPEN EMAS adalah “TAbungan Sejahtera kePEmilikaN EMAS”, yakni program kepemilikan Logam Mulia (LM) bagi para ASN aktif maupun peserta pensiun yang dikelola oleh TASPEN, yang dapat dicicil pembayarannya dengan angsuran potongan gaji tiap bulan oleh mitra bayar yang ditunjuk oleh TASPEN.

Hal ini diharapkan dapat mempermudah para peserta aktif dan pensiunan untuk melakukan investasi pada LM emas yang bersifat fleksibel dan dapat dijual setiap saat dengan nilai investasi yang baik.

Emas investasi para ASN akan berbentuk secara fisik dan tidak bersifat digital. Hal ini juga diharapkan akan membuat harga emas yang lebih kompetitif, dikarenakan vendor LM berasal dari Holding sendiri yakni PT Hartadinata Abadi (HRTA) dan produk LM tersebut sudah tersertifikasi London Bullion Market Association (LBMA) dan telah berstandar PT Antam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.