Sukses

Dibanjiri Pengunjung, Erick Thohir Ingin Festival UMKM BUMN Bantu Pemulihan Ekonomi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap festival pasar murah yang dijalankan melalui kolaborasi antar BUMN bisa membantu masyarakat di Kota Cilegon.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap festival pasar murah yang dijalankan melalui kolaborasi antar BUMN bisa membantu masyarakat di Kota Cilegon. Gelaran ini diketahui merupakan inisiasi dari Erick sendiri yang melibatkan banyak BUMN.

Kota Cilegon diketahui merupakan titik keempat gelaran Pasar Murah dan Festival UMKM. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkap Erick Thohir meminta perusahaan pelat merah untuk memetakan daerah-daerah yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi.

Arya berharap kehadiran BUMN melalui Pasar Murah ini mampu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi. Khususnya UMKM yang menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Bapak Ibu saya ingin menyampaikan salam dari Pak Erick Thohir kepada warga Cilegon disini. Saya berharap bantuan pasar murah ini dapat membantu meringankan beban ekonomi warga Cilegon,” kata Arya dihadapan pengunjung, mengutip keterangan resmi, Kamis (2/6/2022).

Informasi, kegiatan Pasar Murah dan Festival UMKM BUMN merupakan inisiasi Erick Thohir untuk mendorong pembukaan lapangan kerja bagi pengusaha kecil di Kota Cilegon.

Kegiatan ini juga merupakan sinergi Perusahaan BUMN yaitu PT Krakatau Steel, PT ASDP, PT IFG, PT Jasa Marga, PT Kimia Farma, PT Peruri dan PT Danareksa. Gelaran ini turut didukung juga oleh Holding BUMN Pangan penyedia paket sembako yaitu ID Food.

Disamping gelaran pasar murah, program binaan BUMN juga memiliki kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi. Arya menyebut hingga kini program Mekaar telah membantu usaha masyarakat pra sejahtera Kota Cilegon lebih dari 100 persen.

“Namun angka tersebut akan kita terus tingkatkan. Pak Erick menargetkan 25.000 nasabah di Kota Cilegon sendiri,” jelas Arya.

Nur Hidayati, warga kota Cilegon merasakan peran BUMN dalam meningkatkan usahanya melalui kredit usaha yang diberikan oleh PNM melalui program Mekaar.

“Bantu sekali alhamdulillah, modal usaha saya tidak pakai uang kebutuhan sehari-hari” jelas Nur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

52 UMKM Binaan

Dalam kegiatan Pasar Murah dan Festival UMKM, Arya juga melakukan dialog bersama 52 UMKM binaan Rumah BUMN yang industrinya beragam mulai dari pengolahan makanan hingga kerajinan tangan.

Salah satu pelaku UMKM di Kota Cilegon, Susi yang tengah menekuni usaha Susi Jewelry mengaku walaupun baru bergabung dengan Rumah BUMN 3 bulan yang lalu, namun banyak keuntungan yang sudah didapatkan oleh Susi.

“Mulai dari pendampingan usaha lewat pelatihan dan semuanya gratis. Tapi memang saya masih terkendala permodalan. Mutiara yang saya ambil ini kan asli dari Lombok” jelas Susi.

Sebagai penutup, Arya menyampaikan biaya produksi para pelaku UMKM di Rumah BUMN ini cenderung mahal, karena mereka hanya mampu sedikit.

“Intinya, bagaimana pun Pak Erick Thohir ingin  membantu UMKM untuk meningkatkan kapasitas usahanya,” ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Kunci Indonesia Jadi Negara Maju

Menteri BUMN Erick Thohir menilai ada hal penting guna mencapai tujuan Indonesia sebagai negara maju. Syaratnya ekonomi harus merata di seluruh wilayah Indonesia.

"Kunci Indonesia maju adalah ekonomi yang merata," katanya mengutip Instagram @erickthohir, Rabu (25/5/2022).

Luasnya wilayah indonesia dinilai juga membuka peluang-peluang bagi pertumbuhan ekonomi. Bahkan, disinyalir akan ada beberapa yang mrnjadi penopang pertumbuhan.

 

4 dari 4 halaman

Mulai Merata

Informasi, menurut catatan, pertumbuhan ekonomi disebut-sebut sudah mulai merata. Tak hanya berpusat di pulau Jawa.

"Dari 17 ribu pulau, banyak yang berpotensi mendongkrak ekonomi negara," kata Erick.

Dengan adanya misi dan potensi itu, Erick tidak diam. Ia menegaskan tengah mengerahkan perusahaan pelat merah untuk turut andil.

Khususnya dalam membangun dan mendorong ekonomi di daerah-daerah. Sebagaimana kerap disampaikan Erick, BUMN memegang hampir sepertiga kekuatan ekonomi tanag air.

"Kami menggerakkan BUMN untuk memajukan ekonomi masyarakat di pelosok Indonesia," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.