Sukses

Kunjungan Wisman ke Indonesia Capai 111 Ribu per April 2022, Tertinggi Sejak Pandemi

BPS melaporkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) atau turis asing ke Indonesia mencapai 111,1 ribu orang pada April 2022.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) atau turis asing ke Indonesia mencapai 111,1 ribu orang pada April 2022.

Angka ini naik sebesar 172,27 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya Maret 2022. Sementara bila dibandingkan dengan kedatangan pada April 2021, maka meningkat tajam hingga 499,01 persen.

Kepala BPS, Margo Yuwono menyampaikan, realisasi kunjungan turis asing pada bulan lalu tersebut tertinggi sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia. "Jadi, jumlah kunjungan wisman ini mengindikasikan sektor pariwisata mulai pulih," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (2/6/2022).

Menurut Margo, lonjakan kunjungan turis asing ke Indonesia tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Terutama kebijakan bebas visa yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada 43 negara mitra.

"Dan ini dampaknya signifikan pada peningkatan kunjungan wisman pada bulan April 2022," terangnya.

Selain kebijakan bebas visa, lonjakan kunjungan wisman ke juga dipengaruhi oleh kian membaiknya penanganan pandemi Covid-19. Hal ini tercermin dari penurunan kasus harian Covid-19.

Dia pun berharap tren lonjakan kunjungan turis asing ke Indonesia tetap terjaga. Dengan begitu, laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I-2022 tetap tinggi.

"Karena kita ketahui bahwa pariwisata membiarkan multiplyer effect yang besar bagi ekonomi Indonesia," tutupnya.

Reporter: Sulaeman 

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sandiaga Uno Harap Sektor Otomotif Bantu Bangkitkan Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi komunitas otomotif yang menggelar aktivitas touring. Kegiatan ini diharapkan mampu membantu membangkitkan sektor pariwisata.

Salah satunya Komunitas Toyota Fortuner Club of Indonesia (id42ner) yang mengadakan aktivitas touring sekaligus melaksanakan Jamnas ke-3 dan perayaan HUT-nya ke-15.

“Selain sebagai hobi, kegiatan ini juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara ekonomi, sosial, maupun lingkungan karena adanya bakti sosial dan peduli lingkungan,” tuturnya, dikutip Senin (30/5/2022).

Menparekraf optimistis, kegiatan tersebut turut membangun sektor pariwisata secara berkelanjutan. “Karena kegiatan ini ikut bantu meningkatkan kemandirian, keterampilan serta kolaborasi dengan masyarakat, khususnya UMKM,” ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Ekonomi Kerakyatan

Sandi berharap, melalui kegiatan yang digagas oleh id42ner, akan tercipta ekonomi kerakyatan dengan melibatkan banyak tenaga kerja dan membuka peluang usaha masyarakat lokal serta lapangan kerja seluas-luasnya.

“Sehingga perkonomian nasional segera pulih, dan industri otomotif di Indonesia bisa semakin maju yang tentunya akan memberikan dampak langsung bagi sektor Parekraf,” tegasnya.

Sebelumnya, id42ner telah menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) ke-3 sekaligus perayaan Anniversary ke-15. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, pada tanggal 26-28 Mei 2022 di Palembang, Sumatera Selatan ini dihadiri sebanyak 298 unit kendaraan.

“Alhamdulillah, acara Jamnas sekaligus Anniversary kami di Palembang berlangsung aman dan lancar. Kami melihat para peserta yang hadir sangat antusias dan senang mengikuti berbagai rangkaian acara,” kata Presiden id42ner, Ary Yunanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.