Sukses

Harga Minyak Dunia Stabil, Menanti Aksi OPEC soal Sanksi Rusia

Harga minyak dunia melonjak pada hari Selasa setelah para pemimpin Uni Eropa mencapai kesepakatan untuk melarang 90 persen minyak mentah Rusia pada akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak dunia melonjak pada hari Selasa setelah para pemimpin Uni Eropa mencapai kesepakatan untuk melarang 90 persen minyak mentah Rusia pada akhir tahun.

Namun, harga berbalik arah sekitar pukul 2 siang. ET Selasa menyusul laporan dari The Wall Street Journal bahwa OPEC sedang mempertimbangkan untuk menangguhkan Rusia dari perjanjian produksi grup.

“Ini tentu saja dapat memfasilitasi pengakhiran awal perjanjian produksi saat ini dan peningkatan Saudi/UEA,” kata Helima Croft, direktur pelaksana dan kepala strategi komoditas global di RBC, dikutip dari CNBC, Rabu (1/6/2022).

“Namun dalam banyak kasus, sebenarnya produsen yang streslah yang meminta pengecualian. Pengecualian yang tidak disengaja mungkin berarti pecahnya OPEC+,” tambahnya.

Minyak mentah berjangka AS mengakhiri hari 40 sen, atau 0,35 persen, lebih rendah pada USD 114,67 per barel. Sebelumnya di sesi itu diperdagangkan setinggi USD 119,43, harga yang terakhir terlihat pada awal Maret.

Minyak mentah berjangka Brent terakhir diperdagangkan 1 persen lebih tinggi pada USD 112,84 per barel.

Lonjakan minyak di awal sesi terjadi setelah kesepakatan Uni Eropa tentang embargo minyak, setelah berminggu-minggu kebuntuan setelah Hungaria awalnya menahan pembicaraan. Hungaria adalah pengguna utama minyak Rusia dan pemimpinnya, Viktor Orban, telah bersahabat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Charles Michel, presiden Dewan Eropa, mengatakan langkah itu akan segera mencapai 75 persen dari impor minyak Rusia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sanksi Rusia

Embargo tersebut merupakan bagian dari paket sanksi keenam Uni Eropa terhadap Rusia sejak menginvasi Ukraina. Pembicaraan untuk memberlakukan embargo minyak telah berlangsung sejak awal bulan.

“Dewan Eropa setuju bahwa paket keenam sanksi terhadap Rusia akan mencakup minyak mentah, serta produk minyak bumi, yang dikirim dari Rusia ke Negara-negara Anggota, dengan pengecualian sementara untuk minyak mentah yang dikirim melalui pipa,” menurut pernyataan 31 Mei dari Dewan Eropa.

Dewan Eropa menambahkan bahwa dalam kasus "gangguan mendadak" pasokan, "langkah-langkah darurat" akan diperkenalkan untuk memastikan keamanan pasokan.

 

3 dari 3 halaman

Pengecualian

Pengecualian sementara itu mencakup sisa minyak Rusia yang belum dilarang, kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dalam konferensi pers.

“Kami telah sepakat bahwa Dewan akan kembali ke topik sesegera mungkin dengan satu atau lain cara. Jadi ini adalah topik di mana kami akan kembali dan di mana kami masih harus bekerja, tetapi ini adalah langkah maju yang besar, apa yang kami lakukan hari ini,” katanya, merujuk pada pengecualian sementara.

Von der Leyen menjelaskan bahwa pengecualian sementara diberikan agar Hungaria, bersama dengan Slovakia dan Republik Ceko — semuanya terhubung ke kaki selatan pipa — memiliki akses yang tidak dapat mereka ganti dengan mudah.

Sekitar 36% dari impor minyak UE berasal dari Rusia, negara yang memainkan peran besar di pasar minyak global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.