Tips Sukses dari Pengusaha Ternama Untuk Pemuda di Usia 20-an : Terus Bekerja Untuk Raih Mimpi

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 02 Jun 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 02 Jun 2022, 06:00 WIB
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik
Perbesar
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Jutawan mandiri sekaligus pendiri merek cocktail Skinnygirl, yakni Bethenny Frankel memiliki satu tips sukses untuk para pemudia di usia 20-an, yaitu "terus bekerja".

Dilansir dari CNBC Make it, Selasa (31/5/2022) Bethenny Frankel mengatakan dia baru-baru ini menyampaikan sentimen yang sama kepada seorang rekan, yang khawatir bahwa putri mereka yang berusia 25 tahun menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bekerja dan tidak cukup waktu untuk menemukan seseorang yang dapat membangun kehidupan dengannya.

"Saya berkata, 'Apa yang seharusnya dia lakukan? Menikah (dan) mencarinya sampai ke China?'" ujar Frankell kepada CNBC Make It.

“Dia seharusnya bekerja keras. Dia tidak memiliki tanggung jawab. Dia tidak memiliki hipotek. Dia tidak punya anak," lanjut dia. 

Frankel menghabiskan usia 20-annya bekerja sebagai asisten di sebuah produksi di acara TV bernama Saved by the Bell, sebelum memulai bisnis perencanaan acara yang disebut In Any Event, yang sayangnya gagal.

Kemudian di usia 30-an, saat membintangi acara Reality TV "The Real Housewives of New York City," ia meluncurkan Skinnygirl Liquor, yang akhirnya ia kembangkan menjadi merek global.

"( Usia Dua puluhan adalah ) saat Anda harus bekerja (dan) meluruskan prioritas Anda," Frankel menegaskan.

Dia menjelaskan dirinya tidak bermaksud memaksakan bahwa kaum muda tidak dapat secara bersamaan maju dalam karir dan menetap dengan orang lain yang signifikan. Sebaliknya, memiliki pekerjaan yang disukai dapat membuat Anda lebih menarik bagi "orang yang tepat".

"Semua orang sangat khawatir ketika mereka masih muda (bahwa) ereka harus menikah, Anda harus menemukan seseorang," kata Frankel.

"Tetapi orang terbaik tidak akan tertarik pada seseorang yang tidak memiliki kariernya sendiri, tidak memiliki kemandiriannya sendiri," pungkasnya. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Perlunya Banyak Belajar

Ilustrasi miliarder (iStock)
Perbesar
Ilustrasi miliarder (iStock)

Frankel pun memberitahu generasi muda untuk tidak khawatir bila belum menemukan karir apa yang mereka inginkan.

Menurutnya, upaya dan etos kerja seseorang lebih berharga daripada menetap di sebuah profesi seumur hidup.

Frankel pun mengungkapkan dia masih bersandar pada pelajaran yang dia pelajari saat bekerja sebagai perencanaan acara, meskipun dia tidak terlibat dalam industri itu untuk sementara waktu sekarang.

"Anak-anak kecil yang lulus dari perguruan tinggi berpikir mereka perlu tahu apa yang akan mereka lakukan dengan hidup mereka," katanya.

"Anda harus berada di jalan, tetapi Anda tidak perlu tahu apakah Anda berada di jalan yang benar, karena memang tidak ada. Semua kesalahan saya, jalan saya yang salah, lebih berharga dari apapun," beber Frankel.


Miliarder Ini Bilang Anak Muda Banyak Baca Buku Jika Ingin Menggapai Dunia

Bill Gates
Perbesar
Bill Gates (AP)

Salah satu miliarder sekaligus pendiri shoppingmode Microsoft Bill Gates memberikan wejangan kepada kaum muda. Barang siapa yang ingin mengubah dunia dengan cara sederhana, maka harus banyak-banyak membaca.

Hal itu dikatakan Bill Gates saat hadir dalam sesi Reddit “Ask Me Anything” ke-10 pada hari Kamis. Miliarder pendiri Microsoft ditanya terkait saran bagi kaum muda yang ingin “membuat dampak positif” untuk dunia.

“Hal yang ideal adalah banyak membaca dan mudah-mudahan menemukan keterampilan yang Anda sukai yang dapat berdampak,” tutur Gates dilansir dari CNBC.

Gates, yang secara teratur merilis daftar buku favoritnya, mengatakan bahwa membaca sangat penting untuk menemukan berbagai minat dan keterampilan potensial baru yang kemudian dapat Anda gunakan untuk menggapai dunia.

“Bagi sebagian orang, itu berarti menjadi hebat dalam sains atau teknik,” tulis Gates.

“Bagi sebagian orang itu berarti menjadi komunikator atau politisi yang hebat. Bagi sebagian orang itu berarti menjadi perawat atau dokter. Kesempatan untuk belajar lebih baik hari ini daripada sebelumnya,” sambungnya.

Tidak mengherankan jika ketika ditanya tentang bagaimana kaum muda dapat memberikan dampak positif terbaik bagi dunia, miliarder itu beralih ke membaca, salah satu hiburan favoritnya. Gates sendiri bisa membaca 50 buku setiap tahun dan sering membawa tas jinjing berisi buku saat berlibur.

“Saat liburan saya bisa membaca sekitar 3 jam sehari jadi saya membaca banyak buku,” tulis Gates selama AMA Reddit 2021.

Tahun itu, Gates membahas bagaimana dia membuat catatan saat membaca, terkadang menulis di tepi bukunya, untuk membantunya lebih mengingat dan terlibat dengan apa yang dia baca. “Untuk banyak buku yang menjadi kunci pembelajaran saya,” tulisnya.

Gates juga mengklaim bahwa begitu dia memulai membaca sebuah buku, dia selalu menyelesaikannya. “Saya menolak untuk berhenti membaca buku di tengah, bahkan jika saya tidak menyukainya,” kata Gates kepada Time pada tahun 2017, menjelaskan bahwa kebiasaan membaca yang rakus “benar-benar” sangat penting untuk kesuksesannya.

“Menjadi tua bukan berarti Anda berhenti belajar,” kata Gates. “Setiap buku mengajari saya sesuatu yang baru atau membantu saya melihat sesuatu secara berbeda. Saya beruntung memiliki orang tua yang mendorong saya untuk membaca. Membaca memicu rasa ingin tahu tentang dunia, yang menurut saya membantu mendorong saya maju dalam karier dan pekerjaan yang saya lakukan sekarang dengan yayasan saya,” tuturnya.

infografis miliarder dunia
Perbesar
Pendatang baru miliarder dunia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya