Bank DKI Perluas Akses Perbankan ke Lingkungan Kampus

Oleh Liputan6.com pada 29 Mei 2022, 20:45 WIB
Diperbarui 29 Mei 2022, 20:48 WIB
Komunitas JakOne Artri Bank DKI
Perbesar
Komunitas JakOne Artri bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, dalam hal ini pengelolaan sampah yang masih bisa memberikan nilai ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Hadirkan kemudahan transaksi perbankan, Bank DKI lakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Adapun penandatanganan MoU tersebut mencakup pemanfaatan layanan jasa dan produk perbankan yang ditanda tangani oleh Direktur Ritel & Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi dan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Amany Burhanuddin Umar Lubis.

“Sejumlah produk dan layanan perbankan Bank DKI dan Unit Usaha Syariah Bank DKI siap mendukung transaksi pembayaran yang berlangsung di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dimana pada kerjasama ini meliputi layanan Cash Management System, pembukaan rekening Giro dan Payroll, serta pembukaan rekening mahasiswa reguler untuk kebutuhan tagihan uang kuliah rutin dan lainnya," kata Direktur Ritel & Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (29/5/2022).

Penandatanganan MoU Bank DKI dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menjadi bentuk dukungan Bank DKI dalam mendekatkan akses perbankan kepada dunia pendidikan, termasuk kepada para penerima KJMU di DKI Jakarta sebanyak 14.194 mahasiswa dimana 1.498 mahasiswa diantaranya berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Lebih lanjut Babay Parid Wazdi menambahkan salah satu kemudahan perbankan yang dapat diraih mahasiswa, dosen, maupun staff UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah mudahnya mengakses berbagai transaksi perbankan melalui aplikasi JakOne Mobile, mulai dari transfer antar rekening, cek saldo, pembayaran menggunakan metode scan QRIS, pembayaran di berbagai merchant hingga zakat dan donasi melalui berbagai lembaga maupun yayasan.

Ke depan, Bank DKI juga terus melakukan pengembangan terhadap produk dan layanan perbankan digital yang dimiliki Bank DKI melalui JakOne Community Apps untuk mengakomodasi perubahan perilaku nasabah dan masyarakat yang semakin bergerak ke arah layanan digital.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


JakOne Community Apps

JakOne Community Apps Bank DKI.
Perbesar
JakOne Community Apps Bank DKI.

JakOne Community Apps merupakan layanan perbankan digital untuk mendorong penerapan inklusi keuangan serta melalui pengembangan produk dan layanan digital.

Adapun JakOne Community Apps sendiri terdiri dari JakOne Mobile, JakOne Abank, JakOne Erte, JakOne Artri, dan Ancol Apps. Dan saat ini yang terbaru, Bank DKI juga menghadirkan layanan Mobile Cash Tarik Tunai tanpa kartu dan Cash Recycle Machine (CRM). 

Selain pemanfaatan produk perbankan, dalam kerjasama ini juga disepakati bagi para mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah juga berkesempatan melakukan riset maupun program magang di Unit Kerja Bank DKI.

Hal ini menjadi bentuk dukungan dan kepedulian Bank DKI dalam pengembangan wawasan perbankan bagi mahasiswa yang nantinya akan berkarir di bidang perbankan. 

“Kami menyambut baik kerjasama yang terjalin dengan Bank DKI dalam rangka pemanfaatan produk dan layanan perbankan yang manfaatnya dapat meningkatkan kualitas layanan transaksi perbankan kepada mahasiswa dan staff UIN Syarif Hidayatullah Jakarta," ujar Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Amany Burhanuddin Umar Lubis.


Sinergi BPD Seluruh Indonesia

Ilustrasi Bank
Perbesar
Ilustrasi Bank

Selain dengan unsur pendidikan, Bank DKI juga menjalin sinergi antar BPD Seluruh Indonesia. Terbaru, Bank DKI dan Bank NTT menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) pembayaran digital melalui co-branding uang elektronik dan aplikasi digital. 

Dalam Kerjasama ini, Bank DKI akan mendukung Bank NTT dalam implementasi transaksi non-tunai dengan menggunakan ekosistem digital yang dimiliki Bank DKI serta branding yang dipilih oleh Bank NTT.  

Di samping itu Bank NTT dapat menggunakan platform digital ataupun produk E-channel milik Bank DKI yang akan terintegrasi dengan JakCard sebagai kartu prepaid milik Bank DKI. 

Adapun penggunaannya dapat digunakan untuk berbagai merchant yang telah bekerjasama dengan Bank NTT maupun sebaliknya. 

Infografis: Persaingan Ketat, Ekosistem Bank Digital Harus Kuat (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis: Persaingan Ketat, Ekosistem Bank Digital Harus Kuat (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya