Sukses

Menhub Budi Karya Resmikan Rumah Sakit Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Rumah Sakit Umum tipe D PIP Makassar ini dapat melayani 13 layanan kesehatan. Rumah sakit PIP Makassar saat ini memiliki 62 Tenaga Medis.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan kini memiliki Rumah Sakit Tipe D di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, yang diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Jumat, 27 Mei 2022.

Kehadiran RS ini merupakan bagian dari peningkatan fasilitas kesehatan yang dilakukan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), dari yang sebelumnya Poliklinik Utama menjadi Rumah Sakit Tipe D.

Menhub mengatakan, pembangunan RS ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh salah satu Badan Layanan Umum (BLU) yang ada di lingkungan Kemenhub, yang dituntut lebih kreatif dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik, lebih cepat dan lebih berkualitas kepada masyarakat.

"Saya mengapresiasi kolaborasi yang baik antara Kemenhub dengan Pemerintah Kota Makassar dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar Menhub dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/5/2022).

Diharapkan Menhuh, RS ini tidak hanya melayani para taruna/taruni, namun juga dapat melayani masyarakat umum di kota Makassar dan sekitarnya.

"Saya berharap ini menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya di Indonesia," imbuh dia.

Rumah Sakit Umum tipe D PIP Makassar ini dapat melayani 13 layanan kesehatan yang terdiri dari Pengujian Kesehatan Pelaut (Medical Check Up), Pemeriksaan Kesehatan Peserta Diklat, Pemeriksaan Kesehatan Tht-Mata Bagi Pelaut Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Kemudian, Intensive Care Unit (ICU), Neonatal Intensive Care Unit (Nicu), Rawat Jalan, Rawat Inap, Persalinan, Pelayanan Farmasi, Laboratorium, Radiologi, dan dilengkapi fasilitas Kamar Bedah.

Rumah sakit PIP Makassar saat ini memiliki 62 Tenaga Medis yang terdiri dari 6 Dokter Spesialis, 11 Dokter Umum, 2 Dokter Gigi, 28 tenaga Perawat, 3 tenaga Bidan, dan 12 tenaga medis pendukung lainnya.

BPSDM Perhubungan saat ini memiliki 23 pusat layanan kesehatan yang terdiri dari 6 unit Klinik Utama dan 16 klinik pratama dan 1 unit pusat layanan kesehatan berupa Rumah Sakit Umum tipe D yaitu RS PIP Makassar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Budi Karya Sumadi Berbagi Pengalaman Sebelum Jadi Menteri Perhubungan

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, berbagi pengalamannya di berbagai bidang keilmuan, saat bekerja di korporasi. Hal itu disampaikan dalam penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dari Universitas Gadjah Mada kepada Menteri Perhubungan Insinyur Budi Karya Sumadi, di UGM, Senin (23/5/2022).

Menurut Menhub, managerial skill memberikan pembelajaran dan sangat menginspirasi karir hidupnya. Skema keuangan, pendekatan arsitektur, perencanaan, perancangan, sistem transportasi, dan kewilayahan selalu diaplikasikan dalam melaksanakan pekerjaan.

Selain itu, kearifan lokal menjadi inspirasi desain eksterior maupun interior dalam mengembangkan desain prasarana transportasi termasuk melibatkan kearifan lokal dari seniman dalam negeri.

“Selama memimpin di PT Pembangunan Jaya, saya turut dalam pembangunan Kota Baru - Bintaro Jaya, Kota Baru Puri Jaya Tangerang, dan Kota Baru Puri Jaya Surabaya. Salah satu proyek yang berkesan adalah mengubah lapangan golf menjadi ecopark, sebuah taman wisata rakyat,” kata Menhub.

Kemudian di Jakarta Propertindo, adalah normalisasi dan revitalisasi Waduk Pluit dan Waduk Ria Rio yang merupakan salah satu pengendali banjir di DKI Jakarta. Kedua waduk tersebut sebelumnya adalah pemukiman kumuh.

“Namun saat ini, kedua waduk tersebut dapat bermanfaat sebagai jalur hijau, tempat rekreasi warga sekitar disamping sebagai pengendali banjir,” katanya.

Selanjutnya, di Bandara Soekarno Hatta, proyek yang diselesaikan yakni percepatan pembangunan Terminal 3 Soekarno Hatta sekaligus pembangunan skytrain pertama di Indonesia, penyelamatan kepemilikan perusahaan di lapangan golf dan hotel kepada AP II.

 

3 dari 4 halaman

Infrastruktur Transportasi

Kini, semenjak menjabat menjadi Menteri Perhubungan, Budi juga menangani berbagai hal yang berhubungan dengan pembangunan serta pengembangan infrastruktur transportasi.

“Pembangunan infrastruktur transportasi masih menjadi fokus saat ini. Infrastruktur transportasi, sangat penting dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan mengurangi disparitas pendapatan dan harga (in-equality),” ujar Menhub Budi.

Menurut Menhub, transportasi merajut nusantara adalah sistem transportasi yang menjamin konektivitas antar wilayah di kepulauan nusantara. Membangun infrastruktur transportasi bukan saja membangun bandara, pelabuhan, stasiun dan rel, serta terminal atau sekadar mengadakan pesawat, bus, kapal, dan kereta api.

“Namun juga membangun sistem keselamatan, keamanan, dan pelayanan yang akhirnya akan menciptakan harapan dan peradaban baru,” pungkas Menhub.

4 dari 4 halaman

Raih Gelar Doktor Kehormatan UGM

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendapatkan anugerah Gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada nomor 483/UN1.P/KPT/HUKOR/ 2022, tentang penganugerahan gelar doktor kehormatan Doktor honoris causa Universitas Gadjah Mada kepada Insinyur Budi Karya Sumadi.

Rektor UGM menimbang, mengingat, memutus dan menetapkan:

Kesatu, menganugerahkan gelar doktor kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Insinyur Budi Karya Sumadi yang merupakan kelahiran Palembang Sumatera Selatan tanggal 18 Desember 1956, atas jasa yang luar biasa dalam pelaksanaan pembangunan transportasi nasional di seluruh Indonesia sehingga menjadi bagian dalam memajukan sistem transportasi dan perekonomian bangsa.

Kedua, keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. Ditetapkan di Yogyakarta pada tanggal 20 Mei 2022 oleh Rektor Prof. Ir. Panut Mulyono M. Eng., D. Eng., IPU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.