Sukses

Harga Minyak Naik ke Level Tertinggi 2 Bulan

Harga minyak naik sekitar 3 persen ke level tertinggi dua bulan pada hari Kamis

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik sekitar 3 persen ke level tertinggi dua bulan pada hari Kamis di tengah tanda-tanda pasokan yang ketat menjelang musim mengemudi musim panas AS, karena Uni Eropa (UE) berselisih dengan Hongaria atas rencana untuk melarang impor minyak mentah dari Rusia atas invasinya ke Ukraina.

Dikutiip dari CNBC, Jumat (27/5/2022), harga minyak brent berjangka USD 3,37 lebih tinggi pada USD 117,40 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS 3,4 persen lebih tinggi pada USD 114,09 per barel.

Brent berada di jalur untuk kenaikan harian keenam berturut-turut dan penutupan tertinggi sejak 25 Maret. WTI menuju penutupan tertinggi sejak 23 Maret.

"Harga minyak mentah naik karena pasar minyak yang ketat akan tetap ada mengingat awal musim mengemudi musim panas akan terus menurunkan stok AS," kata Edward Moya, analis pasar senior di perusahaan data dan analitik OANDA.

Minyak mentah mendapat dukungan dari penarikan mingguan besar dalam persediaan minyak mentah AS, dilaporkan pada hari Rabu.

"Latar belakang fundamental semakin mendukung harga dan akan menjadi lebih bullish setelah sanksi UE atas penjualan minyak Rusia didukung oleh semua pihak yang terlibat," kata Tamas Varga dari PVM Oil.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengatakan dia yakin kesepakatan dapat dicapai sebelum pertemuan dewan berikutnya pada 30 Mei.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tambahan Pasokan Hongaria

Hongaria tetap menjadi batu sandungan, karena sanksi UE membutuhkan dukungan bulat. Hongaria mendesak sekitar 750 juta euro (USD 800 juta) untuk meningkatkan kilangnya dan memperluas jaringan pipa dari Kroasia.

Bahkan tanpa larangan resmi, lebih sedikit minyak Rusia yang tersedia karena pembeli dan perusahaan dagang telah menghindari pemasok dari negara tersebut.

Produksi minyak Rusia akan turun menjadi 480-500 juta ton tahun ini dari 524 juta ton pada 2021, kantor berita pemerintah RIA melaporkan, mengutip Wakil Perdana Menteri Alexander Novak.

OPEC+ bertemu pada 2 Juni dan diperkirakan akan tetap pada kesepakatan tahun lalu untuk menaikkan target produksi Juli sebesar 432.000 barel per hari, enam sumber OPEC+ mengatakan kepada Reuters, menolak seruan Barat untuk peningkatan yang lebih cepat guna mengendalikan harga.

 

3 dari 3 halaman

Faktor Lain

Faktor lain juga menjadi pendukung harga minyak.

"Shanghai sedang bersiap untuk dibuka kembali setelah penguncian selama dua bulan, sementara puncak musim mengemudi di AS dimulai dengan akhir pekan Memorial Day," kata Sugandha Sachdeva, wakil presiden penelitian komoditas di Religare Broking. Amerika Serikat merayakan Memorial Day pada hari Senin.

Pemerintah AS menyita kargo minyak Iran yang disimpan di kapal yang dioperasikan Rusia di dekat Yunani dan akan mengirim kargo ke Amerika Serikat dengan kapal lain.

Inggris mengumumkan pajak tak terduga 25% atas keuntungan produsen minyak dan gas, di samping paket dukungan 15 miliar pound ($ 18,9 miliar) untuk rumah tangga yang berjuang untuk membayar tagihan energi.

Hongaria mengumumkan pajak rejeki nomplok baru senilai 800 miliar forint ($2,19 miliar) atas “keuntungan ekstra” yang diperoleh bank, perusahaan energi, dan perusahaan lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.