Sukses

Ingat, Switch Over 5 di Stasiun Manggarai Berjalan Akhir Pekan Ini 27 Mei 2022

Pasca Switch Over 5, Jalur 1 dan Jalur 2 Stasiun Manggarai hanya akan melayani Kereta Api Jarak Jauh dan Jalur 3 akan dinonaktifkan.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan mengingatkan proses Switch Over 5 di Stasiun Manggarai akan dijalankan akhir pekan ini. Pengerjaannya akan dilakukan saat jeda operasi.

Sekretaris DJKA Kemenhub Zulmafendi mengungkapkan, pengalihan ini sebagai upaya pengoptimalan operasional kereta rel listrik (KRL). Ini juga bagian dari penataan Stasiun Manggarai.

"Dalam rangka menata lintas kereta api, ada pengembangan di Stasiun Manggarai dilanjutkan, maka SO 5 ini akan kita laksanakan 27 Mei hingga 28 Mei oleh Balai Teknik Perkeretaapian," katanya saat membuka acara Ngobrol Bareng Komunitas Kereta Api (Ngobras), Rabu (25/5/2022).

Ia mengakui adanya penyesuaian akibat SO 5 ini akan menimbulkan sejumlah hambatan. Misalnya, beberapa penumpang yang sebelumnya tak perlu transit, kini perlu transit.

Di sisi lain, kekhawatiran masyarakat terhadap adanya penumpukan yang terjadi. Zulmafendi menekankan, hal ini hanya akan bersifat sementara.

"Hasilnya akan semakin optimal, mungkin dalam waktu tertentu akan mengalami hambatan sementara," kata dia.

Pada kesempatan yang sama Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus mengatakan, SO 5 ini bagian dari upaya menjadikan Stasiun Manggarai jadi stasiun sentral.

"Ini akan terintegrasi baik intermoda maupun antarmoda. Selama ini ada yang tak terkoneksi secara langsung, bagaimana KRL ke kereta jarak jauh, bagaimana ke KA Bandara. Kalau stasiun sentral ini beroperasi semua kegiatan akan dipusatkan di sini," terangnya.

Melalui SO 5 ini, ia menerangkan akan menerapkan lanjut khusus untuk masing-masing kereta. Termasuk kereta jarak jauh dan KRL.

"Ini bagian tidak terpisahkan dari program double-double track, nanti 2 track untuk KRL, 2 track untuk kereta jarak jauh. Otomatis akan dipisahkan, pasti masing-masong punya trek sendiri, jadi kecepatan juga ditingkatkan dan keselamatan lebih optimal," paparnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Switch Over 5

Informasi, SO 5 ini dilakukan dengan mengaktifkan jalur sementara (temporary track) untuk Jalur 1 dan Jalur 2, sekaligus menutup Jalur 3, mengganti sistem persinyalan, serta memasang dan mengganti jaringan listrik aliran atas (JLAA) untuk menyesuaikan perubahan jalur.

“Total terdapat 8 titik pengerjaan saat SO 5 nanti dan akan menyambungkan Jalur 1 dan Jalur tiga yang temporary dengan yang existing dan menutup Jalur 3 sehingga pekerjaan struktur sipil bangunan gedung Stasiun Manggarai sisi timur bisa mulai dikerjakan agar target pengoperasian bangunan gedung di tahun 2023 bisa terealisasikan,” urainya.

Dengan demikian, setelah kegiatan SO 5 dilakukan, akan terjadi penyesuaian jalur di Stasiun Manggarai yang digunakan untuk melayani penumpang kereta api. Pasca SO 5 nanti, Jalur 1 dan Jalur 2 Stasiun Manggarai hanya akan melayani Kereta Api Jarak Jauh, dan Jalur 3 akan dinonaktifkan. Sementara, untuk KRL Commuterline lintas Bekasi/Cikarang Line akan dilayani di Jalur 6 dan Jalur 7 Stasiun Manggarai. Lintas Bogor Line akan dilayani di Jalur 10, Jalur 11, Jalur 12, dan Jalur 13.

 

3 dari 3 halaman

Penyesuaian Jalur

Dengan adanya SO 5 kali ini, pola perjalanan KRL juga akan ikut disesuaikan. Diantaranya;

- Semua KRL Bogor Line menuju ke Stasiun Jakarta Kota

- KRL Bekasi/Cikarang Line menggunakan 2 pola operasi

Full Racket (Looping)

Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/CikarangCikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang

Half Racket

Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang – Kampung Bandan (PP)Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (PP)

- Serpong Line, Tangerang Line dan KA Bandara Soetta tidak ada perubahan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.