KB Bukopin Angkat Woo-Yeul Lee Jadi Direktur Utama

Oleh Tira Santia pada 25 Mei 2022, 18:15 WIB
Diperbarui 25 Mei 2022, 18:15 WIB
KB Bukopin
Perbesar
PT Bank KB Bukopin Tbk telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2021 dengan salah satu keputusan RUPST yaitu menetapkan Woo Yeul Lee sebagai Direktur Utama KB Bukopin.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank KB Bukopin Tbk telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2021 dengan salah satu keputusan RUPST yaitu menetapkan Woo Yeul Lee sebagai Direktur Utama KB Bukopin.

Woo Yeul Lee akan efektif menjabat sebagai Direktur Utama setelah memenuhi semua persyaratan yang diatur dalam POJK No. 27/POJK.03/2016; POJK No. 37/POJK.03/2017 dan/atau Peraturan Perundang-undangan lainnya yang berlaku.

Woo Yeul Lee sebelumnya pernah menjabat sebagai CSO (Chief Strategic Officer) dan Chief Human Resource Officer) untuk KB Financial Group, dan juga pernah menjabat sebagai IT Group Head KB Kookmin Bank.

Dalam perjalanan karirnya, beliau merupakan tokoh dibalik suksesnya proyek pengenalan sistem ‘Next Generation Banking System (NGBS)’ yang mampu mendorong peningkatan efektivitas kerja di KB Kookmin Bank.

Karenanya, beliau dinilai sebagai orang yang tepat yang akan mengaplikasikan pengalaman suksesnya untuk membawa NGBS ke bank KB Bukopin.

KB Bukopin menyatakan bahwa Direktur Utama yang baru Woo-Yeul Lee, kaya akan pengalaman selama masa karirnya di KB Financial Group, serta memiliki berbagai kemampuan di bidang-bidang yang menjadi kunci dalam sebuah bank, seperti strategi, SDM, IT, risiko, dan sebaginya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pengalaman Karier

PT Bank KB Bukopin Tbk (Perseroan)
Perbesar
PT Bank KB Bukopin Tbk (Perseroan)

Lee juga dinilai sebagai Direktur Utama yang paling tepat untuk dapat memimpin percepatan proses normalisasi Bank KB Bukopin melalui pengenalan sistem NGBS, perbaikan manajemen risiko, dan sebagainya.

Peningkatan tingkat kesehatan, penguatan kemampuan bisnis, serta menjadi bank yang dicintai nasabah sebagai arah utama manajemen KB Bukopin yang baru.

Serta mendorong evolusi KB Bukopin menjadi bank yang melayani nasabah dengan cepat, aman, dan nyaman akan menjadi salah satu visi Woo Yeul Lee di Bank KB Bukopin.

Berikut pengalaman karir Woo Yeul Leesebelum menjabat di Bank KB Bukopin sebagai berikut:

▪ CSO KB Financial Group (Januari 2022 – Mei 2022

▪ CHO KB Financial Group (Januari 2021 – Desember 2021)

▪ IT Group Head KB Kookmin Bank(Januari 2019 – Desember 2020)


Undur Diri dari Dirut KB Bukopin, Chang Su Choi Kembali ke Korsel

Bank KB Bukopin
Perbesar
Direktur Utama PT Bank KB Bukopin Tbk Chang Su Choi

Sebelumnya, PT Bank KB Bukopin Tbk menginformasikan pengunduran diri Chang Su Choi selaku direktur utama (dirut) di IDX.Net pada 26 April 2022 sebagai keterbukaan informasi kepada masyarakat.

Pihak KB Bukopin menjelaskan bahwa Choi dipanggil kembali ke Korea Selatan.

Dikutip dari Antara, Jumat (29/4/2022), Chang Su Choi merupakan salah satu bagian penting dari rangkaian proses transformasi KB Bukopin. Sebagai dirut, ia dinilai berhasil meletakkan landasan kuat bagi KB Bukopin melangkah lebih jauh.

Bank tersebut tetap fokus pada pencapaian menjadi 10 bank terbesar di Indonesia dan memasuki 2022 disebut kondisi sudah membaik, transformasi on track dan sesuai dengan business plan yang dirancang hingga 2025.

Setelah resmi menyandang nama baru pasca pengumuman publik 23 Februari 2021, KB Bukopin terus melakukan pembenahan dan inovasi guna mencapai target besar di 2025 dengan dukungan pemegang saham pengendali KB Kookmin Bank dan KB Financial Group.

Chang Su Choi juga disebut telah memberikan banyak perubahan signifikan pada perseroan dan akhir 2021 sukses meningkatkan pendapatan bunga bersih perseroan sebesar 39,76 persen atau Rp236 miliar.


Korean Link Business KB Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (Perseroan)
Perbesar
PT Bank KB Bukopin Tbk (Perseroan)

Selain itu Choi berhasil membawa Korean Link Business KB Bukopin menjadi salah satu produk paling potensial. Penghimpunan dana  Korean Link Business posisi 31 Desember 2021 mencapai Rp7,82 triliun dengan pertumbuhan yoy Rp6,31 triliun atau 395,8 persen, serta total penyaluran kredit Rp420 miliar.

Choi membawa KB Bukopin sukses menjalankan aksi korporasi Penawaran Umum Terbatas (PUT) VI melalui skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). 

Pada PUT VI tersebut, perseroan  menerbitkan 35.214.288.984 saham seri B dengan nilai perdagangan  Rp200 per saham atau senilai Rp7.042.857.796.800 untuk dana yang berhasil dihimpun.

Periode perdagangan dan hak exercise bagi seluruh pemegang saham existing telah dilaksanakan pada 22-26  November 2021.

Perseroan juga memperoleh kelebihan pesanan senilai Rp764.596.208.400 yang mencerminkan antusiasme calon investor. 

Selanjutnya Choi berhasil membawa Aespa menjadi duta Bank KB Bukopin di Indonesia, dengan mengusung tema “The Next Level Banking” yang dapat merepsentasikan generasi milenial. 

Infografis: Deretan Bank Digital di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis: Deretan Bank Digital di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya