Sukses

Transformasi SDM, Grup MIND ID Kembangkan Experiential Learning Center di Bangka

Program tersebut merupakan reaktivasi fasilitas pusat pengembangan dan pelatihan budaya yang bertujuan salah satunya upaya transformasi human capital.

Liputan6.com, Jakarta BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan di antaranya PT Timah Tbk mengembangkan experiential learning center di Bangka, bernama Bangka Island Outdoor (BIO).

Program ini merupakan reaktivasi fasilitas pusat pengembangan dan pelatihan budaya yang bertujuan salah satunya upaya transformasi human capital.   

“Sebagai pusat pengembangan dan pelatihan budaya, BIO akan dimanfaatkan oleh internal maupun eksternal Perusahaan. Reaktivasi fasilitas ini diharapkan akan mendukung transformasi SDM yang merupakan inisiasi yang tidak terpisahkan dalam upaya transformasi yang dilakukan oleh Kementerian BUMN,” kata Yennita, Direktur Sumber Daya Manusia PT TIMAH Tbk.

Di harapkan BIO dapat mencetak insan BUMN unggul dengan Core Values AKHLAK maupun nilai-nilai budaya Perusahaan lainnya sehingga mampu menjawab tantangan dan dinamika bisnis di masa depan.

Sejak KBUMN menginisiasi transformasi fungsi Learning Center/Corporate University, Research Center, dan Innovation Center BUMN pada tahun 2021, BIO sebagai Learning Center TIMAH yang terintegrasi dengan MIND ID, turut bertransformasi memperkuat tata kelola pusat pengembangan dan pembelajaran serta internalisasi nilai AKHLAK dengan konsep alam. 

Didirikan tahun 1993, Bangka Island Outdoor (BIO) telah berhasil meningkatkan kapasitas dan kapabilitas ribuan sumber daya manusia (SDM) PT TIMAH Tbk (TIMAH) dan banyak BUMN lainnya.

Terletak di Kawasan Timur Laut Pulau Bangka atau berjarak dua jam dari Pangkal Pinang, Learning Development Center (Pusat Pengembangan dan Pembelajaran) milik TIMAH ini dikenal sebagai ‘kawah candradimuka’ industri pertambangan dan pengolahan komoditas timah di Indonesia dengan konsep belajar di alam/ruang terbuka.

Hal ini sejalan dengan komitmen Grup MIND ID terhadap aspek keberlanjutan. Mengedepankan konsep experiental learning, BIO memiliki enam fasilitas utama bernama: Kampung nelayan, Pantai AKHLAK, Marina Bay, Camping Ground, Outbond Arena dan Kampung Melayu, BIO telah bertransformasi menjadi salah satu faslitias unggulan pusat pengembangan dan penelitian Grup MIND ID yang berada di kluster minerba KBUMN.

Selain kluster minerba KBUMN, perusahaan BUMN dari kluster lainnya juga dapat memanfatkan BIO sebagai fasilitas untuk penguatan dan internalisasi nilai-nilai AKHLAK. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini