Sukses

Ini Kunci Apriyani Rahayu-Siti Fadia Ungkap Menang di SEA Games Vietnam 2021

Ganda putri Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil menyabet medali emas di ajang bulutangkis SEA Games Vietnam 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan ganda putri Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil menyabet medali emas di ajang bulutangkis SEA Games Vietnam 2021.

Kemenangan medali emas itu diraih usai mengalahkan ganda Thailand, Benyapa Aimsaard dan Nuntakarn Aimsaard dengan skor 21-17, 21-14.

"Mengucap syukur kepada Allah SWT, kita diberikan kemenangan, diberikan juara tanpa ada cedera. Terima kasih untuk semua doa rakyat Indonesia untuk kita," kata Apriyani Rahayu usai laga di Bac Giang Gymnasium, dikutip dari laman resmi PBSI, Senin (23/5/2022).

Apriyani dan Fadia mengungkapkan, salah satu kunci sukses mereka menjadi juara di turnamen pertama ini adalah selalu mengeluarkan aura positif.

Hal ini juga yang membuat Apri bersama Greysia Polii sukses menggondol medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya selalu bilang ke Fadia, kita harus terus mengeluarkan aura positif di luar lapangan sehingga bisa masuk ke dalam lapangan. Itu juga yang saya lakukan di Olimpiade lalu. Semangat itu yang saya bawa ke Fadia," tutur Apriyani.

Apriyani melanjutkan, bahwa dia dan Fadia pun sama-sama belajar tentang bagaimana berkomunikasi dan bermain di lapangan.

"Kita di sini mau menyatukan hati, mau menyatukan pola permainan. Tanpa target apapun. Kita sama-sama belajar, bagaimana berkomunikasi, bagaimana bermain di lapangan. Kita sama-sama mau menaikkan level kita," bebernya.

Selain Apriyani dan Fadia, Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin juga meraih medali emas usai mengalahkan rekan senegara, yakni Pramudya Kusumawardana dan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di laga final. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selalu Dapat Dukungan

Sementara, Fadia merasa Apri selalu memberikan dukungan penuh baginya. Ia menganggap Apri sangat mempercayainya.

"Pertama-tama grogi pasti ada pasangan sama kak Apri, tapi balik ke diri sendiri bahwa saya bisa, percaya diri. Kak Apri juga selalu yakinkan saya, itu yang buat saya yakin," kata Fadia.

Adapun cerita dari pasangan ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang juga berhasil memenangi laga all Indonesian final di ajang bulutangkis SEA Games Vietnam 2021.

Mereka mengalahkan rekan satu pelatnas Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Dalam laga yang digelar di Bac Giang Gymnasium hari Minggu (22/5) sore, Leo/Daniel menang dua gim langsung 21-17, 21-19.

Leo/Daniel mengucap syukur atas pencapaian ini. Mereka pun mempersembahkan medali emas untuk orang tuanya.

"Puji Tuhan kita bisa juara di sini. Emas ini saya persembahkan untuk Mama saya yang dari kemarin menanti saya juara,” ucap Daniel.

“Alhamdulillah sudah dikasih podium tertinggi di SEA Games. Ini untuk seluruh pendukung dan seluruh masyarakat Indonesia. Terus ini juga buat Mama saya yang tahun kemarin sudah tidak ada," sambung Leo.

3 dari 3 halaman

Di Tahun 2022, Ganda Putra Indonesia Meraih Banyak Medali Emas

Kemenangan Leo dan Daniel menasbihkan dominasi ganda putra pelapis dalam perolehan gelar bergengsi.

Di tahun 2022 ini, tiga pelapis ganda putra sudah meraih gelar-gelar bergengsi.

Dimulai Bagas dan Fikri yang menjuarai All England 2022, berlanjut Pramudya dan Yeremia yang memenangkan Juara Asia 2022, dan hari ini Leo dan Daniel merebut medali emas SEA Games 2021.

“Sebenarnya kita tidak terlalu memikirkan teman-teman yang kita yang sudah juara, karena kita tahu pasti akan ada waktunya. Kita tidak mau terlalu terburu-buru, kita nikmati saja prosesnya," ungkap Daniel.

Sementara itu, Leo mengungkapkan belum puas dengan kemenangannya. Menurutnya, dirinya masih terus harus kerja keras meski sudah menang.

Belum puas dengan pencapaian ini karena buat saya kalau sudah turun dari podium, semua dari nol lagi. Terus berusaha, terus kerja keras," kata Leo.

Dengan hasil ini bulutangkis Indonesia total meraih sembilan medali dengan rincian dua emas, dua perak dan lima perunggu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.