PGN Gencarkan Transformasi Bisnis Berbasis Digital Demi Kejar 1 Juta Jargas

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 21 Mei 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 20:00 WIB
Jaringan Gas PGN Merambah Rusunawa Jakarta
Perbesar
Petugas membersihkan area dekat instalasi jaringan gas PGN di Rusunawa Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Menurut pengelola rusun, saat ini tercatat hampir 90 persen penghuni beralih menggunakan Jargas PGN karena lebih hemat biaya. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk, terus mengupayakan percepatan transformasi bisnis dan berbasis digital khususnya selama pandemi Covid-19. Percepatan tersebut memberikan dampak pemulihan dan perbaikan kinerja perusahaan dalam waktu yang relatif cepat.

Direktur Sales dan Operasi, Faris Aziz mengatakan, PGN sebagai Subholding Gas Pertamina terus mempeluas jangkauan pelanggan dan saat ini tengah melakukan mega proyek jaringan gas rumah tangga 1 juta pelanggan per tahun melalui produk GasKita. Untuk merealisasikannya maka strategi bisnis berbasis digital dilakukan agar bisa terhubung secara lebih luas dengan masyarakat.

“Masyarakat saat ini sudah familiar dengan digital sehingga kami aktif untuk lebih dekat masyarakat melalui platform digital. Kami juga menjawab segala pertanyaan tentang gas bumi melalui chat Whatsapp di nomor 081511500645,” kata Faris, di Jakarta,

PGN aktif melakukan kampanye digital Gaskita sehingga lebih dari 10 persen pelanggan baru mendaftar melalui registrasi online.

Menurut Faris, Gaskita memberikan jaminan manfaat dari penggunaan gas bumi yakni lebih praktis, aman, dan modern.

Pada tahun 2021, penyerapan gas bumi di sektor rumah tangga melalui Gaskita sekitar 5,5 BBTUD. Dari penyerapan tersebut berhasil berkontribusi menurunkan subsidi gas tabung sekitar Rp 330 miliar per tahun.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gandeng BUMN Lain

PGN
Perbesar
Petugas PT Perusahaan Gas Negara (PGN) memeriksa meteran jaringan gas bumi di perumahan warga di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12). Pemerintah melalui PGN memberi tambahan 5.120 jargas pada tahun 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Untuk percepatan program jargas rumah tangga nasional, PGN menggandeng BUMN Karya, BUMD, dan developer terkemuka di Indonesia. Program Sejuta Rumah (PSR) menyasar Rusun Perum Perumnas di lokasi berbasis Transit Oriented Development.

Tak hanya melalui pipa, PGN memiliki produk Gaslink bagi pelanggan yang berlokasi jauh dari jaringan pipa gas PGN. Pada Desember 2021, PGN me-launching varian GasLink Cylinder yang menyasar industri restoran dan usaha kecil.

“Dengan beralih ke GasLink, pelanggan akan mendapatkan kepraktisan dan penghematan biaya lebih dari 10%,” ujar Faris.

PGN juga menerapkan strategi marketing 3.0 dimana perusahaan bertanggung jawab terhadap kepentingan perusahaan sendiri, sosial, serta lingkungan. Maka PGN melihat dampak positif gas bumi terhadap lingkungan pasa era transisi energi, serta dalam mengurangi emisi karbon sesuai target pemerintah Indonesia pada Net Zero Emission tahun 2060.

Gas bumi menghasilkan CO2 sebesar 52,91 Kg per MMBTU, nilainya lebih rendah 30 persen dari BBM dan lebih rendah 16 persen dari LPG.

 

 


Penurunan Emisi

PGN Bangun Jaringan Pipa Gas Bumi Muara Karang – Muara Bekasi
Perbesar
embangunan pipa gas bumi Muara Karang- Muara Bekasi ibertujuan meningkatkan pemanfaatan atau penggunaan gas bumi nasional,

Penurunan emisi karena konversi ke gas bumi telah dibuktikan pada sejumlah sektor, seperti sektor kelistrikan pada PLTMG Sorong penurunan emisinya mencapai lebih dari 774.000 ton CO2 per tahun, penurunan emisi kilang sebesar 217.000 ton CO2 tahun 2021 pada sektor energi primer, dan penurunan karbon pada jargas sebanyak 20.000 ton CO2 pada tahun 2021.

Atas pencapaian pada transformasi bisnis tersebut, PGN berhasil meraih penghargaan BUMN Entreprenurial Marketing Award 2022 Markplus Inc sebagai “The Most Promising Company in Srategic Marketing Bronze Winner” dan “The Most Promising Company in Marketing 3.0 Bronze Winner” kategori Anak Perusahaan BUMN, 18/5/2022.

“Capaian penghargaan BUMN Entreprenurial Marketing Award mendorong PGN untuk menciptakan inovasi strategi bisnis maupun layanan sesuai dengan perkembangan teknologi. Dengan target penembahan pelanggan yang besar di berbagai daerah di Indonesia, platform digital menjadi salah satu tools PGN kedepan agar pelanggan dapat terlayani dengan optimal,” tutup Faris.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya