Waspada Penipuan atas Nama BUMN, Erick Thohir Bongkar Ciri-cirinya

Oleh Tira Santia pada 21 Mei 2022, 13:38 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 13:38 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir meluncurkan Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 pada Selasa (12/4/2022). (Foto: Kementerian BUMN/Permana Aji)
Perbesar
Menteri BUMN Erick Thohir meluncurkan Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 pada Selasa (12/4/2022). (Foto: Kementerian BUMN/Permana Aji)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, menghimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan BUMN.

“Contohnya, atas nama Dani Akib yang mengaku sebagai pegawai BUMN modusnya dengan mengedit foto bersama Menteri BUMN bersama Wakil Menteri BUMN,” kata Erick dalam keterangannya, Sabtu (21/5/2022).

Kata Erick, pelaku menawarkan proyek dengan membuat surat dari BUMN palsu. Kemudian, korbannya memberikan sejumlah uang kepada Dani Akib agar mendapatkan proyek tersebut. Namun, kini Dani Akib sudah diamankan oleh Polres Kota Depok.

Tak hanya itu saja, modus penipuan mengatasnamakan BUMN juga marak. Salah satunya, penipuan dengan modus rekrutmen. Diketahui, beberapa waktu lalu BUMN membuka lowongan dalam jumlah besar lewat Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Berikut beberapa ciri penipuan yang dilakukan dengan modus rekrutmen diantaranya;

Pertama, penggunaan surat dengan logo pada kop surat. Seluruh informasi proses rekrutmen yang diselenggarakan Kementerian BUMN, FHCI dan BUMN, termasuk program Rekrutmen Bersama BUMN 2022, hanya diunggah dan tersedia melalui kanal-kanal resmi seperti situs dan media sosial Kementerian BUMN, BUMN-BUMN terkait, dan FHCI.

"Hasil pengumuman yang beredar dalam bentuk surat yang menggunakan logo pada kop surat adalah penipuan," seperti tertulis.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ciri Selanjutnya

Menteri BUMN, Erick Thohir bekerja nyata untuk meningkatkan SDM Indonesia melalui perusahaan negara. (Dok BUMN)
Perbesar
Menteri BUMN, Erick Thohir bekerja nyata untuk meningkatkan SDM Indonesia melalui perusahaan negara. (Dok BUMN)

 

Kedua, tanda tangan yang mengatasnamakan manajer/direksi BUMN Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat menggunakan nama dan membubuhkan tanda tangan mengatasnamakan manajer/direksi BUMN.

"Karena itu, pastikan cek kembali kebenaran informasi terkait rekrutmen BUMN yang diperoleh dalam bentuk apapun dengan mengunjungi kanal resmi perusahaan yang bersangkutan," tulisnya.

Ketiga, pelamar diminta membayar sejumlah biaya. Seluruh tahapan proses rekrutmen yang dilakukan BUMN bebas biaya. Jika pelamar dihubungi dan diminta melakukan transfer dana, hal ini dipastikan penipuan.

"Jika masyarakat menemukan atau mengalami salah satu hal di atas, jangan ragu untuk melaporkan kepada Panitia Rekrutmen BUMN melalui kanal-kanal resmi Kementerian BUMN, FHCI, dan BUMN-BUMN terkait," seperti dikutip.

“Waspadalah terhadap orang yang mengatasnamakan BUMN,” tegas Erick.


Erick Thohir: Rekrutmen BUMN Transparan, Tak Ada Titipan Anak Sultan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kantor PLN, Kamis (7/4/2022). Foto: PLN
Perbesar
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kantor PLN, Kamis (7/4/2022). Foto: PLN

Menteri BUMN Erick Thohir memberikan pembekalan bagi para peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Pada tahap perekrutan kali ini, Erick menegaskan bakal menutup kesempatan bagi orang-orang titipan.

"Rekrutmen BUMN yakinlah, tak ada namanya anak sultan. Kita transparan. Kalau budidaya di awal saja sudah salah, gimana mau menatap masa depan. Jadi kita transparan, tidak ada titipan," serunya dalam acara Pembekalan Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 di Tennis Indoor Senayan Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Secara lowongan, Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang diselenggarakan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka lebih dari 2.700 posisi. Namun karena antusiasme yang tinggi, Erick usul untuk memberikan tambahan lowongan untuk program magang, sehingga total ada sekitar 5.000 posisi.

"Saya sudah putuskan, rekrutmen ini 2.700. tapi karena animonya luar biasa, ada 2.300 lagi kita berikan kesempatan magang," ujar Erick Thohir.

Pada kesempatan tersebut, Ia juga menekankan poin-poin leadership bagi calon pegawai BUMN. Tak hanya itu, Erick pun mengajak calon armada baru perusahaan pelat merah untuk aware atas adanya perubahan zaman, khususnya dalam menjemput digitalisasi.

"Karena itu percayalah, kenapa kita mau rekrut kalian. Karena kita mendorong, yqng namanya milenial BUMN, gen Z gen A, itu harus jadi komponen terbesar BUMN dalam hadapi perubahan," tuturnya.

"Kita mau kalian jadi keluarga kita. Karena BUMN adalah pilihan orang-orang terbaik yang bisa gabung BUMN," pungkas Erick Thohir. 


Erick Thohir Buka Lagi 2.300 Lowongan di BUMN, Siapa Minat?

Menteri BUMN Erick Thohir mendukung BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2022
Perbesar
Menteri BUMN Erick Thohir mendukung BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2022

Menteri BUMN Erick Thohir menambah kembali kuota rekrutmen dengan skema magang. Ia meyakini kelak akan ada yang menempati posisinya sebagai pimpinan tertinggi kementeri BUMN.

Erick menambah sebanyak 2.300 kuota magang dari sebelumnya 2.700 kuota rekrutmen. Sehingga totalnya menjadi 5.000 kuota rekrutmen.

"Sebanyak 2.700 orang akan diterima, dan akan saya tambah menjadi 5.000 orang, melalui pembukaan magang bersertifikat sebanyak 2.300 orang," katanya mengutip Instagram @erickthohir, Kamis (19/5/2022).

"Saya yakin, adik-adik semua adalah calon Insan BUMN dan calon pemimpin BUMN. Bukan mustahil juga ada yang akan berdiri di sini, di posisi saya sebagai Menteri BUMN," imbuh Erick.

Ia pun mengapresiasi terselenggaranya Rekrutmen Bersama BUMN yang dimotori oleh Forum Human Capital Indonesia. Erick jadi salah satu tokoh kunci saat memberikan pembekalan pada ribuan peserta rekrutmen.

Ia meyakinkan, langkah ini merupakan komitmennya untuk mendorong perekonomian nasional.

"Apresiasi untuk acara Rekrutmen Bersama BUMN. Ini jadi bukti komitmen kami, untuk terus membuka lapangan kerja, menggerakkan perekonomian, dan memberikan kesempatan kepada generasi muda," ujarnya.

Infografis Sahabat Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno
Perbesar
Infografis Sahabat Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya