Top 3: NIK Bakal Jadi NPWP

Oleh Arief Rahman Hakim pada 21 Mei 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 08:00 WIB
NPWP Elektronik
Perbesar
NPWP Elektronik (sumber: DJP)

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan NIK sebagai NPWP segera diberlakukan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Proses integrasi NIK sebagai NPWP sudah mendapatkan restu badan legislatif.

DJP dan Ditjen Dukcapil akan mengintegrasikan data kependudukan dengan basis data perpajakan dalam rangka meningkatkan kemudahan bagi wajib pajak dalam mengakses dan menerima layanan perpajakan sekaligus mendukung kebijakan satudata Indonesia.

Artikel mengenai NIK yang akan diterapkan sebagai NPWP ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Sabtu 21 Mei 2022:

1. Siap-siap, NIK Sebagai NPWP Segera Diberlakukan

Wajib pajak harus bersiap. Penerapan NIK sebagai NPWP segera diberlakukan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Adapunp proses integrasi NIK sebagai NPWP tersebut telah mendapatkan izin dari badan legislatif.

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Suryo Utomo, dan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, menandatangani Perjanjian Kerja Sama tentang Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan, dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik dalam Layanan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, di gedung Mar’ie Muhammad, Kantor Pusat DJP, Jakarta, Jum'at (20/5/2022).

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Neilmaldrin Noor, menjelaskan, perjanjian kerja sama ini adalah kelanjutan dari perjanjian kerja sama antara DJP dan Ditjen Dukcapil sejak tahun 2013 yang telah diperbarui di tahun 2018.

Simak artikel selengkapnya di sini

 


2. Dikenal Sederhana karena Berkaos, Faktanya Gaya Hidup Bos Facebook Mark Zuckerberg Tetap Mewah

Mark Zuckerberg
Perbesar
CEO Facebook Mark Zuckerberg (AP Photo/Paul Sakuma, File)

Mark Zuckerberg merupakan orang terkaya ke-15 di dunia dengan harta bersih mencapai USD 72,5 miliar, menurut Forbes. Meskipun katanya tidak peduli dengan kemewahan, nyatanya orang tajir berusia 38 tahun ini memang memiliki gaya hidup yang sangat mewah.

Melansir South China Morning Post, Kamis (19/5/2022), miliarder dunia ini dilaporkan memiliki portofolio properti senilai USD 320 juta.

Bahkan pernah dikabarkan pula bahwa Zuckerberg telah membeli kapal pesiar senilai USD 150 juta yang disebut Ulysses, menurut TechCrunch.

Simak artikel selengkapnya di sini

 


3. Bayar Tol Tanpa Henti MLFF Mulai Berlaku Akhir 2022

Bayar Tol Tanpa Berhenti Berlaku Tahun Ini
Perbesar
Pengendara melakukan transaksi pembayaran masuk tol saat memasuki tol Tangerang-Jakarta, di kawasan Tangerang, Selasa (4/1/2022). Sistem bayar tol tanpa berhenti ini mulai diberlakukan tahun 2022 ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berusaha meningkatkan pelayanan bagi pengendara di jalan tol. Salah satu layanan terbaru yang saat ini tengah digarap adalah penerapan teknologi transaksi nirsentuh di jalan tol atau dikenal Multi Lane Free Flow (MLFF).

Rencananya, teknologi ini akan diterapkan di Jalan Tol di Indonesia di akhir 2022. Nantinya pengguna jalan tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol apalagi mengantri tapping kartu uang elektronik saat melakukan pembayaran.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, implementasi sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow di jalan tol (Sistem MLFF) akan dilakukan secara bertahap di beberapa ruas jalan tol.

Simak artikel selengkapnya di sini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya