Hari Kebangkitan Nasional di Mata Erick Thohir: Transformasi Kebangsaan

Oleh Arief Rahman Hakim pada 20 Mei 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 19:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mendukung BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2022
Perbesar
Menteri BUMN Erick Thohir mendukung BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2022

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir turut memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Ia pun mengambil satu tema penting yang berkaitan dengan bangkitnya bangsa Indonesia.

Salah satu yang menjadi inspirasinya terkait kebangkitan adalah peristiwa reformasi 1998. Di mata Erick Thohir, reformasi jadi modalnya memimpin Kementerian BUMN yang diserap dalam transformasi.

“Reformasi 1998 telah mengubah bentuk kehidupan politik dan ekonomi Indonesia yang menjadi modal transformasi kebangsaan,” katanya mengutip unggahan di Instagram @erickthohir, Jumat (20/5/2022).

“Saya menemukan tema penting yang sejalan dengan reformasi, yaitu transformasi. Transformasi menjadi dasar dalam memimpin Kementerian BUMN,” tambah dia.

Dalam sebuah video singkat, Erick berkisah tentang perjuangan para pahlawan reformasi. Ia memandang yang diperjuangkan pada waktu itu membawa semangat yang tak henti dari generasi ke generasi.

Dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional ini, Erick mengusung satu tema yang juga jadi andalannya. Yakni, Transformasi Kebangsaan.

“Nyatalah pada hari ini terbentuk sebuah jalan baru bagi kebangkitan indonesia di abad 21. Reformasi 1998 telah mengubah bentuk kehidupan politik dan ekonomi indonesia yang menjadi modal untuk sebuah transformasi kebangsaan,” paparnya.

Ia menyebut, sepertiga pertumbuhan ekonomi nasional digerakkan oleh perusahaan pelat merah di berbagai sektor industri. ia pun menekankan BUMN merupakan milik rakyat.

“Hampir sepertiga pertumbuhan ekonomi nasional digerakkan oleh BUMN melalui berbagai sektor industri BUMN adalah milik rakyat ita haris menjadi mitra penguatan ekonomi rakyat,” katanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Membuat Ekosistem

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kantor PLN, Kamis (7/4/2022). Foto: PLN
Perbesar
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kantor PLN, Kamis (7/4/2022). Foto: PLN

Lebih lanjut, dalam video paparannya, Erick menyebut BUMN harus bisa membuat ekosistem ekonomi nasional. Diharapkan kedepannya mampu membangun Indonesia menjadi lebih baik.

“Membentuk ekosistem ekonomi nasional yang berdaulat, indonesia yang berbhineka dengan keragaman etnis dan budaya, adalah kekayaan peradaban ayng luar biasa,” katanya.

Ia juga berpesan, dalam meneruskan semangat pejuang reformasi dan transformasi, generasi saat ini tak boleh berhenti. Lebih jauh, ia menaksir transformasi kebangsaan ini bisa jadi modal menuju Indonesia yang makmur.

“Kita tak boleh berhenti dari kemajuan yang sudah dicapai oleh para pemimpin bangsa kita. Menjadi salah satu modal bagi transformasi kebangsaan menuju indonesia yang adil dan makmur,” kata dia.

“Ayo berjalan bersama, dan terus memberikan kontribusi dalam kebangkitan Indonesia,” tutup Erick.

 


Tak Boleh Ada Yang Tertinggal

Menteri BUMN, Erick Thohir bekerja nyata untuk meningkatkan SDM Indonesia melalui perusahaan negara. (Dok BUMN)
Perbesar
Menteri BUMN, Erick Thohir bekerja nyata untuk meningkatkan SDM Indonesia melalui perusahaan negara. (Dok BUMN)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap 20 Mei.

Dia menekankan bangsa Indonesia harus maju bersama-sama dan tak ada yang boleh tersisihkan.

"Kita tetap bangkit dan maju bersama-sama, membangun merata dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote," kata Jokowi dikutip dari akun Instagramnya, Jumat (20/5/2022).

"Tidak boleh ada yang tertinggal. Tak ada yang boleh tersisihkan," sambungnya.

Menurut dia, berbagai tantangan telah berhasil dilewati bangsa Indonesia. Mulai dari, pandemi, resesi, hingga ketidakpastian global.

"Satu demi satu tantangan telah kita lewati. Pahit dan manisnya zaman sudah kita arungi. Pandemi, resesi, dan ketidakpastian global kita hadapi. Sebagai bangsa yang besar, ayunan langkah kita tak akan terhenti," kata Jokowi.

Infografis Sahabat Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno
Perbesar
Infografis Sahabat Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya