Kisah Miliarder Manny Villar Jr, Anak Penjual Ikan dari Tempat Kumuh Berharta Rp 121 Triliun

Oleh Liputan6.com pada 18 Mei 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 21:00 WIB
Miliarder asal Filipina Manny Villar Jr. Foto: Twitter
Perbesar
Miliarder asal Filipina Manny Villar Jr. Foto: Twitter

Liputan6.com, Jakarta Salah satu konglomerat asal Filipina Manny Villar Jr yang berkecimpung dalam dunia bisnis dan politik akan semakin kaya. Miliarder yang kini berusia 72 tahun itu hartanya diperkirakan bertambah di tahun ini, dikarenakan kedua anggota keluarganya akan duduk di kursi pemerintahan Filipina.

Sang istri Cynthia yang berusia 71 tahun dan putranya Mark yang berusia 43 tahun, keduanya akan duduk di Senat yang beranggotakan 24 orang, majelis tinggi Kongres Filipina. Diketahui dia juga akan coba terjun di dunia penyiaran pada tahun 2022.

Melansir laman gulfnews.com, Rabu (18/5/2022), kekayaan bersih Villar Jr diperkirakan tembus USD 8,3 miliar setara Rp 121 triliun, menurut Forbes.

Dia sejatinya tumbuh di perumahan kumuh dan hidup sangat sederhana. Ia lahir pada 13 Desember 1949 di Moriones, Tondo, Manila dari keluarga sederhana.

Ayahnya, Manuel Montalban Villar, Sr., berasal dari Iloilo (Filipina tengah), bekerja sebagai pegawai pemerintah biasa.

Ibunya, Curita, yang berasal dari Pampanga dan Bataan, adalah seorang pedagang makanan laut. Manny adalah anak kedua dari sembilan bersaudara.

Sebagai anak laki-laki yang tumbuh besar di Tondo, dia selalu membantu orang tua menjual ikan dan udang di pasar grosir Divisoria Manila. Tondo adalah daerah kumuh tepi laut di tepi barat Manila, menghadap ke teluk.

Berbekal keinginan membara untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya, Villar bekerja keras di pasar ikan di sela-sela sekolah.

Villar menyelesaikan sekolah menengah atas dari Institut Teknologi Mapúa di Santa Cruz, dekat Tondo. Kuliah di University of the Philippines Diliman dan memperoleh gelar sarjana di bidang administrasi bisnis pada tahun 1970.

Setelah menyelesaikan gelar bisnisnya, Villar memulai karir profesionalnya bekerja sebagai akuntan untuk Sycip, Gorres, Velayo (SGV) & Co. Pada tahun 1975, dengan modal awal Php10.000.

Villar membeli truk rekondisi dan memulai bisnis pengiriman kerikil dan pasir untuk perusahaan konstruksi di Las Piñas. 

Hari ini, dia menjelma menjadi orang Filipina terkaya. Hartanya tersebut terkumpul berkat Villar Jr yang telah memimpin Grup Villar, sebuah kerajaan bisnis yang terlibat dalam pengembangan properti, ritel, dan pertambangan.

Aset terbesarnya adalah sahamnya di Golden MV Holdings (sebelumnya Golden Bria), pengembang kompleks perumahan massal dan perkotaan.

 


Sekutu Presiden

Miliarder asal Filipina Manny Villar Jr. Foto: Twitter
Perbesar
Miliarder asal Filipina Manny Villar Jr dan istri. Foto: Twitter

Sekarang, miliarder Filipina itu rencananya juga akan terjun ke dunia penyiaran. Pada Januari 2022, Advanced Media Broadcasting Systems (AMBS), yang dikendalikan, mengambil alih frekuensi siaran TV yang sebelumnya digunakan oleh ABS-CBN, yang pernah menjadi perusahaan media papan atas Filipina — hingga pemerintah memaksanya mengudara dua tahun lalu.

The Villars adalah sekutu dari kedua Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Presiden Ferdinand “Bongbong” Marcos Jr. Villar Jr sendiri adalah mantan anggota parlemen dan pernah menjabat sebagai presiden Senat. Lebih tepatnya dia adalah Senator dari 2001 sampai 2003.

Penambahan media ke kerajaan bisnisnya yang luas dapat memperkuat status keluarga sebagai salah satu klan paling berpengaruh secara politik di negara Asia.

Selama 50 tahun terakhir, Villar Jr berhasil membangun sebuah kerajaan yang memungkinkan dia untuk memimpin taipan bisnis Filipina dalam daftar miliarder Forbes hari ini.

 

 


Anggota Keluarga di Senat

Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race
Perbesar
Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race

Istri Villar, Cynthia, mencalonkan diri dan menang sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Las Piñas, Manila, dari 2001 hingga 2010. Itu sebelum memenangkan kursi di Senat pada 2013 dengan menempati urutan ke-10.

Pada 2019, Cynthia terpilih kembali untuk masa jabatan kedua di Senat, memuncaki persaingan dengan 25 juta suara, sebuah rekor. Sebagai bagian dari "mayoritas super" baru di Senat ke-19, dia dipandang sebagai presiden majelis berikutnya.

Adapun putra mereka, Mark, juga memenangkan kursi Senat dalam pemilihan 9 Mei, mendarat di posisi ke-6 (dengan 18.927.520 suara), menurut hasil parsial dan tidak resmi.

Villar yang lebih muda bekerja di bisnis real estat keluarga selama 10 tahun setelah menyelesaikan gelar masternya dari University of Chicago dan gelar sarjana di Wharton.

Dia kemudian menjabat sebagai anggota kongres Las Pinas, Manila dan menjadi terkenal secara nasional sebagai kepala Departemen Pekerjaan Umum dan Jalan Raya (DPWH) setelah dipilih langsung oleh Presiden Duterte.

 

 


Anggota Parlemen

Ilustrasi miliarder (iStock)
Perbesar
Ilustrasi miliarder (iStock)

Perusahaan yang dikendalikan oleh Villar telah membangun lebih dari 200.000 rumah. The Villars telah mendaftarkan rantai perbaikan rumah mereka AllHome dan jaringan toko serba ada AllDay Marts. Dia pun berencana akan memindahkan beberapa bangunan komersial Vista Land ke dalam real estate investment trust (REIT).

Selain Villars, dua keluarga lain akan memiliki lebih dari satu anggota di Senat di periode yang akan dating. Mereka adalah Pia Cayetano dan saudara laki-lakinya Allan Peter yang merupakan bagian dari "Magic 12", sementara JV Ejercito (15.428.651 suara) saat ini duduk di No. 10, dan keluarganya saudara Jinggoy Estrada (14.693.932 suara) di No. 12 dalam penghitungan tidak resmi.

Villar Jr. tidak mencari posisi apa pun dalam pemilihan 2022. Dia kalah dari Benigno Aquino III pada 2016. Presiden Duterte pernah mengatakan kepada Villar bahwa dia akan mendukung kampanye miliarder itu jika dia mencalonkan diri untuk kedua kalinya sebagai presiden.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

infografis miliarder dunia
Perbesar
Pendatang baru miliarder dunia
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya