BERANI BERUBAH: Kostum Robot Pembawa Cuan

Oleh Ratu Annisaa Suryasumirat pada 16 Mei 2022, 21:25 WIB
Diperbarui 16 Mei 2022, 21:25 WIB
Kostum Robot Karya Habibi
Perbesar
Kostum robot karya Habibi yang kerap digunakan untuk keperluan cosplay. (Foto: Liputan6.com).

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi Covid-19 telah mengubah hidup banyak masyarakat. Termasuk hidup dari Habibi, seorang penggemar cosplay. Untuk menambah penghasilan, dari yang awalnya hanya hobi, akhirnya menjadi sebuah profesi.

Cosplay sendiri berarti memerankan suatu karakter dengan menggunakan pakaian atau atribut, serta mencontoh perilaku atau ucapan sang karakter yang diidolakan. Kebetulan, Habibi sangat menyukai karakter robot atau sering disebut mecha.

"Awal mulanya, saya bikin-bikin untuk diri saya sendiri, untuk event-event lomba cosplay. Saya sendiri mengikuti-mengikuti lomba," tutur dia kepada Tim Berani Berubah.

"Sampai pada suatu ketika, ada tawaran dari luar negeri. Mereka minta dibikinin salah satu karakter dari Transformers Optimus Prime. Sebuah tantangan bagi saya," sambung dia.

Saat tawaran dari luar negeri datang untuk Habibi membuat kostum robot, dia pun terdorong untuk memenuhi permintaan tersebut. Siapa sangka, ternyata karyanya mendapat apresiasi luar biasa.

Habibi pun akhirnya memutuskan untuk lanjut membuat serta menjual kostum robot lainnya. Bermodalkan ilmu dari tutorial Youtube dan ketekunan, kini Habibi bisa memiliki pendapatan yang baik dari hasil karyanya membuat kostum robot.

"Kenapa harus berhenti? Kenapa ndak malah ditingkatkan? Itu yang membuat saya bertahan mengembangkan tekniknya," ungkap dia.

"Saya lihat dari Youtube, dan informas-informasi teman-teman yang sudah pernah bikin, untuk meningkatkan standar kualitas hasil karya yang saya kerjakan," lanjut Habibi.


Terus Kembangkan Potensi

Kostum Robot Karya Habibi
Perbesar
Habibi sedang membuat kostum robot untuk keperluan cosplay. (Foto: Liputan6.com).

Habibi menekankan bahwa yang terpenting adalah keinginan untuk selalu mengembangkan bakat serta potensi diri masing-masing. Dengan begitu, akan ada banyak peluang yang terbuka.

"Apapun usaha kalian, pandemi kemarin pasti kalian terkena imbasnya, terkena pengaruhnya. Namun yang penting, sekarang kalian tetap semangat tetap berusaha kembangkan potensi diri kalian," ujar Habibi.

"Cari tahu apa sekeliling kalian yang bisa kalian manfaatkan, apa yang kalian bisa usahakan dari potensi-potensi yang ada, untuk diri kalian, keluarga kalian, dan sekeliling kalian," dia mengakhiri.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya