Sri Mulyani Minta Anak Buah Kawal Pemulihan Ekonomi: Tugas Kita Sangat Menantang

Oleh Liputan6.com pada 11 Mei 2022, 14:40 WIB
Diperbarui 11 Mei 2022, 14:40 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Dok. DJP)
Perbesar
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Dok. DJP)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta jajaran Kementerian Keuangan untuk mengawal pemulihan ekonomi nasional. Ada berbagai macam tantangan yang bisa datang kapan saja dan menunggu momentum pemulihan ekonomi.

"Tugas kita masih sangat menantang hari ini dan ke depan. Mengawal pemulihan ekonomi yang tidak selalu mudah dan mulus," kata Sri Mulyani dalam Acara Silaturahmi Daring Idulftri 1443 Hijriah, Jakarta, Rabu (11/5).

Pekerjaan rumah yang telah menanti yakni mengembalikan lagi kesejahteraan masyarakat. Sehingga kualitas hidup terus membaik yang dampaknya akan memperbaiki perekonomian Indonesia.

"Sehingga kita mampu untuk bertahan karena dunia ini sekarang sedang mengalami guncangan krisis yang tidak mudah,” ungkap dia.

Untuk itu, Sri Mulyani berharap seluruh pegawai Kemenkeu berkontribusi menghadapi tantangan global yang berimbas pada makroekonomi, serta memengaruhi keuangan dan ekonomi negara.

Selain itu, momen Idulfitri dapat dijaga untuk menciptakan suasana Kemenkeu yang positif dan lebih baik.

“Tugas kita bersama mengawal pemulihan ekonomi. Pandemi harus kita kawal sampai betul-betul kembali normal dari pandemi, endemi, dan normal,” kata dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sri Mulyani Tertular Covid-19 di Amerika Serikat dan Sempat Dikarantina di Hotel

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani tertular Covid-19 di Amerika Serikat
Perbesar
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani tertular Covid-19 di Amerika Serikat

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa dirinya tertular Covid-19. Hal ini diungkapkannya dalam instagram resmi miliknya @smindrawati.

Dua minggu lalu, Sri Mulyani mengaku tertular Covid-19 selama melakukan kunjungan di Amerika Serikat. Di sana, Sri Mulyani harus menghadiri 47 pertemuan. 

"Dua minggu lalu, di bagian akhir kunjungan kerja saya di Amerika Serikat, setelah melakukan 47 acara pertemun fisik yang begitu padat - sering dilalukan tanpa masker (sesuai aturan di Amerika Serikat). Juga ditengah cuaca musim semi yang relatif masih dingin dan hujan serta dalam kondisi puasa, saya akhirnya tertular Covid-19," tulis Sri Mulyani, Senin (9/5/2022).

Meski demikian, Dia mengaku bersyukur sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap, bahkan sudah mendapatkan booster. Dampaknya, Sri Mulyani hanya merasakan gejala ringan, seperti batuk, pilek dan sakit kepala.

Atas kejadian ini, menurut aturan di Amerika Serikat, Menkeu harus isolasi mandiri di New York. Selama isolasi mandiri di hotel, Sri Mulyani menceritakan kegiatannya, dimana setiap pagi berjemur di jendela dan ditemani buku berjudul “RAFA - My Story” tentang petenis juara dunia Rafael Nadal.

"Saya mengagumi etos dan sikap disiplin sangat tinggi, humility dan dukungan keluarga yang sungguh luar biasa yang ditulis dalam kisah perjuangan Rafael Nadal - untuk mencapai juara rangking pertama dunia dan memenangkan grand slam yang sungguh luar biasa," ucapnya.

"Cerita RAFA sungguh sangat inspiratif dan menambah perspektif hidup bagaimana mental juara digembleng dan bagaimana peran keluarga sangat penting dalam membentuknya menjadi manusia yang baik, rendah hati dan ulet. Buku “RAFA” menjadi teman yang menambah semangat saya untuk pulih kembali," tambah dia.


Sembuh Cepat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Keterangan Pers Menteri Keuangan, Roma, secara virtual, Minggu (31/10/2021).
Perbesar
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Keterangan Pers Menteri Keuangan, Roma, secara virtual, Minggu (31/10/2021).

Dari semangat itu, akhirnya Sri Mulyani dinyatakan sembuh dalam waktu singkat. Tak pikir panjang, dirinya lanagsung kembali ke Indonesia dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga di Semarang, Jawa Tengah.

Atas dasar pengalamannya ini, Sri Mulyani juga menitipkan pesan kepada masyarakat Indonesi akan pentingnya vaksinasi dosis lengkap dan Booster.

"Apakah anda sudah vaksinasi Covid-19 secara lengkap?Dan apakah anda sudah mendapat booster vaksin Covid-19?. Sebaiknya disiplin mengikuti jadwal vaksinasi sesuai anjuran pemerintah. Itu untuk manfaat dan kepentingan serta keamanan anda sendiri dan melindungi juga keluarga anda. Bila anda sehat, kegiatan masyarakat akan normal kembali, ekonomi akan pulih, dan keuangan negara juga akan menjadi sehat lagi..!," tulisnya,

"Tetap disiplin kesehatan.Jangan lupa vaksin lengkap serta booster," tutup dia. 


Ucapkan Selamat Raya Idul Fitri 1443 H, Ini Harapan Sri Mulyani

Menkeu Sri Mulyani
Perbesar
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Sentral Negara G20 membahas beberapa agenda utama, dalam pertemuan kedua IMF-World Bank Group (WBG) 2022 dan 2nd Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG). Dok Kemenkeu

Pada Senin hari ini (2/5/2022), umat Muslim di seluruh Indonesia menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. 

Tahun ini, Pemerintah mengizinkan masyarakat merayakan Lebaran 2022 dengan melakukan perjalanan mudik untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat terdekat. 

Beberapa hari sebelum Lebaran, berbagai jalan yang menjadi arus mudik pun sudah mulai dipadati kendaraan pemudik. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menjadi salah satu figur publik yang menyampaikan sambutan Hari Raya Idul Fitri. 

Ucapan Hari Raya Idul Fitri itu ia sampaikan dalam sebuah unggahan di laman Instagram-nya.

Dalam unggahan itu, terlihat Menkeu membagikan foto dirinya berfoto bersama keluarga.  

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah. Dengan teriring doa: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ يَا كَرِيْمَ. Taqabbalallohu Minna wa Minkum wa taqabbal yaa Kariim. Mohon maaf lahir dan batin," tulis Sri Mulyani di Instagram, dikutip Senin (2/5/2022). 

"Semoga semua rangkaian ibadah Ramadhan kita diridhoi Allah SWT. Insyallah kita dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun depan dalam keadaan sehat wal afiat," lanjutnya. 

Dalam unggahan sebelumnya, Sri Mulyani mengungkapkan, Trans Jawa kini punya tambahan jalur agar perjalanan mudik Lebaran tetap lancar.

Jalan tol ini termasuk dalam proyek strategis nasional, dan pembangunannya mendapat dukungan pembiayaan dari PT SMI yang menimbulkan multiplier effect di berbagai sektor sebanyak 1,7 kali.

"Sebagai salah satu proyek strategis nasional, pembangunan ruas tol Semarang-Solo menghabiskan total anggaran sebesar Rp7,47 T. Proyek ini juga mendapatkan dukungan pembiayaan sebesar Rp923,8 M dari Special Mission Vehicle (SMV) di bawah @kemenkeuri dalam bidang Pembiayaan Pembangunan Nasional, yaitu @pt_smi," tulis Menkeu. 

Infografis Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Corona
Perbesar
Infografis Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Corona (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya