Bulog Jamin Harga Pangan Stabil Pasca Libur Lebaran 2022

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 10 Mei 2022, 14:50 WIB
Diperbarui 10 Mei 2022, 14:50 WIB
Diskusi Stabilitas harga pangan Sebelum dan Setelah Lebaran oleh Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso di Kantor Pusat Bulog, Jakarta, Selasa (10/5/2022).
Perbesar
Diskusi Stabilitas harga pangan Sebelum dan Setelah Lebaran oleh Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso di Kantor Pusat Bulog, Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Perum Bulog memastikan pasokan dan harga pangan seperti daging beku, gula dan komoditas lainnya tetap stabil pasca libur Lebaran 2022.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyatakan, dirinya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok komoditas pangan yang menjadi tanggung jawab Bulog. Sehingga ketersediaannya di masyarakat tetap terjaga setelah musim Lebaran.

"Bulog menjamin kebutuhan pangan yang tersimpan saat ini di gudang-gudang kami di seluruh Indonesia selalu tersedia di masyarakat. Kami akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian pangan tersebut," kata pria yang akrab disapa Buwas di Kantor Pusat Bulog, Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Sebagai contoh, ia mengungkapkan, jumlah stok beras yang tersimpan di gudang-gudang Bulog seluruh Indonesia sebanyak 1 juta ton. Ini merupakan batas aman sesuai penugasan pemerintah yaitu sebanyak 1-1,5 juta ton.

Kemudian karena masih masuk masa panen, maka angka stok tersebut masih akan terus meningkat karena Bulog masih terus menyerap hasil panen petani.

"Untuk komoditas utama yang kami kuasai yaitu beras jumlahnya sangat aman ada 1 juta ton. Ditambah lagi saat ini Bulog masih melakukan pengadaan gabah beras petani di seluruh Indonesia. Hingga saat ini kami sudah menyerap sebanyak 256 ribu ton. Jadi stok beras ini akan terus bertambah," terangnya.

Buwas menambahkan, pihaknya akan melakasanakan penugasan yang diberikan oleh pemerintah dengan maksimal.

"Dengan kekuatan sarana infrastruktur yang dimiliki oleh Perum Bulog ditambah dengan pengalaman menyalurkan berbagai bantuan sosial, maka Bulog siap menjalankan penugasan yang diberikan," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bulog Ditugaskan Distribusikan Minyak Goreng Curah ke Pasar

FOTO: Kenaikan Harga Minyak Goreng Penyumbang Utama Inflasi
Perbesar
Perum Bulog ditugaskan untuk mendistribusikan minyak goreng curah Perum Bulog ditugaskan untuk mendistribusikan minyak goreng curah.

Sebelumnya, Perum Bulog ditugaskan untuk mendistribusikan minyak goreng curah Perum Bulog ditugaskan untuk mendistribusikan minyak goreng curah kepada masyarakat melalui pasar-pasar tradisional, epada masyarakat melalui pasar-pasar tradisional, terutama minyak goreng yang berasal dari kawasan pelarangan ekspor, yang produsennya tidak memiliki jaringan distribusi.

“Jadi kepada produsen yang biasanya mengekspor, tidak punya jaringan distribusi, sehingga diberikan penugasan kepada Bulog untuk melakukan distribusinya,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Tindak Lanjut Kebijakan Pemerintah Terkait Minyak Goreng, Secara Virtual, Selasa (26/4/2022).

Tak hanya itu saja, pendistribusian minyak goreng ke masyarakat juga dilakukan melalui cara pembayaran selisih harga oleh BPDPKS tanpa mengurangi good governance dari BPDPKS yang diberikan kepada produsen.

Karena harga minyak goreng curah di beberapa daerah masih mahal alias di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu Rp 14.000 per liter. Maka, Pemerintah memutuskan melarang ekspor Refined bleached, and deodorized atau RBD palm Olein.

“Seperti dijelaskan oleh bapak Presiden telah diputuskan melakukan pelarangan ekspor Refined bleached, and deodorized atau RBD palm Olein. Jadi istilah teknisnya RBD palm Olein yang merupakan bahan baku minyak goreng sejak tanggal 28 April pukul 00.00 Waktu Indonesia Barat sampai tercapainya harga minyak goreng curah sebesar Rp14.000 per liter di pasar tradisional,” jelas Airlangga.

Seiring dengan kebijakan tersebut, Peraturan Menteri Perdagangan juga akan diterbitkan. Untuk sisi pengawasan Bea Cukai akan memonitor supaya tidak terjadi penyimpangan. Kemudian, Satgas pangan akan menindak tegas penyimpangan itu sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan pengawasan terus-menerus juga selama libur idul fitri nanti.


Pelarangan untuk Produk RBD Palm Olein

Antre Membeli Minyak Goreng Curah di Bogor
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan untuk melarang ekspor bahan baku minyak goreng maupun minyak goreng.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan untuk melarang ekspor bahan baku minyak goreng maupun minyak goreng, mulai 28 April 2022. Kebijakan ini diputuskan dalam rapat terbatas bersama jajaran menterinya, Jumat (22/4/2022).

"Hari ini saya telah memimpin rapat tentang pemenuhan kebutuhan pokok rakyat utamanya, yang berkaitan dengan ketersediaan minyak goreng di dalam negeri," kata Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (22/4/2022).

"Dalam rapat tersebut, telah saya putuskan pemerintah melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng, mulai Kamis 28 April 2022 sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian," sambungnya.

Jokowi menekankan dirinya akan terus memantau dan mengevaluasi kebijakan ini. Hal ini agar stok minyak goreng di dalam negeri tercukupi dengan harga yang juga terjangkau.

"Saya akan terus memantau dan mengevaluasi kebijakan ini agar ketersediaan minyak goreng di dalam negeri melimpah dengan harga terjangkau," jelas Jokowi.

 

Infografis Lonjakan Harga Pangan Jelang Tahun Baru
Perbesar
Infografis Lonjakan Harga Pangan Jelang Tahun Baru
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya