Sukses

Erick Thohir Bakal Blacklist Mitra BUMN yang Nakal

Erick Thohir menekankan kepada mitra-mitra BUMN untuk menjalin kerja sama yang baik dengan melalui proses bisnis yang benar.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak para mitra BUMN terus berkolaborasi. Diharapkan BUMN dan para mitra bisa menciptakan ekosistem yang kuat untuk perekonomian Indonesia.

Erick Thohir pun menekankan kepada mitra-mitra BUMN untuk menjalin kerja sama yang baik dengan melalui proses bisnis yang benar, memiliki keberpihakan terhadap TKDN, dan kerja sama yang saling menguntungkan.

"Kerja sama BUMN dan mitra menjadi kunci, oleh karena itu, saya akan nantinya membuat blacklist mitra-mitra yang nakalan, karena saya tidak mau lagi BUMN jadi ajang koruptif, tentu capek benerinnya," ujar Erick dalam acara dalam acara Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 di Grha Pertamina, Jakarta, seperti dikutip pada Selasa (10/5/2022).

Erick mengatakan mitra BUMN harus memiliki kontribusi positif dalam setiap kerja sama dengan BUMN. Oleh karena itu, Erick mengapresiasi ajang penghargaan yang menjadi apresiasi konkret dari Kementerian BUMN terhadap mitra yang selama ini telah mendukung BUMN.

"Sebelum kita memghukum, kita harus beri reward. Makanya kita apresiasi mitra-mitra dengan kategori sangat bagus, tetapi kita juga mapping mitra-mitra yang ada kasus-kasus, supaya BUMN ikut baik, karena kalau mau jadi pemain global yang namanya transparansi dan profesional harus menjadi dasar dan proses bisnis yang benar harus dijalankan," ucap Erick.

Erick menawarkan mitra dan BUMN untuk duduk sejajar dan saling melayani dengan baik di era kolaborasi supaya BUMN dapat menjadi pesaing global dan tidak hanya hanya menjadi raja di kampungnya sendiri.

"Ini yang ingin saya tawarkan sama-sama dan insyaAllah niat baik ini bisa disambut," lanjut Erick.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Poin Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022

Erick juga menetapkan tiga poin dalam Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022, pertama, memperbaiki hubungan kerja yang win-win antara BUMN dan swasta demi mendorong BUMN menjadi perusahaan global. Kedua, pentingnya membangun keberpihakan terhadap produk dalam negeri yakni TKDN melalui para mitra.

"Karena ini sebuah market besar supaya kita bergerak ke industrial country. Ketiga, bukan menakut-nakuti, penting sekali BUMN yang punya satu misi yakni mitra yang transparan dan profesional. Kita tidak mau ketika kita bermain global, kita konsolidasi TKDN, tapi tenyata punya mitra yang kurang baik," ucap Erick.

Menurut Erick, sudah bukan waktunya lagi BUMN menjadi menara gading di tengah tantangan disrupsi digital. Berkat kolaborasi, ucap Erick, BUMN berhasil membukukan laba bersih 2021 mencapai Rp 90 triliun atau meningkat 592,3 persen dibanding laba bersih BUMN 2020 yang sebesar Rp 13 triliun, berdasarkan laporan keuangan unaudited.

 

3 dari 3 halaman

Transformasi BUMN

Mantan Presiden Inter Milan itu menyebut torehan tersebut merupakan salah satu bukti konkret transformasi BUMN melalui efisiensi dan perbaikan model bisnis telah berjalan sesuai dengan arah strategis yang ditetapkan.

Pencapaian kinerja BUMN ini tidak terlepas dari peran para mitra BUMN yang telah berkolaborasi secara baik, terlebih lagi pada situasi pandemi covid-19 yang masih berlangsung.

"Alhamdulillah kinerja BUMN pada 2021 jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berhasil merealisasikan sebagian dari tahapan roadmap transformasi BUMN," ungkap Erick.

"Dan tentu tidak lupa kolaborasi BUMN dengan mitra kerja juga mendorong pencapaian kinerja BUMN," kata pria yang memimpin Kementerian BUMN sejak Oktober 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.