Sukses

Banyak Miliarder AS Ajukan Kewarganegaraan Ganda, Ada Apa?

Pengajuan kewarganegaraan ganda oleh miliarder AS meningkat dalam tiga tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah miliarder Amerika Serikat yang mengajukan kewarganegaraan atau tempat tinggal di negara asing telah meroket selama tiga tahun terakhir karena pengusaha teknologi, dan selebritas berupaya membuat "rencana" untuk keluarga mereka.

Hal itu diungkapkan oleh sejumlah perusahaan migrasi investasi. 

Dikutip dari Insider, Selasa (10/5/2022) puluhan negara diketahui menawarkan "paspor emas" dan visa yang memungkinkan orang asing yang kaya untuk menerima kewarganegaraan atau tempat tinggal sebagai imbalan untuk berinvestasi di negara tersebut.

Biaya paling mahal dari tawaran itu berkisar dari USD 1,1 juta di Malta hingga USD 9,5 juta di Austria, menurut Forbes.

"Kami melihat program ini sebagai polis asuransi," kata Ezzedeen Soleiman, Managing Partner di Latitude Residency & Citizenship.

"Kami telah melihat beberapa miliarder yang mendekati kami dan bertanya di mana tempat terbaik untuk tinggal jika ada bencana iklim, atau jika ada badai lain, atau pandemi global lainnya," bebernya. 

Latitude, sebuah perusahaan yang memandu investor kaya di seluruh dunia melalui proses aplikasi, mengatakan permintaan dari orang kaya di AS telah meningkat 300 persen antara tahun 2019 dan 2021.

Adapun Henley & Partners, salah satu jasa broker kewarganegaraan terbesar di dunia, mengatakan jasa untuk warga negara AS meningkat sebesar 327 persen antara 2019 dan 2020 dan bertambah 10 persen 2021 lalu.

Kepala klien swasta di Henley & Partners, Dominic Volek, mengungkapkan ada situasi berkategori "empat C" yang saat ini menarik investor kaya mengincar kewarganegaraan ganda : Covid-19, perubahan iklim, cryptocurrency, dan konflik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Portugal Jadi Destinasi Baru Miliarder AS

Dominic Volek juga menyebut, peningkatan pelamar kewarganegaraan ganda di Amerika baru-baru ini dimulai selama pemerintahan Donald Trump dan lockdown yang dipicu oleh pandemi.

"Dalam penguncian yang sangat ketat, ada titik di mana jika Anda hanya memiliki paspor Amerika, Anda tidak dapat memasuki Eropa," kata Volek kepada Insider.

"Saya pikir itu membuat banyak individu dengan kekayaan bersih sangat tinggi menyadari bahwa mereka berpotensi sedikit lebih rapuh daripada yang mereka kira," ungkapnya.

CEO Dasein Advisors, Reaz Jafri, mengungkapkan dia telah menerima lebih banyak pertanyaan dari AS selama tiga tahun terakhir daripada 20 tahun sebelumnya. Dia mengatakan kliennya di AS sering bekerja di bidang teknologi, real estat, atau kripto, dan bernilai antara USD 50 juta hingga USD 20 miliar.

Dua dari perusahaan yang diwawancarai oleh Insider mengatakan izin tinggal lima tahun Portugal - yang memungkinkan perjalanan bebas visa ke 26 negara di Uni Eropa - adalah program yang paling diminati di antara investor AS.

"Visa emas" Portugal membutuhkan investasi paling sedikit di atas USD 200.000 dan rata-rata masa tinggal selama setahun di negara itu.

Ketika izin berakhir, penduduk kemudian dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan penuh waktu, yang dapat memakan waktu tiga tahun tambahan.

"Portugal adalah California berikutnya," kata Ezzedeen Soleiman, Managing Partner di Latitude Residency & Citizenship.

"Anda memiliki bakat luar biasa jika pergi ke sana, kekayaan luar biasa pergi ke sana," ujarnya. 

Orang Amerika yang sangat kaya ingin menanam akar di Eropa sebagai "rencana warisan" untuk anak dan cucu mereka, tambahnya.

"Banyak dari mereka kecewa dengan apa yang terjadi di AS atau tidak melihat peluang yang pernah mereka lihat di AS," kata dia.

3 dari 3 halaman

Henley & Partners : Banyak Miliarder yang Ajukan Kewarganegaraan Ganda Namun Tak Pindah

Di sisi lain, banyak penerima paspor emas tidak pindah dan beberapa waktu atau tidak berkunjung sama sekali, seperti yang diungkapkan investigasi Guardian terhadap program kewarganegaraan di Malta tahun lalu.

"Sangat sedikit klien kami yang benar-benar pindah," kata Volek dari Henley & Partners.

"Sebagian besar klien kami hanya menginginkan opsi yang tersedia," ungkap dia.

Lonjakan miliarder Amerika yang mencari paspor emas terjadi di tengah kekhawatiran bahwa program tersebut telah menciptakan celah bagi "individu yang teduh" dan "uang kotor" untuk memasuki Eropa.

Peter Spiro, seorang profesor hukum internasional di Temple University dan ahli dalam kewarganegaraan ganda, mengatakan kepada Insider bahwa perusahaan besar seperti Henley & Partners memiliki "kepentingan serius" dalam memeriksa pelamar mereka.

"Mereka menghasilkan banyak uang darinya dan mereka ingin terus menghasilkan banyak uang darinya," katanya.

"Jadi mereka memiliki insentif dalam elemen uji tuntas yang nyata. Menurut saya, mereka telah melakukan pekerjaan yang cukup bagus," beber Volek.

Volek juga mengatakan kepada Insider, karena kurangnya regulasi industri, ada beberapa perusahaan migrasi investor kecil yang tidak memeriksa pelamar dengan benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.